Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman (Somatic, Audiotory, Visual, Intelektual) di Kelas V SDN 112/II Purwo Bakti
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6912
Keywords:
Model SAVI, Keterampilan Membaca Pemahaman, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah DasarAbstract
Rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 112/II Purwo Bakti menjadi permasalahan yang perlu diatasi, ditunjukkan oleh banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual). Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada 21 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk menilai aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada proses pembelajaran dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Observasi aktivitas guru meningkat dari 69% (cukup) pada siklus I menjadi 84% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 60% (cukup) menjadi 85% (baik). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 60% (belum tuntas) pada siklus I menjadi 85% (tuntas) pada siklus II. Penerapan model pembelajaran SAVI terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa.
Downloads
References
Chalimah, N., Soeyono, R. D., Sulandjari, S., & Romadhoni, I. F. (2020). Kajian Tentang Pemanfaatan Model Pembelajaran Intelektual Ringan. Jurnal Tata Boga, 9(2), 807–813.
Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73
Maisyaroh, N., Nafi’ah, N., Kasiyun, S., & Mariati, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Keterampilan Membaca Siswa SDN Kupang 3 Jabon. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 446–453. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.781
Nurhasanah, Hopeman, T. A., & Jakfar, A. E. (2024). Kajian Literatur Review: Penerapan Model Pembelajaran Savi sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 172–184. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.236
Purba, H. M., Zainuri, H. S., Syafitri, N., & Ramadhani, R. (2023). Aspek-Aspek Membaca Dan Pengembangan Dalam Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 179–192. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1025
Rahmawati, & Kasriman. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Berbantuan Media Power point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(3), 3736–3746. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Suparman, S., Herdiana, B., & Darmawati, D. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Percakapan Masyarakat Kecamatan Lamasi. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(3), 1961-1975.
Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.801
Shidqi, T. S., & Budi, S. (2023). Penggunaan Metode Multisensori untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22076–22079. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/10032%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/10032/8123
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Lara Oktapiya Reni Guswita Iri Hamzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.