Digitalisasi Sastra Indonesia: Demokratisasi Akses atau Dehumanisasi Pembacaan?

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5902

Authors

  • Sumiyati Sumiyati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Yeti Mulyati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Keywords:

Digitalisasi sastra, Demokratisasi akses, Dehumanisasi pembacaan

Abstract

produksi, distribusi, dan konsumsi karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak digitalisasi sastra Indonesia, khususnya dalam konteks demokratisasi akses dan potensi dehumanisasi pembacaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur untuk menganalisis dampak digitalisasi terhadap sastra Indonesia. Data dikumpulkan melalui penelusuran sistematis terhadap sumber-sumber terpercaya, termasuk laporan survei, jurnal ilmiah, dan buku, dengan seleksi data berdasarkan relevansi, kredibilitas, dan kemutakhiran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis tematik yang mendukung identifikasi pola dan tema, kemudian dikaitkan dengan teori-teori relevan seperti demokratisasi budaya (Bourdieu, 1984), dehumanisasi (Postman, 1985), literasi digital (Gilster, 1997), dan new media (Manovich, 2001). Validitas dan reliabilitas dijaga melalui triangulasi data dan refleksi kritis posisi teoritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi meningkatkan akses dan partisipasi pembaca, namun juga menimbulkan risiko pembacaan dangkal akibat distraksi media dan bias algoritma. Rekomendasi meliputi penguatan literasi digital, perlindungan hak cipta, dan menjaga keseimbangan antara format digital dan cetak agar nilai-nilai humanis sastra tetap terjaga di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, A. P., Nur, H., & Mulyana, A. (2025). Perlindungan Hukum Terhadap Pencipta atas Pembajakan Buku Elektronik (E-Book) Yang di Sebarluaskan Secara Bebas Melalui Website. Journal of Contemporary Law Studies, 2(2), 125–140.

Alfi, L., & Nawawi, Z. M. (2022). Dampak Era Digital pada Permintaan Buku di Tengah Pembelajaran Online (Studi Kasus Pada Percetakan Cv Media Kreasi Medan Jl. Gagak Hitam Ringroad). Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 4(1), 26–34.

Amrullah, M. K. (n.d.). Fridiyanto, & Taridi, M.(2022). Metode Penelitian Kualitatif (1st Ed.). Literasi Nusantara Abadi.

Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital dengan penggunaan media aplikasi Wattpad: Studi kasus. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), 36–45.

Anderson, J. (2016). (2016). The Digital Revolution and Its Impact on Literature. Digital Press.

Antoni, W. (2025). Perkembangan Puisi di Indonesia: Dari Tradisi Lisan hingga Era Digital. Grata: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 101–106.

Asaniyah, N., Pust, S. I., & Bachtiar, A. C. (2021). Digitalisasi bahan ajar perkuliahan dalam rangka meningkatkan layanan Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 4(2), 201–212.

Astuti, A. P., Istianingsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya Membangun Budaya Literasi (Budaya Membaca) pada Anak SD di Era Digital. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1184–1189.

Baan, A. (2020). Dimensi-Dimensi Teoritis Pembelajaran Sastra Mengatasi Kebekuan dalam Pembelajaran Sastra. Jurnal Media Akademik, 2(1), 41.

Bourdieu, P. (1984). Espace social et genèse des" classes". Actes de La Recherche En Sciences Sociales, 52(1), 3–14.

Dari, T. Y. (2023). Pengaruh Aplikasi Wattpad Terhadap Peningkatan Literasi Siswa Kelas Xi Di SMA Negeri 8 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

Darma, B. (2004). Pengantar teori sastra. Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Damono, S. D. (2015). Sastra di Era Digital. Dalam Sastra dan Teknologi: Kumpulan Esai* (hlm. 45–60). Editum.

Dewi, A. C. (2024). Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital. *Nama Jurnal*, 3(3), 165–170. <https://alamat-jurnal.com/artikel>.

Hamim, A. H. (2022). Peran Layanan Digitalisasi Perpustakaan di Lingkungan Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Kota Bandung. J-Staf: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 1(1), 27–38.

Ilham, M. A., Supriadi, R., & Al Farisi, M. Z. (2025). Transformasi Bahasa Indonesia Dalam Konteks Digital: Perubahan Pada Stuktur Dan Bentuk Bahasa. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 10(1), 1–11.

Kinanti, D. B. (2024). P Pelanggaran Hakcipta Buku: Studi Kasus Penjualan Buku Bajakan Pada Flatform Online Shop Di Indonesia. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 8(2), 249–262.

Liana, P. (2024). Digitalisasi Sastra Kontemporer Lewat Grafik Novel “Tabi” Karya Marchella FP. Prosodi, 18(1), 1–12.

Mardiana, R. A. (2024). Studi Fenomenologi Dampak Penggunaan Aplikasi Wattpad Tehadap Mindset Siswa di SMAN 1 Pademawu. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Mineri, C. (2022). Media Industri Kreatif Sastra dalam Laman YouTube “Riri Cerita Anak Interaktif.” Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, 2, 184–188.

Mudjiyanto, B., Launa, L., & Yanuar, F. (2024). Digitalisasi Informasi dan Keberlimpahan Berita di Era Pascakebenaran. Oratio Directa (Prodi Ilmu Komunikasi), 6(1).

Murdhia, N., & Azzahra, N. Q. (2021). Tantangan Dalam Mengkaji Sastra Indonesia Di Era Revolusi Sosial 5.0. Prosiding Samasta.

Muslimin, M. I., Pratama, I. N., Ardiani, Y., Rahmania, S., Anjani, H., Imara, I. S., Jeriyah, A., Samunawardin, M., & Imran, I. (2025). Efisiensi Dan Efektivitas Perencanaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Di Era Digital: Studi Terhadap Transformasi Digitalisasi Fiskal Di Indonesia. Nusantara Hasana Journal, 4(9), 90–100.

Mustofa, M. (2018). Digitalisasi Koleksi Karya Sastra Balai Pustaka Sebagai Upaya Pelayanan di Era Digital Natives. JPUA Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 8(2), 61–68.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Digital: Antara Kemudahan dan Tantangan. Gajah Mada University Press.

Noviarini, N. P., Prabawati, P. L. S., & Suryanata, I. P. A. (2024). Media pembelajaran digital dalam pembelajaran sastra. Jurnal Edukasi dan Pembelajaran, 8(2), 327-331. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77878

Pradopo, R. D. (2021). Beberapa teori sastra metode kritik dan penerapannya. UGM PRESS.

Prasetyo, C. W., & Wati, R. (2022). Cyber Sastra: Polemik Dan Resistensi Kapitalisme Pada Sastra. PENA LITERASI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 18–25.

Pratiwi, S., & Dewi, T. U. (2023). Pemanfaatan Wattpad Sebagai Media Literasi Digital. Khazanah Pendidikan, 17(2), 229–236.

Prisanti, A. R., Suntoko, S., & Hartati, D. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Siniar Suara Puan di Platform Spotify dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Puisi. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra Dan Pendidikan, 9(2), 430–436.

Putri, S. (n.d.). Pengaruh kebiasaan membaca komik digital di platform line webtoon terhadap kemampuan critical reading pada generasi z. Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora.

Rakuten Insight, 2023, dikuti dalam Muhamad (2023, 21 September). Survei: Mayoritas Orang Indonesia Lebih Suka Baca Buku Lewat Smartphone (Media/Perangkat yang Digunakan Responden Indonesia untuk Membaca Buku). https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/fa04246cf1ef375/survei-mayoritas-orang-indonesia-lebih-suka-baca-buku-lewat-smartphone , diakses 15 Maret 2025.

Rizal, M. A. S., Kholik, K., Faizi, A., Kholiq, A., & Azizan, Y. R. (2024). Masa Depan Sastra Di Era Digital: Kajian Sastra Sibernetik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 7574–7590.

Rokib, M. (2024). Sejarah Sastra Indonesia: Pengantar Ringkas dari Balai Pustaka Hingga Sastra Internet (M. P. Fafi Inayatillah (ed.)). Minhaj Pustaka.

Sarumpaet, T. R. (2017). Dehumanisasi dalam Era Digital: Tantangan bagi Sastra. Pustaka Jaya.

Semi, M. A. (1993). Metode penelitian sastra. Angkasa.

Setiawan, A. M. (2024). Literature Review: Pengaruh Adiksi Aplikasi Berbentuk Video Pendek (TikTok) pada Minat Baca Generasi Z.

Simangunsong, H. L., Santoso, B., & Lumbanraja, A. D. (2020). Perlindungan Hak Cipta Terhadap Pembajakan Karya Sastra Novel Versi E-Book Di Tokopedia. Notarius, 13(2), 442–454.

Sinunghardjo, F.X. (2023). Sastra dan Transformasi Digital. Yogyakarta. Sanata Dharma University Press.

Sudarsih, L. (2024). Relevansi dan Keberlanjutan Pembelajaran Sastra Indonesia di Era Digital. ASMARALOKA: Jurnal Bidang Pendidikan, Linguistik Dan Sastra Indonesia, 2(1), 25–34.

Supriani, R. (2018). Kajian sosiologi sastra pada fenomena sastra online. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1, 65–70.

Syahfira, I., Siregar, Y. D., & Purwaningtyas, F. (2023). Hubungan antara Literasi Digital dengan Penggunaan Media Sosial Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam “Uisu” Pematang Siantar. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 15(1), 92–102.

Syam, H. N., & Si, M. (2022). Model Analisis Teori Sosial. Prenadamedia Group.

Tajuddin, M., Supatmiwati, D., Hidayat, S., & Anas, A. S. (2022). Digitalisasi: Konsep, Teknologi dan Penerapannya (Bunga Rampai Pengetahuan, Gagasan & Rekomendasi Untuk Indonesia). MNC Publishing.

Tamrin, A. M. H. (2025). Dinamika Representasi Identitas Budaya dalam Sastra Digital Indonesia di Era Media Sosial. Asian Journal Of Multidisciplinary Research, 2(1), 1–14.

Teeuw, A. (2018). Sastra dan Ilmu Sastra. Dunia Pustaka Jaya.

Webster, F. (2006). The information society revisited. The Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs, Londres, Sage, 443–457.

Wirajaya, A. Y. (2024). Digitalisasi Naskah sebagai Alternatif Transformasi Pembelajaran Sastra. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20, 166–174.

Wulandari, V., Rullyana, G., & Ardiansah, A. (2021). Pengaruh algoritma filter bubble dan echo chamber terhadap perilaku penggunaan internet. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), 98–111.

Yanti, P. G. (2020). Sastra digital dan keunggulannya. Prosiding Samasta.

Yayuk, R. (2019). Peran Linguis Di Era Industri. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni (Sesanti), 474–483.

Zettirah, A. M., Cahyani, C. G., & Afifah, F. (2023). Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Sastra. Bestari: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pengajarannya, 1(1).

Zulvikri, M., & Amani, A. (2024). Transformasi Digital: Menggali Potensi Teknologi Terkini Dalam Pengelolaan Dokumen Dan Informasi Kantor Pada Perusahaan PT. Victory Prima Abadi. Jurnal Transformasi Bisnis Digital, 1(3), 1–12.

Published

2025-06-16

How to Cite

Sumiyati, S., & Mulyati, Y. . (2025). Digitalisasi Sastra Indonesia: Demokratisasi Akses atau Dehumanisasi Pembacaan?. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2784–2797. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5902

Issue

Section

Articles

Categories