Pemanfaatan Multimodalitas Linguistik-Visual dalam Mendukung Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kajian Teoretis
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7022
Keywords:
Multimodalitas; Linguistik-visual; Pemahaman Siswa; Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa untuk memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia jika hanya mengandalkan komunikasi verbal saja, padahal untuk memaknai wacana atau kalimat tidak hanya dibutuhkan elemen linguistik, tetapi juga diperlukan metode komunikasi non-verbal seperti elemen visual yaitu gambar, diagram, dan tata letak. Elemen-elemen ini bisa diperoleh melalui multimodalitas. Maka dari itu, penelitian ini dibuat untuk mengkaji secara kualitatif terkait pemanfaatan multimodalitas linguistik-visual dalam mendukung pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun metode yang digunakan adalah kepustakaan dengan mengandalkan beragam sumber pustaka. Melalui riset ilmiah dari berbagai buku, hasil penelitian yang relevan, dan beragam artikel jurnal disimpulkan bahwa multimodalitas linguistik-visual dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan linguistik, siswa dapat memahami materi secara mendalam melalui struktur teks dan kosakata yang mewakili pesan. Dengan elemen visual, siswa dapat memahami materi melalui bantuan dari gambar, diagram, dan tata letak. Kedua elemen ini dapat saling bekerja sama untuk menyampaikan pesan. Oleh karena itu, diharapkan hasil penelitian ini dapat berimplikasi pada pengajaran Bahasa Indonesia terkhususnya pada pertimbangan guru untuk memanfaatkan multimodalitas linguistik-visual dalam pembelajaran.
Downloads
References
Akbar, T., Anto, P., & Andrijanto, M. S. (2020). Mural as a medium of language learning in preschool education. HORTATORI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 66–72. https://doi.org/10.30998/jh.v4i1.319
Amalia, D. R., Sari, N. D. P., Saputra, A. A., & Alfaruq, U. (2020). Linguistik Perspektif Ferdinand De Saussure dan Ibn Jinni. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(2), 163–182. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i02.1900
Atmojo, A. E. P. (2021). Perceptions on the Use of Movies and Multimodal Aspects for Teaching Conversational Competence to Porter Students. ELT Worldwide, 8(1), 1–7.
Budijanto, J. B., & Setyaningsih, Y. (2022). Dimensi-dimensi autentik multimodalitas sosial-semiotik pembelajaran afiksasi dalam morfologi kontekstual. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 238–254. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21743
Budijanto, J. B., Setyaningsih, Y., & Rahardi, R. K. (2022). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Morfologi Kontekstual Berbasis Multimodalitas. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 18(1), 47–55. https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.4837
Dewi, U. (2017). Multimodal Analysis on Advertisement of Bodrex in Electronic Media. Jurnal VISION, 11(11), 1–11. https://doi.org/10.30829/vis.v11i11.159
Djiwandono, P. I. (2021). Developing A Course of Multimodal Creative Writing. The New English Teacher, 15(2), 74–97.
Gantiano, H. E. (2017). Analisis Dampak Strategi Komunikasi Non Verbal. Dharma Duta: Jurnal Penerangan Agama Hindu, 15(1), 80–95.
Hermawan, B. (2013). Multimodality: Menafsir Verbal, Membaca Gambar, dan Memahami Teks. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 19–28. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i1.756
Istiqomah. (2016). Using The Multimodal Learning to Improve The Students’ Putcome in The Explanation Text About The Natural Phenomenon in XI MIA 2 Grade SMA Negeri 1 Jawa Timur. International Journal of Social Science and Humanities Research, 4(3), 596–602.
Izzati, N., Anida, Osma, Z., & Redzwan, H. F. M. (2020). Elemen Multimodaliti Dalam Karya Kartun Menerusi Mod Linguistik Dan Mod Visual. Rumpun Jurnal Persuratan Melayu, 8(2), 28–39.
Khusniyah, N. L. (2021). Analisis wacana. Mataram: Sanabil.
Kuntarto, E. (2021). Telaah Linguistik: Untuk Guru Bahasa (Revisi).
Kusumawati, T. R. I. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 83–98. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v6i2.6618
Maizura, T., Hartati, T., & Rahman. (2021). Multimodal Approach to Literation Practice in Primary School Students. International Conference on Elementary Education, 3(1), 133–138.
Mulyani, M., Sudrajat, I., Herdiah, I. S., Retno, N. A., Kusumayanthi, S., & Novianti, A. (2023). Implementasi Teks Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Aksara Raga, 5(2), 51–57. https://doi.org/10.37742/aksararaga.v5i2.85
Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. T. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Komunikasi Antarbudaya Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi, Kesehatan, Dan Ilmu Sosial, 5(2), 252–262.
Nur, S., Nurhadi, & Pratiwi, Y. (2023). Revolusi Buku Ajar Bermuatan Teks Multimodal Terintegrasi Media : Kurikulum Merdeka. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 377–396. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11769
Nuraflah, C. A., Luthfi, M., & Iwanda, M. S. (2019). Komunikasi Verbal dan Nonverbal: Strategi dalam Menghindari Konflik. Medan: Enam Media.
Ponny, M. R. (2022). Linguistik dalam Perspektif Ibnu Jinni dan Ferdinand De Saussure. Jurnal Ilmiah Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), 40–56. https://doi.org/10.30984/almashadir.v2i01.251
Pratama, G. N. I. P., & Suparman. (2019). Peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa pendidikan teknik sipil dan perencanaan, ft, uny melalui metode drill berbasis komunikasi verbal-non verbal. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28271
Putri, S. Y., Hamdina, W., Yani, M. D., Yanti, M. Y., & Satria, T. F. (2023). Pengaruh Media Komik Digital dan Media Teks Multimodal Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6650–6662. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12053
Rahardi, R. K. (2022). Multimodalitas sebagai Perspektif Baru Pembelajaran Pragmatik Edukasional : Persepsi Urgensi Inklusinya. Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 449–459. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10018
Rohana, & Syamsuddin. (2015). Analisis Wacana. Makassar: CV. Samudra Alif-Mim.
Rubyasih, A., & Nurjaman, E. Y. (2020). Komunikasi Non Verbal Guru Terhadap SIswa Tuna Netra (Studi Fenomenologi Komunikasi pada SLBN A Kota Bandung). Anterior Jurnal, 20(1), 71–77. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1587
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249
Sari, V. D. A., & Binawan, H. (2022). FCAM: Combination of Flipped-Classroom Approach and Multimodality For Learning Productive Skills Online. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 77–84.
Sembiring, D. M., Kuntarto, E., & Purba, A. (2023). Analisis Isi: Karakteristik Teks dalam Buku Bahasa Indonesia Pegangan Siswa SMA. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(1), 112–119. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6722
Setyaningsih, Y. (2023). Multimodalitas linguistis-visual dalam morfologi bahasa Indonesia : persepsi pemaduan dalam pengembangan desain pembelajaran. DIGLOSIA: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(4), 971–990. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.725
Subarna, R., Dewayani, S., & Setyowati, C. E. (2021). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Suparman, S., Herdiana, B., & Darmawati, D. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Percakapan Masyarakat Kecamatan Lamasi. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(3), 1961-1975.
Tandiana, S. T., Abdullah, F., Andriani, A., Hidayati, A. N., & Rosmala, D. (2024). The Mapping Multimodal Teaching Materials for Indonesian EFL Students : A Need Analysis. Vision: Journal for Language and Foreign Language Learning, 12(2), 147–168. https://doi.org/10.21580/vjv12i219990
Tusfiana, I. A., & Tryanasari, D. (2020). Kesulitan membaca pemahaman siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 78–85.
Yanti, C. D., Anggraeni, S. W., & Prihamdani, D. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. IJPSE: Indonesian Journal of Primary School Education, 1(2), 308–315. https://doi.org/10.36805/ijpse.v1i2.589
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Merlin Zarra, Rizki Niko Wahyuni, Hary Soedarto Harjono, Irma Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.