HUBUNGAN STRATEGI COPING STRESS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7167
Keywords:
Strategi Coping Stres, Hasil Belajar Matematika, Emotion-Focused Coping, Problem-Focused CopingAbstract
Matematika sering kali menjadi salah satu mata pelajaran yang menimbulkan stres bagi siswa karena sifatnya yang abstrak dan menuntut kemampuan berpikir logis tinggi. Dalam menghadapi tekanan belajar tersebut, setiap siswa memiliki strategi coping stress yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi coping stress terhadap hasil belajar matematika siswa serta mengetahui strategi coping stress yang paling dominan digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.4, X.7, dan X.8 SMA Negeri 2 Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 102 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh 71 siswa dengan kriteria memiliki nilai matematika di bawah KKM. Data dari siswa tersebut dianalisis berdasarkan strategi coping stress yang digunakan. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket strategi coping stress berdasarkan teori Lazarus dan Folkman, serta dokumentasi nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) matematika. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi coping stress terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan nilai signifikansi 0,722 dan koefisien korelasi -0,043, dan (2) mayoritas siswa (61%) menggunakan strategi emotion-focused coping, sedangkan (39%) menggunakan problem-focused coping.
Downloads
References
Asodina, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Visual dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Aek Kuo Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Negeri Medan. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5654
Aziz, M. R. U., Zahroh, A., & Ulumuddin, I. (2024). Pengaruh Coping Stress Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN Jatiroto. KITABACA: Journal of Islamic Studies, 1(1). https://ejournal.kitabaca.id/index.php/kitabaca
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800 DOI: https://doi.org/10.29210/119800
Barus, S. A. B. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Mengubah Pecahan Biasa ke Persen Siswa Kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame Tahun Ajaran 2019/2020.
Ciptaningrum, N. (2023). Penerapan Strategi Coping dalam Mengatasi Stres Pada Mahasiswa yang Kuliah sambil Bekerja di Universitas Pamulang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed). SAGE Publications.
El Roy, B. G., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Problem Focused Coping pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi: Apakah Terkait dengan Efikasi Diri Akademik? Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(4), 644–652. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8773 DOI: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8773
Haholongan, R., Herjamy, F., Putra, F. G. P., & Gigir, M. (2024). Penyuluhan Mengelola Stres dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Jurnal BUDIMAS, 6(3), 1–9.
Idris, I., & Pandang, A. (2018). Efektivitas Problem Focused Coping dalam Mengatasi Stress Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.5896 DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.5896
Isnaini, H., & Fanreza, R. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 279–297. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1130 DOI: https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1130
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress Appraisal, and Coping. Springer Publishing Company.
Marni, & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1902–1910. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/621
Mutia, S., Sholihah, A., Cahyani, B., Damayanti, W. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SD 1 Gondosari. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasan dan Sastra, 2(3), 289–300. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014 DOI: https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1074
Oktafiani, N. T. (2020). Pengaruh Strategi Coping Stress Terhadap Stres Akademik Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Institut Agama Islam Negeri Kendari. DOI: https://doi.org/10.31332/kd.v2i1.2729
Prabu, P. S. (2015). A Study on Academic Stress among Higher Secondary Students. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 4(10), 2319–7722. www.ijhssi.org
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373 DOI: https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Sholichah, F. M., & Aini, A. N. (2022). Math Anxiety Siswa: Level Dan Aspek Kecemasan. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 1(2), 125–134. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.4374 DOI: https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.4374
Sinaga, M. A. J. (2015). Stres Akademik Antara Anak Taman Kanak-Kanak yang Mendapat Pengajaran Membaca dan Tidak Mendapat Pengajaran Membaca. Universitas Kristen Satya Wacana.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sukmawati, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 735.
Susanto, C. (2025). Pengaruh Stres Akademik dan Motivasi Akademik Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 86–95. https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.429 DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.429
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (1 ed.). Kencana.
Zahroh, F. L., & Hilmiyati, F. (2024). Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 1052–1063. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03. DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5049
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













