KLASTERISASI HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7166

Authors

  • Nahdiatul Latifa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • David Pratama Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, K-Means

Abstract

Di era saat ini, dua keterampilan penting yang harus dimiliki oleh seorang pelajar adalah komunikasi dan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkategorikan keterampilan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa, serta untuk menentukan hubungan di antara keduanya. Pendekatannya adalah kuantitatif, menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X pada salah satu SMA Negeri di Karawang dan ukuran sampel yang digunakan sebanyak 82 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes berbasis uraian yang dirancang untuk menilai kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan K-Means Clustering dan uji korelasi Rank Spearman untuk memeriksa hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap klaster ada hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa, tetapi tidak signifikan secara statistik. Sebaliknya, pada keseluruhan sampel, terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif di antara siswa. Dengan demikian, hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif siswa signifikan pada keseluruhan sampel, tetapi tidak pada setiap klasternya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, A., Jovian, I., & Sari, B. N. (2020). Implementasi K-Means Clustering Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama di Indonesia Tahun 2018/2019. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 51. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1784 DOI: https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1784

Hakim, A. K., & Sopiany, H. N. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMAN 2 Klari pada Materi Statistika Menurut Teori Brunner. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 434–443. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1974 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1974

Kadir. (2008). Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matemtatika 2008, 2, 339–350.

Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388 DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388

Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021 DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

MacQueen, J. (1967). Some Methods fpr Classification and Analysis of Multivariate Observations. Proceedings of the Fifth Berkeley Symposium on Mathematical Statistics and Probability, Volume 1: Statistics, 5(1), 281–297. https://doi.org/10.1007/s11665-016-2173-6 DOI: https://doi.org/10.1007/s11665-016-2173-6

Nur Afidah, N. (2023). Penerapan Metode Clustering dengan Algoritma K-means untuk Pengelompokkan Data Migrasi Penduduk Tiap Kecamatan di Kabupaten Rembang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 729–738. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066 DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066

Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49–60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.818

Pratama, R., Aisyah, S. A., Putra, A. M., Sirodj, R. A., & Afgan, M. W. (2023). Correlational Research. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1754–1759. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1420 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1420

Riyanti, R., & Mardiani, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Course Review Horay dan STAD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.883 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1031

Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2), 1–38. https://doi.org/10.1177/002205741619600202 DOI: https://doi.org/10.1177/002205741619600202

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 29(3), 75–80. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x

Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049

Suputra, I., Candiasa, I., & Suryawan, I. (2021). Klasterisasi Hasil Ujian Nasional SMA/MA dengan Algoritma K-Means. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 22–30. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/25380

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Spldv. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 118–125. https://www.neliti.com/publications/502800/analisis-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-pada-materi-spldv.

Downloads

Published

2025-11-05

How to Cite

Latifa, N., & Pratama, D. (2025). KLASTERISASI HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1688–1704. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7166