Pengaruh Media Komik terhadap Keterampilan Membaca Cerpen
https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.608
Keywords:
Media Komik, Keterampilan Membaca, CerpenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh pengaruh media komik terhadap keterampilan membaca cerpen. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan jenis Pre-test and Post-test Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling purposive, yang diperoleh populasi penelitian adalah siswa SMP IT Wawonduru dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Pada analisis data pre-test diperoleh data bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil post-test siswa kontrol dan eksperimen yang terlihat dari hasil nalisis memperoleh nilai t-hitung sebanyak 8,433 dan memperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 dengan (p < 0,05). Analisis t-test hasil t-hitung sebesar 5,351 mendapat signifikan sebanyak 0.030 dengan (p < 0,05) sehingga berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis independent sample t-test pada data N-gain terhadap masing-masing kelas dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh media komik pada keterampilan membaca cerpen siswa.
Downloads
References
Astuti, P. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Media Komik Berbahasa Inggris Pada Siswa Kelas Viii Mts. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 1–7.
Berti, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Dengan Metode P2R Dan Berpikir-Berpasangan-Berbagi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1234–1242.
Fita, M., Untari, A., & Saputra, A. A. (2016). Keefektifan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2354
Hartani, A., & Faturahman, I. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerpen Melalui Model Picture And Picture Berbantuan Media Cd Cerita Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kredo, 2(1), 17–38.
In’am, A., & Islamiati, N. (2018). An Analysis of Students ’ Mathematical Disposition using the Comic Media in Learning Geometry. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Vol. 231, pp. 212–215).
Irawan, L., Yliani, E., & Januardi. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Di SMK PGRI 1 Palembang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Neraca, 3(1), 99–107.
Irsalina, Y., Yuliana, R., Alamsyah, T. P., & Sultan. (2020). Primary: jurnal pendidikan guru sekolah dasar. Pengembangan media busy book berbasis metode global pada pembelajaran membaca permulaan, 9(4), 527–539.
Istigfara, T., & Afnita. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1).
Ledina, H., & sumiyadi, Ma’mur, S. (2020). Model Know , Want To Know , Learned ( KWL ) Dalam Pembelajaran Membaca Cerita Pendek Siswa SMP Kelas IX. Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 101–108.
Nasrulloh, M. F., Hanik, S., & Satiti, W. S. (2020). E-Comic Learning Media Based Problem Based Learning In Subject of Linear Equation System. Jurnal Hipotenusa, 2(1).
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The Development Of Gravity Comic Learning Media Based On Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344
Pardimin, & Widodo, S. (2017). Development Comic Based Problem Solving in Geometry. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 12(3).
Puspitasari, A. (2017). Kemampuan Menulis Cerpen ( Studi Korelasional pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta ). Jurnal SAP, 1(3), 249–258.
Putri, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Teknik Copy The Master Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania. Jurnal Pendidikan Rokania, 2(1), 30–47.
Rizky, A. V., Oktaviany, V., & Ayuningrum, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerpen melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (pp. 298–304).
Tarsinih, E. (2018). Kajian terhadap nilai-nilai sosial dalam kumpulan cerpen “rumah malam di mata ibu” karya alex r. Nainggolan sebagai alternatif bahan ajar. Bahtera Indonesia : Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 70–81.
Yulia, N. (2018). Developing Teaching Materials Using Comic Media to Enhance Students ’ Mathematical Communication. In IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012110
Yulisna Risa. (2017). Kontribusi kemampuan memahami cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Jurnal gramatika Jurnal: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 72–83.
Yunidar, I., & Darmawan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Online, 5(4), 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.