Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6003
Keywords:
Model PjBL, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar Bahasa indonesia materi puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Kedungmiri. Model PjBL dipilih karena diyakini mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar serta mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian menggunakan satu kelas yaitu kelas V sejumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model PjBL dengan sebelumnya. Pada penggunaan model PjBLmenunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi. Dengan demikian, model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi siswa kelas V SDN Kedungmiri.
Downloads
References
Agustin, N. E., & Nuroh, E. Z. (2024). Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 93–100. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1130
Antika, W., Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning di Kurikulum Merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy, 8(1), 253.
Basmalah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Murid Kelas V SD inpres Tinggimae Kabupaten Gowa.
Butar Butar, F. E., Sidabutar, R., & Sauduran, G. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(02), 420–426. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1796
Chaeroh, M., Rahma Rista Utami, N., & Jumini, S. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dan Pembagian melalui Metode Demonstrasi dengan Media Tali PAS pada Siswa Kelas II Semester Genap Sekolah Dasar Negeri Gentan 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelaj. Social Science Academic, 1(2), 173–192. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3504
Chaniago, Y., & Febrina Dafit. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Base Learning (PJBL) terhadap Motivasi Serta Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1435–1444. https://doi.org/10.58230/27454312.610
Faradiba, A., & Perdana, P. I. (2024). Analisis Perumusan Tujuan Pembelajaran Pada Modul Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Education for All, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.61692/edufa.v2i1.103
Fitriyani, Houtman, Suroyo, & Saabighoot, Y. A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Nuansa Akademik, 8(1), 13–24.
Khusniyah, K. (2022). Peningkatan Ketrampilan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas V MIN 1 Sidoarjo Melalui Metode Akrostik dengan Instrumen Smart Card. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP …, 2, 175–182. http://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/454%0Ahttps://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/download/454/358
Lase, Y., & Zagoto, A. (2024). Analisis Kesalahan Pelafalan Kata Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Oleh Siswa Kelas Viii-A Di Smp Negeri 1 Idanotae. 3(2), 346–356.
Rahmawati, D., & Citrawati, T. (2023). Jenis Kesulitan Menulis Puisi bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 45–50. https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i2.299
Ratnasari, dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Murid Sekolah Dasar.
Salsabil, G. D., Sari, W., Jln, A., Pahu, M., Kelua, G., Ulu, K. S., & Samarinda, K. (2024). Hakikat Sains : Pengertian , Fungsi , dan Penerapan dalam Proses Pembelajaran Universitas Mulawarman , Indonesia. 3.
Sasomo, B. (2021). Pengembangan Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)-Virtual Melalui Breakout Room pada Aplikasi Zoom Meeting. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 76–90. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.3105
Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.