ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN COGNITIVE LOAD THEORY

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7152

Authors

  • Iqrimah Nur Auliah Universitas Sulawesi Barat
  • Irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Asriani Universitas Sulawesi Barat
  • Nursia Universitas Sulawesi Barat
  • Selviana Universitas Sulawesi Barat
  • Andri Demmanambo Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Cognitive load theory, Beban kognitif, Kesulitan belajar matematika

Abstract

Tingginya angka kesulitan belajar matematika di tingkat SMP/MTs menuntut penahaman mendalam tentang faktor kognitif yang mendasarinya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kesulitan belajar matematika siswa dengan Cognitive Load Theory (CLT) untuk mengidentifikasi sumber beban kognitif yang menghambat pembelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria siswa yang menunjukkan kesulitan belajar matematika. Data dikumpulkan melalui lembar observasi yang mencakup pengamatan interaksi guru-siswa, keterlibatan siswa, dan respons terhadap materi, serta wawancara mendalam mengenai persepsi kesulitan, strategi pembelajaran, dan motivasi belajar dengan subjek penelitian yang meliputi guru matematika serta tujuh siswa kelas IX B MTs Guppi Majene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa bersumber dari tiga jenis beban kognitif, yaitu intrinsic cognitive load yang tinggi pada materi geometri dan aljabar, extraneous cognitive load akibat minimnya keterlibatan aktif siswa, serta germane cognitive load yang rendah karena motivasi dan strategi belajar yang tidak memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan. Journal Elmentary Education, 1(2), 28-40.

Chen, O., Kalyuga, S., & Sweller, J. (2016). Relations between the worked example and generation effects on immediate and delayed tests. Learning and Instruction, 45, 20-30. DOI: https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.06.007

Kalyuga, S., & Singh, A. M. (2016). Rethinking the boundaries of cognitive load theory in complex learning. Educational Psychology Review, 28(4), 831-852. DOI: https://doi.org/10.1007/s10648-015-9352-0

Mammarella, I. C., Caviola, S., & Dowker, A. (Eds.). (2019). Mathematics anxiety: What is known, and what is still missing. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780429199981

Paas, F., & Van Merrienboer, J. J. (2020). Cognitive-load theory: Methods to manage working memory load in the learning of complex tasks. Current Directions in Psychological Science, 29(4), 394-398. DOI: https://doi.org/10.1177/0963721420922183

Poltak, H., & Widjaja, R. R. (2024). Pendekatan metode studi kasus dalam riset kualitatif. Local Engineering, 2(1), 31-34. DOI: https://doi.org/10.59810/lejlace.v2i1.89

Safari, Y., & Nurhida, P. (2024). Pentingnya Pemahaman Konsep Dasar Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Karimah Tauhid, 3(9), 9817-9824. DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i9.14625

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sweller, J., Van Merrienboer, J. J., & Paas, F. G. (1998). Cognitive architecture and instructional design. Educational psychology review, 10(3), 251-296. DOI: https://doi.org/10.1023/A:1022193728205

Sweller, J., Van Merriënboer, J. J., & Paas, F. (2019). Cognitive architecture and instructional design: 20 years later. Educational psychology review, 31(2), 261-292. DOI: https://doi.org/10.1007/s10648-019-09465-5

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2020). What can be learned from growth mindset controversies? American psychologist, 75(9), 1269. DOI: https://doi.org/10.1037/amp0000794

Downloads

Published

2025-11-05

How to Cite

Auliah, I. N., Irmawati, I., Asriani, A., Nursia, N., Selviana, S., & Demmanambo, A. (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN COGNITIVE LOAD THEORY. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1661–1668. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7152

Most read articles by the same author(s)