Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Penulisan Cerpen: Studi Pengembangan Modul untuk Siswa SMA/MA
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6041
Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, menulis cerpen, e-modulAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan modul pembelajaran individual yang berbeda dalam proses menulis cerpen untuk siswa di tingkat SMA/MA. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan pendekatan campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berasal dari hasil validais modul oleh para ahli pendidikan, praktisi, dan siswa. Teknik pengumpulan informasi melibatkan penyelidikan lapangan melalui kuesioner yang disebarkan kepada respondek terpilih bersama dengan observasi langsung serta wawancara mendalam dengan narasumber yang berkompoten di bidangnya. Modul pembelajaran mandiri yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri atas beberapa komponen utama, yaitu pendahuluan, peta konsep, tujuan pembelajaran, materi pokok menulis cerpen, lembar kegiatan siswa, refleksi pembelajaran dan evaluasi akhir. Modul ini dirancang dengan pendekatan berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar siswa yang teridentifikasi melalui asesmen diagnostik. Gaya belajar yang dikenali meliputi audio, visual, dan kinestetik. Untuk mengidentifikasi gaya belajar tersebut, siswa diarahkan untuk mengakses situs asesmen diagnostik gaya belajar melalui platform akupintar.id, tanpa menggunakan barcode. Aplikasi ini menyajikan 30 butir pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa, dan hasilnya menunjukkan kecenderungan gaya belajar masing-masing. Informasi ini kemudian digunakan sebagai dasar penyesuaian pembelajaran. Modul ini juga dilengkapi barcode yang mengarah pada perangkat ajat digital yang telah dikembangkan peneliti. Perangkat ajar tersebut berfungsi sebagai panduan selama proses pembelajaran dan memuat materi yang disesuaikan dengan hasil asesmen gaya belajar siswa. Misalnya, siswa dengan gaya belajar visual akan mendapatkan materi dalam bentuk infografis atau video, sementara siswa kinestetik diarahkan pada kegiatan praktik langsung. Selain itu, sebagai bentuk autentikasi dan apresiasi terhadap hasil belajar, siswa diarahkan untuk mempubliaksikan karya cerpen mereka melalui platform Wattpad. Proses ini tidak hanya menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri siswa, tetapi juga memperkenalkan mereka pada proses penulisan kreatif yang nyata dan bermakna. Inovasi ini menjadikan modul pembelajaran menulis cerpen di berbagai daerah dengan karakteristik siswa yang beragam.
Downloads
References
Adeoye, M. A., Adrian, K., Indra, S., Satya, M. S., & Septiarini, N. I. (2024). Revolutionizing Education : Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning. 13(1), 202–209. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i1.68624%0D
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. https://www.amazon.com/gp/product/1292042842?ie=UTF8&tag=secondprincip-20&camp=1789&linkCode=xm2&creativeASIN=1292042842
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Pendidikan, 6(2), 70–74.
Blaschke, L. M. (2012). Heutagogy and Lifelong Learning : A Review of Heutagogical Practice and Self-Determined Learning. The International Review Of Research In Open and Distance Learning, 13(1), 16.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (1st ed.). Springer. https://doi.org/DOI 10.1007/978-0-387-09506-6
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (J. Johnston (ed.); 8th ed.). Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.
Mayer, R. E. (2002). Multimedia Learning. The Psychology Of Learning And Motivation, 41, 85–139.
Molenda, M. (2003). In Search of the Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 5(42), 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508
Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information, 13(402), 20. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/info13090402
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., & Novrika, S. (2021). Panduan: Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (J. P. Priyanto (ed.)). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., & Novrika, S. (2022). PANDUAN: Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.
Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan membaca nyaring melalui model pembelajaran pair check siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51.
Suratimah, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 138–154. https://doi.org/: https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.286
Tarihoran, E. (2017). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. 46–58.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times (1st ed.). Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Zimmerman, B. (2016). Becoming a Self-Regulated Learner : An Overview Becoming Learner : Self-Regulated Overview. Theory Into Practice, 41(2), 8. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Pratiwi Nur Zamzani, Djoko Saryono, Kususbakti Andayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.