Bahasa Daerah Makassar di Kecamatan Binamu: Studi Pemertahanan Bahasa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6119
Keywords:
bahasa daerah, Makassar, Gen Z, pemertahanan bahasaAbstract
Semakin pesatnya perkembangan zaman dan meningkatnya dominasi bahasa Indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari menimbulkan penurunan penggunaan bahasa daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi pemertahanan bahasa daerah Makassar pada generasi Z ditengah maraknya penggunaan bahasa Indonesia. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan prosedur penelitian observasi, wawancara, dan kuesioner, serta menganalisis menggunakan teknik analisis Spradley untuk melihat domain dan realitas sosial dalam penggunaan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi bahasa daerah Makassar saat ini masih bertahan di kalangan Gen Z. Meskipun B1 mereka bahasa Indonesia, tetapi mereka masih menggunakan bahasa daerah ketika berinteraksi. Peneliti juga menemukan fakta bahwa beberapa di antara mereka menggunakan bahasa daerah Makassar sebagai B1. Peralihan penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah pada Gen Z di Kec. Binamu sangat baik. Meskipun kebanyakan orang tua memberikan bahasa Indonesia sebagai B1, tetapi mereka tetap mengajarkan bahasa daerah Makassar kepada anaknya.
Downloads
References
Astuti, D., Kaharuddin, K., & Gusnawaty, G. (2023). Relasi Kekerabatan Dialek Konjo dan Dialek Laikung Bahasa Makassa: Pendekatan Dialektologi. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 10-21.
Badan Pusat Statistik. (2020). Hasil Long Form Sensus Penduduk. Kabupaten Jeneponto.
Berahima, A. M. A., & Fiddienika, A. (2024). Pemertahanan Bahasa Perantau Di Kota Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 278-289.
Fransori, A., Irwansyah, N., & Parwis, F. Y. (2023). Pemertahanan Bahasa dan Budaya pada Masyarakat di Era Literasi Digital. Journal on Education, 5(2), 4410-4420.
Karmila, A. (2017). Bergesernya Penggunaan Kosakata Bahasa Konjo Dan Pengaruhnya Terhadap Perbendaharaan Kata Penutur Di Kecamatan Kindang Bulukumba. ASOSIASI PROGRAM PASCASARJANA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH ‘AISYIYAH (APPPTMA).
Mustary, M., Iswary, E., & Hasjim, M. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Dialek Makassar dalam Kegiatan Pembelajaran di SMA Negeri 6 Maros: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Ilmu Budaya, 6(2), 230-239.
Pratama, R. (2022). Macam-Macam Dialek Bahasa Inggris dan Potensinya dalam Memunculkan Kesalahpahaman pada Komunikasi Lintas Budaya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(4), 445-454.
Rabiah, S. (2018). Revitalisasi bahasa daerah Makassar melalui pengembangan bahan ajar bahasa makassar sebagai muatan lokal.
Rendika, R., Wardarita, R., & Ali, M. (2022). Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa Komering. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 6(1), 194-202.
Syawaldi MY. (2020). Pemertahanan Bahasa Melayu Ketapang (Penelitian Etnografi pada Masyarakat Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang)
Supriyadi, A. (2020). Perubahan, Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa. Cakrawala Bahasa, 9(2), 36-48.
Susanto, A., & Nur, T. (2022). Bahasa Melayu Betawi di Era Globalisasi Studi Pemertahanan Bahasa. Universitas Nasional.
Huraerah, A. (2023). Pemertahanan Bahasa Makassar pada masyarakat Buntusu Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar= The Preservation of Makassar Language in the Buntusu Community (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.