Efektivitas Media Dadu Cerita dalam Menulis Cerita Pendek Bahasa Sunda

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6149

Authors

  • Virly Rayghita Davalenne Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dingding Haerudin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Haris Santosa Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

dadu bercerita, media pembelajaran, cerita pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media dadu bercerita dalam pembelajaran menulis carita pendek Bahasa Sunda meliputi perbedaan antara sebelum menggunakan media dadu cerita dan setelah menggunakan media dadu cerita. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni dengan desain pretest-postest pada siswa sekolah menengah pertama (SMP) Muhammadiyah IV Margahayu Kabupaten Bandung. Metode ini digunakan untuk mengetahui hasil awal siswa dalam menulis cerita pendek, hasil menulis siswa setelah diberikan treatment, dan mengetahui  perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas control. Instrumen penelitian mencakup tes menulis cerita pendek dan observasi terhadap penggunaan media dadu bercerita. Hasil penelitian menunjukan bahwa media dadu cerita efektif dalam kemampuan belajar siswa dalam menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil yang diperoleh hasil pretest kelas eksperimen sebesar 76 dan hasil posttest sebesar 90. Sedangkan hasil pretest kelas control adalah 71 dan  hasil postest kelas control sebesar 80. Kenaikan yang didapat oleh kelas eksperimen sebesar 14 dan kelas control sebesar 7, ini membuktikan adanya perbedaan hasil yang jauh lebih meningkat pada kelas eksperimen. Bedasarkan hasil pretest dan posttest yang diperoleh, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent yang memperoleh hasil sebesar 0,123 menunjukan bahwa hasil pretest dan posttest berbeda secara signifikan, yakni media dadu bercerita dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek Bahasa Sunda. Selain itu, siswa menunjukan respons positif terhadap penggunaan media ini, karena membantu mereka lebih mudah dalam mengembangkan ide cerita. Dengan demikian, media dadu bercerita dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran menulis cerita pendek dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran Bahasa Sunda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarsari, D., Riantika, A., & Khosiyono, B. H. C. (2023, August). Pemanfaatan Media Ajar Dadu Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar ISSN: XXXX-XXXX (Vol. 1, pp. 277-286).

Cipta, P. R., & Regresi, U. P. L. S. (1999). Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Jurnal Gerbang, 8(1).

Creswell et.al. (2003). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. International Educational and Proffesional Publisher. Diakses Februari 2015. Tersedia: http://isites.harvard.edu/fs/docs/icb.topic1334586.files/2003

Efendi M. Syahrun. (2013). Desain Eksperimental dalam penelitian pendidikan.pdf. Jurnal Perspektif Pendidikan, Vol. 6.

Egista, E., Haryanto, & Mustofa, H. A. (2025). The Effectiveness of Augmented Reality as aLearning Medium in Enhancing Students ’ Motivation and Their Ability to Analyze Physics Concepts. Indonesian Journal of Science Education, 13 (1), 202 – 212.

Endah Nur Ilahi, T., Kuswari, U., & Santosa Nugraha, H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Mendongeng Menggunakan Media Pop-Up Book. LOKABASA, 11(2), 207–217. https://doi.org/10.17509/jlb.v11i2

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.

Fenuku, S. D. (2024). The Core Aspects Of Effective Language Pedagogy: Listening, Speaking, Writing And Reading. Jurnal Smart, 10(2), 132–154. https://doi.org/10.52657/js.v10i2.2345

Hady Prasetya, K., Kusuma, A., Syahamah, A., Marsella, D., & Sinambela, S. M. (2024). Pelatihan Menulis Teks Cerita Pendek Sebagai Keterampilan Bahasa Pada Siswa di SMP Negeri 18 Penajam Paser Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1494–1501. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8963

Hermawan, A. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. 2020. “Improving Accounting Student Writing Skills Using Writing Circles”. Journal of Accounting Education, 53, 100694.

Jakawali, G., & Santosa Nugraha, H. (2023). Media Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Guguritan. LOKABASA, 14(1), 54–65. https://doi.org/10.17509/jlb.v14i1.58933

Juniarti, Y. (2020, January). Pentingnya keterampilan menulis akademik bagi mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang. In Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 185-189).

Khoirunnisa, N., Lintang Kusumawardani, Umi Virgianti, & Rani Setiawaty. (2024). Pemanfaatan Media Dadu Bergambar Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Iv Sdn Mlatiharjo 2. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 191–202. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3832

Nurjanah, N., Sudaryat, Y., Haerudin, D., Koswara, D., Kuswari, U., Kosasih, D., & Ruhaliah, R. (2022). Penyuluhan Kurikulum Merdeka Dan Capaian Pembelajaran Bahasa Sunda Bagi Guru-Guru Smp Di Wilayah Dinas Pendidikan Kota Bandung. Dimasatra, 3(1), 1–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra/article/view/55263

Maulina, H., Intiana, S. R. H., & Safruddin (2021). Analisis kemampuan menulis cerpen siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 6, halaman 1. ISSN: 2502-7069 (Print), 2620-8326 (Online).

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.

Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-148.

Shaffiyah, S. M., & Yoyo Zakaria Ansori, M. (2024, November). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair And Share Berbantu Media Dadu Bercerita Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 6, pp. 119-124).

Sugiyono. (2012). buku Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono

Download buku metode penelitian pendidikan sugiyono.

Sulvan Waruwu, L. (n.d.). FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Smp Swasta Kristen Bnkp Telukdalam Kelas IX-2. 1(2). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU

Vebrianto, R., Thahir, M., Putriani, Z., Mahartika, I., & Ilhami, A. (2020). Mixed methods research: Trends and issues in research methodology. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(2), 63-73.

Published

2025-07-01

How to Cite

Davalenne, V. R., Haerudin, D., & Nugraha, H. S. (2025). Efektivitas Media Dadu Cerita dalam Menulis Cerita Pendek Bahasa Sunda. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 2976–2989. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6149

Issue

Section

Articles

Categories