Analisis Struktural dan Literasi Kritis Cerpen “Lelaki Yang Ditelan Gerimis” Karya Mustafa Ismail

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5835

Authors

  • Yusrina Yusrina Universitas Khairun
  • Adriani Adriani Universitas Khairun
  • Darlisa Muhamad Universitas Khairun
  • Nasrullah La Madi Universitas Khairun
  • Taib Abdullah Universitas Khairun
  • Ridwan Andi Mattoliang Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Cerpen, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Literasi Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, dan aspek literasi kritis pada cerpen. Sastra mengandung pertanyaan tentang hidup dan kehidupan. Pendekatan literasi kritis diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran kritis pada diri pembaca agar senantiasa berempati terhadap permasalahan di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah cerpen berjudul “Lelaki yang Ditelan Gerimis” karya Mustafa Ismail. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan unsur intrinsik terdiri dari judul, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan tema. Unsur ekstrinsik yang ditemukan meliputi kondisi sosial dan budaya. Analisis literasi kritis menemukan bentuk ketidakadilan atau ketidakberdayaan yang dialami oleh masyarakat, khususnya tokoh Suman. Literasi kritis melihat ideologi yang disampaikan pengarang dari sudut pandang yang berbeda. Pengarang berusaha membangkitkan kesadaran kritis pembaca melalui permasalahan yang dihadapi tokoh Suman agar menjadi pribadi yang pantang menyerah dan berempati terhadap masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, I. (2020). Analisis Struktural Dan Nilai Moral Dalam Cerpen" Gugatan" Karya Supartika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 369-376.

Arum, D. M. S. P., & Ratuliu, M. (2023). Menganalisis Unsur Ekstrinsik Dan Pendekatan Ekspresif Terhadap Cerpen “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-Kata” Karya Putu Wijaya. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(1), 19-26. Available at: https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.278

Fauziah, H., & Mahpudz, S. (2022). Pembentukan Karakter Rendah Hati Peserta Didik Dalam Al-Qur’an Surah Al-Furqan 63-64 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi, 1(1), 116-124.

Hakim, H. R., & Utami, S. F. (2024). Analisis Struktural Cerpen “Assyarru Bis-Syarri”

Henriani, A, Nuryani P, Ibrahim T. 2018. Pedagogik Literasi Kritis; Sejarah, Filsafat dan Perkembangannya di Dunia Pendidikan. Bandung: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16, 44-49.

La Madi, N., Adriani, A., Muhamad, D., & Yusrina, Y. (2024). Mitos Alam dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Asal Mula Mafu Gayoba Karya Ryan M. Khamary. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(02), 732-739.

Lia, T. (2014). Sosial Budaya dalam Cerpen” Sri Sumarah” Karya Umar Kayam. Sirok Bastra, 2(2), 141-147. Available at: https://doi.org/10.37671/sb.v2i2.40

Lubis, Akhyar Yusuf. 2015. Pemikiran Kritis Kontemporer. Depok: Raja Gravindo Persada

Karya Abdul Fattah Shobri & Ali Umar. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 4(2), 172-182. Available at: https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.14312

Kusumanegara, Afdal. 2020. Diskursus Akademik: Perspektif Studi Bahasa Kritis. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurgiantoro, B. (2018). Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. Ugm Press.

Nurrachman, I., Wikanengsih, W., & Mahardika, R. Y. (2020). Analisis unsur intrinsik cerpen “dilarang menyanyi di kamar mandi” karya Seno Gumira Ajidarma. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(4), 859-870.

Marpaung, B. R. S. (2021). Analisis Struktural Cerpen “Larilah Melos” dalam Kumpulan Cerpen Karya Dazai Osamu (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara). d

Pradopo, R. D. (2021). Beberapa teori sastra metode kritik dan penerapannya. UGM PRESS.

Priyatni, Enda Tri. 2012. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara

Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis struktural dan nilai moral dalam cerpen †œkembang gunung kapur†karya hasta indriyana. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 101-114.

Suhandra, I. R. (2019). Hubungan Bahasa, Sastra, Dan Ideologi. Cordova Journal Language and Culture Studies, 9(2), 172–182. Available at: https://doi.org/10.20414/cordova.v9i2.1613

Sultan. 2017. Model Bahan Ajar Membaca Kritis di Perguruan Tinggi. Disertasi:Universitas Negeri Malang.

Sultan. 2017. Membaca Kritis: Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Yogyakarta: Baskara Media.

Yusrina, dkk. 2022. Prosiding Narasi Jilid III: Paradigma Teoretis Literasi Kritis dalam Pembelajaran.

Yusrina. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Analisis Wacana Berbasis Literasi Kritis. Disertasi: Universitas Negeri Makassar.

Yusrina, Y., Haerul, H., Suryani, L., & Sasmayunita, S. (2023). Penggalan Pasangan Percakapan Dalam Dialog Mata Najwa: Pura-pura Penjara-Sel Mewah Lutfi Hasan Ishak (Kajian Analisis Wacana). Humano: Jurnal Penelitian, 14(1), 172-177.

Yusrina, Y., Adriani, A., & Muhamad, D. (2024). Analisis Prinsip Kerjasama Dialog Mata Najwa" Pura-pura Penjara Part 1: Sel Mewah Lutfi Hasan Ishaq". Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 439-444.

Vasquez, V. M. (2017). Critical Literacy. In Oxford research encyclopedia of education.

Published

2025-05-23

How to Cite

Yusrina, Y., Adriani , A. ., Muhamad, D., La Madi, N. ., Abdullah, T. ., & Ridwan Andi Mattoliang. (2025). Analisis Struktural dan Literasi Kritis Cerpen “Lelaki Yang Ditelan Gerimis” Karya Mustafa Ismail. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2551–2561. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5835

Issue

Section

Articles

Categories