Analisis Kesalahan Penempatan Kata Bantu Struktur “地” de dalam Kalimat Bahasa Mandarin
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6556
Keywords:
bahasa mandarin, kesalahan berbahasa, struktur “地” de, analisis kesalahan, pembelajaran bahasa asingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk kesalahan serta faktor penyebabnya dalam penggunaan kata bantu struktur “地” de sebagai penghubung antara keterangan dan inti predikat dalam Bahasa Mandarin. Struktur “地” de memiliki aturan khusus yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu wajib pakai, tidak boleh pakai, dan bebas pakai. Namun, pemelajar kerap melakukan kesalahan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi terhadap hasil kerja tertulis 23 mahasiswa semester 2 Program Studi S-1 Sastra China Universitas Kristen Maranatha tahun akademik 2022/2023. Instrumen penelitian berupa 20 butir soal kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan mahasiswa cukup tinggi: hanya 9 dari 20 soal yang dijawab benar oleh lebih dari 50% responden. Soal nomor 5 memiliki tingkat kesalahan tertinggi, yakni sebanyak 19 orang (79,16%), sedangkan soal nomor 14 memiliki tingkat kesalahan terendah, yaitu 7 orang. Sebanyak 11 soal memiliki persentase kesalahan di atas 50% responden. Data ini menunjukkan bahwa para responden belum memahami secara teoritis aturan penempatan dan penggunaan struktur “地” de, baik kategori wajib, tidak boleh, maupun bebas pakai. Kurangnya pemahaman terhadap aspek gramatikal ini menunjukkan perlunya penguatan materi ajar dan literatur pendukung yang lebih eksplisit dalam menjelaskan fungsi dan aturan penggunaan struktur “地” de dalam Bahasa Mandarin.
Downloads
References
Angela, S., Markali, A. G., & Chun-I, K. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Bantu Struktural “的,得,地” Pada Mahasiswa Angkatan 2017. CenturyAnalisis Kesalahan Penggunaan Kata Bantu Struktural “的,得,地” Pada Mahasiswa Angkatan 2017, 5(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/century.6.2.1-11
Anggito, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Azis, A. (2009). Menulis Lanjut. Garut: YAF Garut Jawa Barat.
Hastuti, S. (2003). Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: PT. Mitra Gama Widya.
Jufri, J. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa.
Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153.
Ramlan, M. (2017). Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.
Satriani, N. A. (2017). Analisis kesalahan penggunaan kata bantu aspek 了, 着, 过 pada mahasiswa semester IV program studi pendidikan bahasa Mandarin (Skripsi, Universitas Negeri Semarang). Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suparto. (2003). Tata Bahasa Mandarin Itu Mudah. Jakarta: Puspa Swara.
Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran bahasa: Sebuah pendekatan konstruktivisme. Bandung: Angkasa .
Tarigan, H. G. (2021). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Y.A. Romadloni, & R. Mantasiah. (2017). Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Asian EFL Journal, 98, 61–73.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Imelda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.