Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Penulisan Cerpen: Studi Pengembangan Modul untuk Siswa SMA/MA

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6041

Authors

  • Pratiwi Nur Zamzani Universitas Negeri Malang
  • Djoko Saryono Universitas Negeri Malang
  • Kususbakti Andayani Universitas Negeri Malang

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, menulis cerpen, e-modul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan modul pembelajaran individual yang berbeda dalam proses menulis cerpen untuk siswa di tingkat SMA/MA. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan pendekatan campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berasal dari hasil validais modul oleh para ahli pendidikan, praktisi, dan siswa. Teknik pengumpulan informasi melibatkan penyelidikan lapangan melalui kuesioner yang disebarkan kepada respondek terpilih bersama dengan observasi langsung serta wawancara mendalam dengan narasumber yang berkompoten di bidangnya. Modul pembelajaran mandiri yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas beberapa komponen utama, yaitu pendahuluan, peta konsep, tujuan pembelajaran, materi pokok menulis cerpen, lembar kegiatan siswa, refleksi pembelajaran dan evaluasi akhir. Modul ini dirancang dengan pendekatan berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar siswa yang teridentifikasi melalui asesmen diagnostik. Gaya belajar yang dikenali meliputi audio, visual, dan kinestetik. Untuk mengidentifikasi gaya belajar tersebut, siswa diarahkan untuk mengakses situs asesmen diagnostik gaya belajar melalui platform akupintar.id, tanpa menggunakan barcode. Aplikasi ini menyajikan 30 butir pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa, dan hasilnya menunjukkan kecenderungan gaya belajar masing-masing. Informasi ini kemudian digunakan sebagai dasar penyesuaian pembelajaran. Modul ini juga dilengkapi barcode yang mengarah pada perangkat ajat digital yang telah dikembangkan peneliti. Perangkat ajar tersebut berfungsi sebagai panduan selama proses pembelajaran dan memuat materi yang disesuaikan dengan hasil asesmen gaya belajar siswa. Misalnya, siswa dengan gaya belajar visual akan mendapatkan materi dalam bentuk infografis atau video, sementara siswa kinestetik diarahkan pada kegiatan praktik langsung. Selain itu, sebagai bentuk autentikasi dan apresiasi terhadap hasil belajar, siswa diarahkan untuk mempubliaksikan karya cerpen mereka melalui platform Wattpad. Proses ini tidak hanya menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri siswa, tetapi juga memperkenalkan mereka pada proses penulisan kreatif yang nyata dan bermakna. Inovasi ini menjadikan modul pembelajaran menulis cerpen di berbagai daerah dengan karakteristik siswa yang beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeoye, M. A., Adrian, K., Indra, S., Satya, M. S., & Septiarini, N. I. (2024). Revolutionizing Education : Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning. 13(1), 202–209. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i1.68624%0D

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. https://www.amazon.com/gp/product/1292042842?ie=UTF8&tag=secondprincip-20&camp=1789&linkCode=xm2&creativeASIN=1292042842

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Pendidikan, 6(2), 70–74.

Blaschke, L. M. (2012). Heutagogy and Lifelong Learning : A Review of Heutagogical Practice and Self-Determined Learning. The International Review Of Research In Open and Distance Learning, 13(1), 16.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (1st ed.). Springer. https://doi.org/DOI 10.1007/978-0-387-09506-6

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (J. Johnston (ed.); 8th ed.). Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Mayer, R. E. (2002). Multimedia Learning. The Psychology Of Learning And Motivation, 41, 85–139.

Molenda, M. (2003). In Search of the Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 5(42), 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information, 13(402), 20. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/info13090402

Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., & Novrika, S. (2021). Panduan: Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (J. P. Priyanto (ed.)). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., & Novrika, S. (2022). PANDUAN: Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.

Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan membaca nyaring melalui model pembelajaran pair check siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51.

Suratimah, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 138–154. https://doi.org/: https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.286

Tarihoran, E. (2017). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. 46–58.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times (1st ed.). Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Zimmerman, B. (2016). Becoming a Self-Regulated Learner : An Overview Becoming Learner : Self-Regulated Overview. Theory Into Practice, 41(2), 8. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102

Published

2025-09-29

How to Cite

Pratiwi Nur Zamzani, Djoko Saryono, & Kususbakti Andayani. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Penulisan Cerpen: Studi Pengembangan Modul untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4067–4078. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6041

Issue

Section

Articles

Categories