Struktur Kepribadian Tokoh dalam Novel Perawan Semarang Karya Vidi Widajat Berdasarkan Psikoanalisis Sigmund Freud
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5833
Keywords:
struktur kepribadian, novel Perawan Semarang, Sigmund FreudAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam, rinci, dan terstruktur tentang struktur kepribadian tokoh dalam novel Perawan Semarang berdasarkan psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan objektif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Perawan Semarang karya Vidi Widajat. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata, frasa, atau kalimat yang mengandung identitas masalah berupa id, ego, dan superego dari tokoh dalam novel Perawan Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini ditemukan 119 data dengan klasifikasi 61 data struktur kepribadian id, 40 data struktur kepribadian ego, dan 18 data struktur kepribadian superego. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses kreatifnya, Vidi Widajat menggunakan struktur kepribadian tokoh yang lebih dominan pada sisi Id. Struktur kepribadian id pada seseorang yang lebih dominan tidak akan menimbulkan masalah jika mampu dikendalikan dengan baik. Namun sebaliknya, ketika Id tidak mampu dikendalikan, maka kesehatan mentalnya akan terganggu dan rentan mengalami masalah sosial. Id yang dominan pada seseorang akan menimbulkan cara untuk bereaksi terhadap keadaan secara berlebihan. Orang yang tidak seimbang struktur kepribadiannya akan mengalami gangguan kepribadian. Dari gangguan kepribadian ini, seseorang cenderung mengalami gangguan mental yang dapat disebut sebagai gangguan kesehatan mental. Oleh karena itu, keseimbangan struktur kepribadian diperlukan ketika menyikapi suatu keadaan. Kesehatan mental tokoh dalam novel ini menjadi motif dari konflik yang muncul dalam alur cerita. Melalui novel Perawan Semarang, Vidi Widajat menampilkan cerita dari realitas kehidupan yang diwujudkan melalui struktur kepribadian yang berbeda-beda.
Downloads
References
Abrams, M. H. 1981. Aglossary of Lterary Terms. New York:Holt, Rinehart and Winston.
Amalia, Amalia, Cutiana Windri Astuti, and Ardian Pitra Satya Purnama. 2023. “Struktur Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Mahabbah Kang Hasyim Karya Niswatin Nafiah.” LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3(2). doi: 10.60155/leksis.v3i2.353. DOI: https://doi.org/10.60155/leksis.v3i2.353
Ardiansyah, Sarinah, Susilawati, and Juanda. 2022. “Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud.” Jurnal Kependidikan 7(1):25–31.
Avieta, Nida Aulia, Imam Baihaqi, and Mashud Syahroni. 2022. “Analisis Kepribadian Tokoh Reza Dalam Novel Pulang Ke Rinjani Karya Reza Nufa Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud.” KABASTRA: Kajian Bahasa Dan Sastra 2(1):37–46. doi: 10.31002/kabastra.v2i2.67. DOI: https://doi.org/10.31002/kabastra.v2i2.67
Barlian, Eri. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.
brin.go.id. 2024. “Kasus Bunuh Diri Tertinggi Di Usia Muda, Apa Penyebabnya?” 27 Juli 2024. Retrieved (https://brin.go.id/news/119871/kasus-bunuh-diri-tertinggi-di-usia-muda-apa-penyebabnya).
Carl, Tinjauan, and Gustav Jung. 2023. “No Title.”
CNN Indonesia.com. 2024. “Deret Kasus Bunuh Diri Mahasiswa Di Lingkungan Kampus.” Rabu, 09 Okt 2024 08:41 WIB. Retrieved April 26, 2025 (https://www.cnnindonesia.com/nasional/20241008195638-12-1153098/deret-kasus-bunuh-diri-mahasiswa-di-lingkungan-kampus).
Debby Irola, Reni Sofia Ningsih, and Eva Dwi Kurniawan. 2024. “Analisis Kepribadian Tokoh Alara Dalam Novel Lara Rasa Karya Nureesh Vhalega Berdasarkan Teori Kebutuhan Hierarki Maslow.” Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya 2(1):300–309. doi: 10.61132/morfologi.v2i1.327. DOI: https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i1.327
Farihah, Mamluqil. 2023. “Kepribadian Tokoh Utama Pada Novel Karya Ahmad Fuadi: Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud.” Totobuang 11(1):161–74. DOI: https://doi.org/10.26499/totobuang.v11i1.466
Huberman, Miles. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods.
Indonesia, Sastra, Universitas Nasional, Jl Sawo, Manila No, and Jakarta Selatan. 2024. “Kepribadian Tokoh Adara Dalam Novel Arial Dan Adara Karya Helobagas : Analisis Psikologi Sastra.” 7(2):110–20. doi: 10.26418/ekha.v7i2.76130.
Jumiana, S. .. 2025. “Tragedi Bunuh Diri Akibat Mental Health Rendah.” 17 Januari 2025. Retrieved (https://trending.co.id/2025/01/17/tragedi-bunuh-diri-akibat-mental-health-rendah/).
Karisma, Nurul, Aida Rofiah, Siti Nur Afifah, and Yuni Mariani Manik. 2024. “Kesehatan Mental Remaja Dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying Di Indonesia.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3(03):560–67. doi: 10.47709/educendikia.v3i03.3439. DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3439
Kirani, Annisa. 2022. “Kode Aksian Dalam Pendekatan Semiotik Pada Cerpen ‘Sabuk Ajaib’ Karya Asrori.” Journal Educational of Indonesia Language 3(01):9–15. doi: 10.36269/jeil.v3i01.638. DOI: https://doi.org/10.36269/jeil.v3i01.638
Lestari, Erma, and Muhammad Yusi Kamhar. 2020. “Pelatihan Penulisan Karya Sastra Sebagai Wujud Pengembangan Bahasa Dan Budaya Indonesia.” JIIP) Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 3(1):381–86.
Madasari, Okky, Pendekatan B. Behaviorisme F Skinner Alviiswari, Lailatul Fitriyah, and Indah Sulmayanti. 2024. “Dinamika Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya.” Seulas Pinang: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 6(1):9–19.
Maqvirah, Raihanul. 2024. “Kritik Sastra Objektif Pada Puisi Istirahat Karya Dea Y.” 1(7):725–33. DOI: https://doi.org/10.59837/jpnmb.v1i7.134
Minderop, Albertine. 2005. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Minderop, Albertine. 2018. Psikologi Sastra:Karya Sastra, Metode, Teori, Dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nugraha, Malik Septian Ardi, and Sungging Widagdo. 2023. “Analisis Novel Wong Njaba Sebuah Kajian Psikoanalisis Ilmu Kebahagiaan Ki Ageng Suryomentaram Pada Tokoh Mersault.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6(4):84–89.
Safitri, Nuratun, Mahmudi Efendi, and Muh. Khairussibyan. 2022. “Struktur Kepribadian Tokoh Utama Inggit Dalam Novel My Lecture My Husband Karya Gliticious: Kajian Psikologi Sigmund Freud.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(3c):1921–29. doi: 10.29303/jipp.v7i3c.844. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.844
Samsiah, Siti, Sri Rahayu, and Universitas Islam Riau. 2023. “SAJAK.” 2:155–60.
Sari, Hanifah Yulia. 2022. “Makna ‘Sepatu’ Pada Nazar Desi Dalam Novel Guru Aini: Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud.” Vokal: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(2):83–91. doi: 10.33830/vokal.v1i2.3093. DOI: https://doi.org/10.33830/vokal.v1i2.3093.
Slamet, Yosep Bambang Margono. 2018. “Fungsi Dan Peran Karya Sastra Dari Masa Ke Masa.” Praxis 1(1):24. doi: 10.24167/praxis.v1i1.1609. DOI: https://doi.org/10.24167/praxis.v1i1.1609
Spradley, Perspektif, and Miles Huberman. 2024. “Kajian Teoritis Tentang Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif : اما يهو ةدالما ةهج نم لىولاا ينتهج نم نوكي ءاطلخاو سايقلا في إطلخا نع زاترحلإا جاتنلإا ةحص نم بجاولا ةقداص ةيضقب ةدساف ةيضق سبتلت نأبف نىعلما ةيحنا نم امأو لاق نا لىا نىعلما ةيحنا .” 1(2):77–84. DOI: https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93
Talitha Hasnabila Firjatullah, Siti Dwi Yasinta, Inggit Widyanika, and Bakhrudin All Habsy. 2024. “Memahami Hakikat Manusia Berdasarkan Teori Konseling Psikoanalisis.” Journal Innovation In Education 2(2):158–76. doi: 10.59841/inoved.v2i2.1200. DOI: https://doi.org/10.59841/inoved.v2i2.1200
Utomo, Imam Budi. 2012. “Tokoh Dan Penokohan Dalam Roman Panglipur Wuyung.” Atavisme 15(1):117–24. doi: 10.24257/atavisme.v15i1.53.117-124. DOI: https://doi.org/10.24257/atavisme.v15i1.53.117-124
Widajat, Vidi. 1964. Perawan Semarang. Solo: CV. Bangun Giling Sentosa.
Wusqa, Nauli, and Sri Novitayanti. 2022. “Risiko Bunuh Diri Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.” JIM Fkep 6(2):145–50.
Yulia, Catur, and Saptu Rini. 2024. “Realisasi Ideologis Nikah Paksa Masyarakat Jawa Pada Novel Gumuk Sandhi.” 10(4):3570–80. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4246
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.