Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5932
Keywords:
kemampuan awal siswa, motivasi belajar siswa, hasil belajar bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei digunakan dalam penelitian ini. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari 70 siswa dari kelas X SMA Negeri 6 Tambun Selatan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi post-test untuk menilai kemampuan awal siswa, angket untuk menilai motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia diperoleh dari nilai Ujian Tengah Semester mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan analisis regresi linier berganda untuk uji linieritas. Temuan penelitian membuktikan bahwa; 1) Hasil belajar Bahasa Indonesia dipengaruhi oleh kemampuan awal dan motivasi belajar, yang dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. 2) Hasil belajar bahasa Indonesia dipengaruhi oleh kemampuan awal, yang ditunjukkan dengan nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. 3) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai Sig = 0,000 < α = 0,05.
Downloads
References
Aflahah, S. (2021). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, Dan Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 60. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.18172
Jehadus, E., Tamur, M., Fedi, S., & Sari, E. (2023). Students’ Early Mathematical Ability and Its Contribution to Mediating Junior High School Students’ Mathematical Ability: Correlational Studies. https://doi.org/10.4108/eai.21-10-2022.2329591
Jemakmun, J. (2022). Penerapan Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6154
Kariadinata, R., Juariah, J., Hidayat, R., & Sugilar, H. (2019). Kemampuan Komunikasi Dan Pengelolaan Kelas Calon Guru Matematika. Jurnal Analisa, 5(1), 68–83. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4826
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499
Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17.
https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944
Murtiningsih, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana Belajar, Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMP Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 178. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p178-191
Muspita, Z., & Sholihah, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 1 Masbagik. Jpek (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 3(1), 41. https://doi.org/10.29408/jpek.v3i1.1525
Mustiko, A. B., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration Education and Practice, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p42-52
Nawangsih, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Yang Dipadukan Dengan Mind Mapping Tethadap Hasil Belajar SMA Pada Materi Virus. Jurnal Life Science Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1). https://doi.org/10.31980/jls.v3i1.1653
Nissa, K., & Putri, J. H. (2021). Peran Guru Dan Strategi Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 5(4), 51. https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.27984 Sabrina, R., Fauzi, & Yamin, M. (2017). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi
belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 1–23.
Salam, S., Firman, F., & Mirnawati, M. (2022). How to Improve Learning Outcomes of the Indonesian Language in Elementary Schools Through the Implementation of Problem-Based Learning Methods. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 131–144. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2736
Sulastri, E., & Ugwuoti, O. (2024). Improving Biology Learning Outcomes Through the Application of Entry Behavior in Intervertebrate Material in Senior High Schools. Indonesian Journal of Education Research (Ijoer), 5(3), 84–91. https://doi.org/10.37251/ijoer.v5i3.990
Suwandi, S., & Budiastuti, E. (2021). Model Advance Organizer Dengan Pendekatan Humanistik: Upaya Meningkatkan Pemahaman Relasional Siswa SMK Pada Materi Program Linear. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 65. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4241
Syafii, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, R. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Trisnawati, K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). The Role of Playing Model Learning Based on Tri Hita Karana Improve Indonesian Language Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 4(3), 302.
https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.27088
Werang, B. R., Suarjana, I. M., Dewi, K. C. N., & Asaloei, S. I. (2023). Indonesian Language Teachers’ Teaching Performance and Students’ Learning Outcomes. International Journal of Evaluation and Research in Education (Ijere), 12(3), 1271.
https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24949
Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 190–199. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.