Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5932

Authors

  • Elisha Stephany Sinaga Universitas Negeri Malang
  • Agus Wedi Universitas Negeri Malang
  • Citra Kurniawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

kemampuan awal siswa, motivasi belajar siswa, hasil belajar bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei digunakan dalam penelitian ini. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari 70 siswa dari kelas X SMA Negeri 6 Tambun Selatan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi post-test untuk menilai kemampuan awal siswa, angket untuk menilai motivasi dan hasil belajar bahasa Indonesia diperoleh dari nilai Ujian Tengah Semester mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan analisis regresi linier berganda untuk uji linieritas. Temuan penelitian membuktikan bahwa; 1) Hasil belajar Bahasa Indonesia dipengaruhi oleh kemampuan awal dan motivasi belajar, yang dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. 2) Hasil belajar bahasa Indonesia dipengaruhi oleh kemampuan awal, yang ditunjukkan dengan nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. 3) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai Sig = 0,000 < α = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aflahah, S. (2021). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Sosial, Dan Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 60. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.18172

Jehadus, E., Tamur, M., Fedi, S., & Sari, E. (2023). Students’ Early Mathematical Ability and Its Contribution to Mediating Junior High School Students’ Mathematical Ability: Correlational Studies. https://doi.org/10.4108/eai.21-10-2022.2329591

Jemakmun, J. (2022). Penerapan Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6154

Kariadinata, R., Juariah, J., Hidayat, R., & Sugilar, H. (2019). Kemampuan Komunikasi Dan Pengelolaan Kelas Calon Guru Matematika. Jurnal Analisa, 5(1), 68–83. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4826

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17.

https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944

Murtiningsih, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana Belajar, Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMP Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 178. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p178-191

Muspita, Z., & Sholihah, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 1 Masbagik. Jpek (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 3(1), 41. https://doi.org/10.29408/jpek.v3i1.1525

Mustiko, A. B., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration Education and Practice, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n1.p42-52

Nawangsih, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Yang Dipadukan Dengan Mind Mapping Tethadap Hasil Belajar SMA Pada Materi Virus. Jurnal Life Science Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1). https://doi.org/10.31980/jls.v3i1.1653

Nissa, K., & Putri, J. H. (2021). Peran Guru Dan Strategi Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 5(4), 51. https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.27984 Sabrina, R., Fauzi, & Yamin, M. (2017). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi

belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 1–23.

Salam, S., Firman, F., & Mirnawati, M. (2022). How to Improve Learning Outcomes of the Indonesian Language in Elementary Schools Through the Implementation of Problem-Based Learning Methods. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 131–144. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2736

Sulastri, E., & Ugwuoti, O. (2024). Improving Biology Learning Outcomes Through the Application of Entry Behavior in Intervertebrate Material in Senior High Schools. Indonesian Journal of Education Research (Ijoer), 5(3), 84–91. https://doi.org/10.37251/ijoer.v5i3.990

Suwandi, S., & Budiastuti, E. (2021). Model Advance Organizer Dengan Pendekatan Humanistik: Upaya Meningkatkan Pemahaman Relasional Siswa SMK Pada Materi Program Linear. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 65. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4241

Syafii, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, R. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Trisnawati, K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). The Role of Playing Model Learning Based on Tri Hita Karana Improve Indonesian Language Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 4(3), 302.

https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.27088

Werang, B. R., Suarjana, I. M., Dewi, K. C. N., & Asaloei, S. I. (2023). Indonesian Language Teachers’ Teaching Performance and Students’ Learning Outcomes. International Journal of Evaluation and Research in Education (Ijere), 12(3), 1271.

https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24949

Widura, I. D. G. S., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 190–199. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.35695

Published

2025-06-17

How to Cite

Sinaga, E. S., Agus Wedi, & Citra Kurniawan. (2025). Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2816–2824. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.5932

Issue

Section

Articles

Categories