PENGARUH KEBIJAKAN LARANGAN PENJUALAN BUKU LKS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7165

Authors

  • Rizky Kiki Hambali Universitas Singaperbangsa Karawang
  • David Pratama Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Kata Kunci: LKS, Kemandirian Belajar, Strategi Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kebijakan larangan penjualan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap kemandirian belajar siswa, serta menggali strategi guru dalam merespon keterbatasan sumber belajar yang ditimbulkan oleh kebijakan tersebut. Menggunakan pendekatan fenomenologi, studi ini melibatkan dua guru di SMP Negeri 4 Pabuaran sebagai partisipan utama. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik horizonalization, unit makna, dan deskripsi esensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan ini mendorong guru untuk meninggalkan metode pembelajaran konvensional berbasis LKS dan mengembangkan strategi inovatif seperti penggunaan LKPD, metode aktif, serta integrasi teknologi digital. Meskipun menghadapi tantangan seperti rendahnya motivasi siswa dan keterbatasan akses teknologi, guru berhasil menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai karakteristik siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebijakan pelarangan LKS dapat menjadi pemicu positif dalam membentuk kemandirian belajar siswa apabila diimbangi dengan kreativitas, komitmen, dan dukungan pedagogis yang konsisten dari guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

American, P. A. (2017). Ethical Principles of Psychologists and Code of Conduct. Washington: DC: APA.

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). SAGE Publications.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. SAGE. DOI: https://doi.org/10.1016/0147-1767(85)90062-8

Mauluda, S., Nuralmira, S., Robiah, S., & Iskandar, S. (2025). Analisis Inovasi Kurikulum Merdeka terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 224-238.

Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitatif Data Aanalyst: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moustakas, C. (1994). Phenomenological Research Methods. SAGE . DOI: https://doi.org/10.4135/9781412995658

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422-427.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods. SAGE Publications.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2, 1-8. Retrieved from l

Sabri, T. (2012). Memupuk kemandirian sebagai strategi pengembangan kepribadian individu siswa dalam belajar. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Suryadi, D., & Damayanti, C. (2003). Perbedaan tingkat kemandirian remaja puteri yang ibunya bekerja dan yang tidak bekerja. Jurnal Psikologi, 1, 1-28.

Wahyuningsih, I. D., Hidayat, A., & Lisnawati, C. (2019). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 85-94.

Yasi, R. M., & Astri, Z. (2024). Dampak Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Perbandingan. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 44-50. DOI: https://doi.org/10.46838/jbic.v5i1.622

Downloads

Published

2025-11-06

How to Cite

Hambali, R. K., & Pratama, D. (2025). PENGARUH KEBIJAKAN LARANGAN PENJUALAN BUKU LKS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1716–1725. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7165