Analisis Struktural dan Literasi Kritis Cerpen “Lelaki Yang Ditelan Gerimis” Karya Mustafa Ismail
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5835
Keywords:
Cerpen, Unsur Intrinsik, Unsur Ekstrinsik, Literasi KritisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, dan aspek literasi kritis pada cerpen. Sastra mengandung pertanyaan tentang hidup dan kehidupan. Pendekatan literasi kritis diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran kritis pada diri pembaca agar senantiasa berempati terhadap permasalahan di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah cerpen berjudul “Lelaki yang Ditelan Gerimis” karya Mustafa Ismail. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan unsur intrinsik terdiri dari judul, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan tema. Unsur ekstrinsik yang ditemukan meliputi kondisi sosial dan budaya. Analisis literasi kritis menemukan bentuk ketidakadilan atau ketidakberdayaan yang dialami oleh masyarakat, khususnya tokoh Suman. Literasi kritis melihat ideologi yang disampaikan pengarang dari sudut pandang yang berbeda. Pengarang berusaha membangkitkan kesadaran kritis pembaca melalui permasalahan yang dihadapi tokoh Suman agar menjadi pribadi yang pantang menyerah dan berempati terhadap masyarakat.
Downloads
References
Arianti, I. (2020). Analisis Struktural Dan Nilai Moral Dalam Cerpen" Gugatan" Karya Supartika. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 369-376.
Arum, D. M. S. P., & Ratuliu, M. (2023). Menganalisis Unsur Ekstrinsik Dan Pendekatan Ekspresif Terhadap Cerpen “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-Kata” Karya Putu Wijaya. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(1), 19-26. Available at: https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.278
Fauziah, H., & Mahpudz, S. (2022). Pembentukan Karakter Rendah Hati Peserta Didik Dalam Al-Qur’an Surah Al-Furqan 63-64 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi, 1(1), 116-124.
Hakim, H. R., & Utami, S. F. (2024). Analisis Struktural Cerpen “Assyarru Bis-Syarri”
Henriani, A, Nuryani P, Ibrahim T. 2018. Pedagogik Literasi Kritis; Sejarah, Filsafat dan Perkembangannya di Dunia Pendidikan. Bandung: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16, 44-49.
La Madi, N., Adriani, A., Muhamad, D., & Yusrina, Y. (2024). Mitos Alam dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Asal Mula Mafu Gayoba Karya Ryan M. Khamary. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(02), 732-739.
Lia, T. (2014). Sosial Budaya dalam Cerpen” Sri Sumarah” Karya Umar Kayam. Sirok Bastra, 2(2), 141-147. Available at: https://doi.org/10.37671/sb.v2i2.40
Lubis, Akhyar Yusuf. 2015. Pemikiran Kritis Kontemporer. Depok: Raja Gravindo Persada
Karya Abdul Fattah Shobri & Ali Umar. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 4(2), 172-182. Available at: https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.14312
Kusumanegara, Afdal. 2020. Diskursus Akademik: Perspektif Studi Bahasa Kritis. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurgiantoro, B. (2018). Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. Ugm Press.
Nurrachman, I., Wikanengsih, W., & Mahardika, R. Y. (2020). Analisis unsur intrinsik cerpen “dilarang menyanyi di kamar mandi” karya Seno Gumira Ajidarma. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(4), 859-870.
Marpaung, B. R. S. (2021). Analisis Struktural Cerpen “Larilah Melos” dalam Kumpulan Cerpen Karya Dazai Osamu (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara). d
Pradopo, R. D. (2021). Beberapa teori sastra metode kritik dan penerapannya. UGM PRESS.
Priyatni, Enda Tri. 2012. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara
Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). Analisis struktural dan nilai moral dalam cerpen †œkembang gunung kapur†karya hasta indriyana. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 101-114.
Suhandra, I. R. (2019). Hubungan Bahasa, Sastra, Dan Ideologi. Cordova Journal Language and Culture Studies, 9(2), 172–182. Available at: https://doi.org/10.20414/cordova.v9i2.1613
Sultan. 2017. Model Bahan Ajar Membaca Kritis di Perguruan Tinggi. Disertasi:Universitas Negeri Malang.
Sultan. 2017. Membaca Kritis: Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Yogyakarta: Baskara Media.
Yusrina, dkk. 2022. Prosiding Narasi Jilid III: Paradigma Teoretis Literasi Kritis dalam Pembelajaran.
Yusrina. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Analisis Wacana Berbasis Literasi Kritis. Disertasi: Universitas Negeri Makassar.
Yusrina, Y., Haerul, H., Suryani, L., & Sasmayunita, S. (2023). Penggalan Pasangan Percakapan Dalam Dialog Mata Najwa: Pura-pura Penjara-Sel Mewah Lutfi Hasan Ishak (Kajian Analisis Wacana). Humano: Jurnal Penelitian, 14(1), 172-177.
Yusrina, Y., Adriani, A., & Muhamad, D. (2024). Analisis Prinsip Kerjasama Dialog Mata Najwa" Pura-pura Penjara Part 1: Sel Mewah Lutfi Hasan Ishaq". Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 439-444.
Vasquez, V. M. (2017). Critical Literacy. In Oxford research encyclopedia of education.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.