Efektivitas Media Dadu Cerita dalam Menulis Cerita Pendek Bahasa Sunda
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6149
Keywords:
dadu bercerita, media pembelajaran, cerita pendekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media dadu bercerita dalam pembelajaran menulis carita pendek Bahasa Sunda meliputi perbedaan antara sebelum menggunakan media dadu cerita dan setelah menggunakan media dadu cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni dengan desain pretest-postest pada siswa sekolah menengah pertama (SMP) Muhammadiyah IV Margahayu Kabupaten Bandung. Metode ini digunakan untuk mengetahui hasil awal siswa dalam menulis cerita pendek, hasil menulis siswa setelah diberikan treatment, dan mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas control. Instrumen penelitian mencakup tes menulis cerita pendek dan observasi terhadap penggunaan media dadu bercerita. Hasil penelitian menunjukan bahwa media dadu cerita efektif dalam kemampuan belajar siswa dalam menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil yang diperoleh hasil pretest kelas eksperimen sebesar 76 dan hasil posttest sebesar 90. Sedangkan hasil pretest kelas control adalah 71 dan hasil postest kelas control sebesar 80. Kenaikan yang didapat oleh kelas eksperimen sebesar 14 dan kelas control sebesar 7, ini membuktikan adanya perbedaan hasil yang jauh lebih meningkat pada kelas eksperimen. Bedasarkan hasil pretest dan posttest yang diperoleh, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent yang memperoleh hasil sebesar 0,123 menunjukan bahwa hasil pretest dan posttest berbeda secara signifikan, yakni media dadu bercerita dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek Bahasa Sunda. Selain itu, siswa menunjukan respons positif terhadap penggunaan media ini, karena membantu mereka lebih mudah dalam mengembangkan ide cerita. Dengan demikian, media dadu bercerita dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran menulis cerita pendek dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran Bahasa Sunda.
Downloads
References
Ambarsari, D., Riantika, A., & Khosiyono, B. H. C. (2023, August). Pemanfaatan Media Ajar Dadu Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar ISSN: XXXX-XXXX (Vol. 1, pp. 277-286).
Cipta, P. R., & Regresi, U. P. L. S. (1999). Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Jurnal Gerbang, 8(1).
Creswell et.al. (2003). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. International Educational and Proffesional Publisher. Diakses Februari 2015. Tersedia: http://isites.harvard.edu/fs/docs/icb.topic1334586.files/2003
Efendi M. Syahrun. (2013). Desain Eksperimental dalam penelitian pendidikan.pdf. Jurnal Perspektif Pendidikan, Vol. 6.
Egista, E., Haryanto, & Mustofa, H. A. (2025). The Effectiveness of Augmented Reality as aLearning Medium in Enhancing Students ’ Motivation and Their Ability to Analyze Physics Concepts. Indonesian Journal of Science Education, 13 (1), 202 – 212.
Endah Nur Ilahi, T., Kuswari, U., & Santosa Nugraha, H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Mendongeng Menggunakan Media Pop-Up Book. LOKABASA, 11(2), 207–217. https://doi.org/10.17509/jlb.v11i2
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.
Fenuku, S. D. (2024). The Core Aspects Of Effective Language Pedagogy: Listening, Speaking, Writing And Reading. Jurnal Smart, 10(2), 132–154. https://doi.org/10.52657/js.v10i2.2345
Hady Prasetya, K., Kusuma, A., Syahamah, A., Marsella, D., & Sinambela, S. M. (2024). Pelatihan Menulis Teks Cerita Pendek Sebagai Keterampilan Bahasa Pada Siswa di SMP Negeri 18 Penajam Paser Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1494–1501. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8963
Hermawan, A. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. 2020. “Improving Accounting Student Writing Skills Using Writing Circles”. Journal of Accounting Education, 53, 100694.
Jakawali, G., & Santosa Nugraha, H. (2023). Media Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Guguritan. LOKABASA, 14(1), 54–65. https://doi.org/10.17509/jlb.v14i1.58933
Juniarti, Y. (2020, January). Pentingnya keterampilan menulis akademik bagi mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang. In Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 185-189).
Khoirunnisa, N., Lintang Kusumawardani, Umi Virgianti, & Rani Setiawaty. (2024). Pemanfaatan Media Dadu Bergambar Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Iv Sdn Mlatiharjo 2. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 191–202. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3832
Nurjanah, N., Sudaryat, Y., Haerudin, D., Koswara, D., Kuswari, U., Kosasih, D., & Ruhaliah, R. (2022). Penyuluhan Kurikulum Merdeka Dan Capaian Pembelajaran Bahasa Sunda Bagi Guru-Guru Smp Di Wilayah Dinas Pendidikan Kota Bandung. Dimasatra, 3(1), 1–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra/article/view/55263
Maulina, H., Intiana, S. R. H., & Safruddin (2021). Analisis kemampuan menulis cerpen siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 6, halaman 1. ISSN: 2502-7069 (Print), 2620-8326 (Online).
Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.
Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148.
Shaffiyah, S. M., & Yoyo Zakaria Ansori, M. (2024, November). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair And Share Berbantu Media Dadu Bercerita Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 6, pp. 119-124).
Sugiyono. (2012). buku Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono
Download buku metode penelitian pendidikan sugiyono.
Sulvan Waruwu, L. (n.d.). FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Smp Swasta Kristen Bnkp Telukdalam Kelas IX-2. 1(2). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU
Vebrianto, R., Thahir, M., Putriani, Z., Mahartika, I., & Ilhami, A. (2020). Mixed methods research: Trends and issues in research methodology. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(2), 63-73.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.