Pemanfaatan Multimodalitas Linguistik-Visual dalam Mendukung Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kajian Teoretis

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7022

Authors

  • Merlin Zarra Universitas Jambi
  • Rizki Niko Wahyuni Universitas Jambi
  • Hary Soedarto Harjono Universitas Jambi
  • Irma Suryani Universitas Jambi

Keywords:

Multimodalitas; Linguistik-visual; Pemahaman Siswa; Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa untuk memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia jika hanya mengandalkan komunikasi verbal saja, padahal untuk memaknai wacana atau kalimat tidak hanya dibutuhkan elemen linguistik, tetapi juga diperlukan metode komunikasi non-verbal seperti elemen visual yaitu gambar, diagram, dan tata letak. Elemen-elemen ini bisa diperoleh melalui multimodalitas. Maka dari itu, penelitian ini dibuat untuk mengkaji secara kualitatif terkait pemanfaatan multimodalitas linguistik-visual dalam mendukung pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun metode yang digunakan adalah kepustakaan dengan mengandalkan beragam sumber pustaka. Melalui riset ilmiah dari berbagai buku, hasil penelitian yang relevan, dan beragam artikel jurnal disimpulkan bahwa multimodalitas linguistik-visual dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan linguistik, siswa dapat memahami materi secara mendalam melalui struktur teks dan kosakata yang mewakili pesan. Dengan elemen visual, siswa dapat memahami materi melalui bantuan dari gambar, diagram, dan tata letak. Kedua elemen ini dapat saling bekerja sama untuk menyampaikan pesan. Oleh karena itu, diharapkan hasil penelitian ini dapat berimplikasi pada pengajaran Bahasa Indonesia terkhususnya pada pertimbangan guru untuk memanfaatkan multimodalitas linguistik-visual dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, T., Anto, P., & Andrijanto, M. S. (2020). Mural as a medium of language learning in preschool education. HORTATORI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 66–72. https://doi.org/10.30998/jh.v4i1.319

Amalia, D. R., Sari, N. D. P., Saputra, A. A., & Alfaruq, U. (2020). Linguistik Perspektif Ferdinand De Saussure dan Ibn Jinni. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(2), 163–182. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i02.1900

Atmojo, A. E. P. (2021). Perceptions on the Use of Movies and Multimodal Aspects for Teaching Conversational Competence to Porter Students. ELT Worldwide, 8(1), 1–7.

Budijanto, J. B., & Setyaningsih, Y. (2022). Dimensi-dimensi autentik multimodalitas sosial-semiotik pembelajaran afiksasi dalam morfologi kontekstual. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(2), 238–254. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21743

Budijanto, J. B., Setyaningsih, Y., & Rahardi, R. K. (2022). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Morfologi Kontekstual Berbasis Multimodalitas. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 18(1), 47–55. https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.4837

Dewi, U. (2017). Multimodal Analysis on Advertisement of Bodrex in Electronic Media. Jurnal VISION, 11(11), 1–11. https://doi.org/10.30829/vis.v11i11.159

Djiwandono, P. I. (2021). Developing A Course of Multimodal Creative Writing. The New English Teacher, 15(2), 74–97.

Gantiano, H. E. (2017). Analisis Dampak Strategi Komunikasi Non Verbal. Dharma Duta: Jurnal Penerangan Agama Hindu, 15(1), 80–95.

Hermawan, B. (2013). Multimodality: Menafsir Verbal, Membaca Gambar, dan Memahami Teks. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 19–28. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i1.756

Istiqomah. (2016). Using The Multimodal Learning to Improve The Students’ Putcome in The Explanation Text About The Natural Phenomenon in XI MIA 2 Grade SMA Negeri 1 Jawa Timur. International Journal of Social Science and Humanities Research, 4(3), 596–602.

Izzati, N., Anida, Osma, Z., & Redzwan, H. F. M. (2020). Elemen Multimodaliti Dalam Karya Kartun Menerusi Mod Linguistik Dan Mod Visual. Rumpun Jurnal Persuratan Melayu, 8(2), 28–39.

Khusniyah, N. L. (2021). Analisis wacana. Mataram: Sanabil.

Kuntarto, E. (2021). Telaah Linguistik: Untuk Guru Bahasa (Revisi).

Kusumawati, T. R. I. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2), 83–98. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v6i2.6618

Maizura, T., Hartati, T., & Rahman. (2021). Multimodal Approach to Literation Practice in Primary School Students. International Conference on Elementary Education, 3(1), 133–138.

Mulyani, M., Sudrajat, I., Herdiah, I. S., Retno, N. A., Kusumayanthi, S., & Novianti, A. (2023). Implementasi Teks Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Aksara Raga, 5(2), 51–57. https://doi.org/10.37742/aksararaga.v5i2.85

Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. T. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Komunikasi Antarbudaya Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi, Kesehatan, Dan Ilmu Sosial, 5(2), 252–262.

Nur, S., Nurhadi, & Pratiwi, Y. (2023). Revolusi Buku Ajar Bermuatan Teks Multimodal Terintegrasi Media : Kurikulum Merdeka. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 377–396. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11769

Nuraflah, C. A., Luthfi, M., & Iwanda, M. S. (2019). Komunikasi Verbal dan Nonverbal: Strategi dalam Menghindari Konflik. Medan: Enam Media.

Ponny, M. R. (2022). Linguistik dalam Perspektif Ibnu Jinni dan Ferdinand De Saussure. Jurnal Ilmiah Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), 40–56. https://doi.org/10.30984/almashadir.v2i01.251

Pratama, G. N. I. P., & Suparman. (2019). Peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa pendidikan teknik sipil dan perencanaan, ft, uny melalui metode drill berbasis komunikasi verbal-non verbal. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28271

Putri, S. Y., Hamdina, W., Yani, M. D., Yanti, M. Y., & Satria, T. F. (2023). Pengaruh Media Komik Digital dan Media Teks Multimodal Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6650–6662. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12053

Rahardi, R. K. (2022). Multimodalitas sebagai Perspektif Baru Pembelajaran Pragmatik Edukasional : Persepsi Urgensi Inklusinya. Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 449–459. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10018

Rohana, & Syamsuddin. (2015). Analisis Wacana. Makassar: CV. Samudra Alif-Mim.

Rubyasih, A., & Nurjaman, E. Y. (2020). Komunikasi Non Verbal Guru Terhadap SIswa Tuna Netra (Studi Fenomenologi Komunikasi pada SLBN A Kota Bandung). Anterior Jurnal, 20(1), 71–77. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1587

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Sari, V. D. A., & Binawan, H. (2022). FCAM: Combination of Flipped-Classroom Approach and Multimodality For Learning Productive Skills Online. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(2), 77–84.

Sembiring, D. M., Kuntarto, E., & Purba, A. (2023). Analisis Isi: Karakteristik Teks dalam Buku Bahasa Indonesia Pegangan Siswa SMA. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(1), 112–119. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6722

Setyaningsih, Y. (2023). Multimodalitas linguistis-visual dalam morfologi bahasa Indonesia : persepsi pemaduan dalam pengembangan desain pembelajaran. DIGLOSIA: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(4), 971–990. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.725

Subarna, R., Dewayani, S., & Setyowati, C. E. (2021). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Suparman, S., Herdiana, B., & Darmawati, D. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Percakapan Masyarakat Kecamatan Lamasi. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(3), 1961-1975.

Tandiana, S. T., Abdullah, F., Andriani, A., Hidayati, A. N., & Rosmala, D. (2024). The Mapping Multimodal Teaching Materials for Indonesian EFL Students : A Need Analysis. Vision: Journal for Language and Foreign Language Learning, 12(2), 147–168. https://doi.org/10.21580/vjv12i219990

Tusfiana, I. A., & Tryanasari, D. (2020). Kesulitan membaca pemahaman siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 78–85.

Yanti, C. D., Anggraeni, S. W., & Prihamdani, D. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. IJPSE: Indonesian Journal of Primary School Education, 1(2), 308–315. https://doi.org/10.36805/ijpse.v1i2.589

Published

2025-10-08

How to Cite

Zarra, M., Rizki Niko Wahyuni, Hary Soedarto Harjono, & Suryani, I. (2025). Pemanfaatan Multimodalitas Linguistik-Visual dalam Mendukung Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kajian Teoretis. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4102–4111. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7022

Issue

Section

Articles

Categories