Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6003

Authors

  • Refita Nur Khasanah STKIP Modern Ngawi
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP Modern Ngawi
  • Novia Rahma Rista Utami STKIP Modern Ngawi

Keywords:

Model PjBL, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar Bahasa indonesia materi puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Kedungmiri. Model PjBL dipilih karena diyakini mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar serta mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian menggunakan satu kelas yaitu kelas V sejumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model PjBL dengan sebelumnya. Pada penggunaan model PjBLmenunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi. Dengan demikian, model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi siswa kelas V SDN Kedungmiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N. E., & Nuroh, E. Z. (2024). Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 93–100. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1130

Antika, W., Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning di Kurikulum Merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy, 8(1), 253.

Basmalah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Murid Kelas V SD inpres Tinggimae Kabupaten Gowa.

Butar Butar, F. E., Sidabutar, R., & Sauduran, G. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(02), 420–426. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1796

Chaeroh, M., Rahma Rista Utami, N., & Jumini, S. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dan Pembagian melalui Metode Demonstrasi dengan Media Tali PAS pada Siswa Kelas II Semester Genap Sekolah Dasar Negeri Gentan 03 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelaj. Social Science Academic, 1(2), 173–192. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3504

Chaniago, Y., & Febrina Dafit. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Base Learning (PJBL) terhadap Motivasi Serta Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1435–1444. https://doi.org/10.58230/27454312.610

Faradiba, A., & Perdana, P. I. (2024). Analisis Perumusan Tujuan Pembelajaran Pada Modul Ajar Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Education for All, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.61692/edufa.v2i1.103

Fitriyani, Houtman, Suroyo, & Saabighoot, Y. A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Nuansa Akademik, 8(1), 13–24.

Khusniyah, K. (2022). Peningkatan Ketrampilan Menulis Puisi Peserta Didik Kelas V MIN 1 Sidoarjo Melalui Metode Akrostik dengan Instrumen Smart Card. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP …, 2, 175–182. http://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/view/454%0Ahttps://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jprp/article/download/454/358

Lase, Y., & Zagoto, A. (2024). Analisis Kesalahan Pelafalan Kata Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Oleh Siswa Kelas Viii-A Di Smp Negeri 1 Idanotae. 3(2), 346–356.

Rahmawati, D., & Citrawati, T. (2023). Jenis Kesulitan Menulis Puisi bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 45–50. https://doi.org/10.33096/didaktis.v1i2.299

Ratnasari, dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Murid Sekolah Dasar.

Salsabil, G. D., Sari, W., Jln, A., Pahu, M., Kelua, G., Ulu, K. S., & Samarinda, K. (2024). Hakikat Sains : Pengertian , Fungsi , dan Penerapan dalam Proses Pembelajaran Universitas Mulawarman , Indonesia. 3.

Sasomo, B. (2021). Pengembangan Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)-Virtual Melalui Breakout Room pada Aplikasi Zoom Meeting. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 76–90. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.3105

Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26

Published

2025-06-13

How to Cite

Refita Nur Khasanah, Arum Dwi Rahmawati, & Novia Rahma Rista Utami. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2738–2745. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6003

Issue

Section

Articles

Categories