HUBUNGAN STRATEGI COPING STRESS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7167

Authors

  • Cintya Hana Widyaningtyas Universitas Singaperbangsa Karawang
  • David Pratama Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Strategi Coping Stres, Hasil Belajar Matematika, Emotion-Focused Coping, Problem-Focused Coping

Abstract

Matematika sering kali menjadi salah satu mata pelajaran yang menimbulkan stres bagi siswa karena sifatnya yang abstrak dan menuntut kemampuan berpikir logis tinggi. Dalam menghadapi tekanan belajar tersebut, setiap siswa memiliki strategi coping stress yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi coping stress terhadap hasil belajar matematika siswa serta mengetahui strategi coping stress yang paling dominan digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.4, X.7, dan X.8 SMA Negeri 2 Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 102 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh 71 siswa dengan kriteria memiliki nilai matematika di bawah KKM. Data dari siswa tersebut dianalisis berdasarkan strategi coping stress yang digunakan. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket strategi coping stress berdasarkan teori Lazarus dan Folkman, serta dokumentasi nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) matematika. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara strategi coping stress terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan nilai signifikansi 0,722 dan koefisien korelasi -0,043, dan (2) mayoritas siswa (61%) menggunakan strategi emotion-focused coping, sedangkan (39%) menggunakan problem-focused coping.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asodina, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Visual dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Aek Kuo Tahun Ajaran 2019/2020. Universitas Negeri Medan. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5654

Aziz, M. R. U., Zahroh, A., & Ulumuddin, I. (2024). Pengaruh Coping Stress Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN Jatiroto. KITABACA: Journal of Islamic Studies, 1(1). https://ejournal.kitabaca.id/index.php/kitabaca

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800 DOI: https://doi.org/10.29210/119800

Barus, S. A. B. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Mengubah Pecahan Biasa ke Persen Siswa Kelas IV SD Negeri 047166 Sukadame Tahun Ajaran 2019/2020.

Ciptaningrum, N. (2023). Penerapan Strategi Coping dalam Mengatasi Stres Pada Mahasiswa yang Kuliah sambil Bekerja di Universitas Pamulang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed). SAGE Publications.

El Roy, B. G., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Problem Focused Coping pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi: Apakah Terkait dengan Efikasi Diri Akademik? Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(4), 644–652. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8773 DOI: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.8773

Haholongan, R., Herjamy, F., Putra, F. G. P., & Gigir, M. (2024). Penyuluhan Mengelola Stres dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Jurnal BUDIMAS, 6(3), 1–9.

Idris, I., & Pandang, A. (2018). Efektivitas Problem Focused Coping dalam Mengatasi Stress Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.5896 DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.5896

Isnaini, H., & Fanreza, R. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 279–297. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1130 DOI: https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1130

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress Appraisal, and Coping. Springer Publishing Company.

Marni, & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1902–1910. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/621

Mutia, S., Sholihah, A., Cahyani, B., Damayanti, W. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SD 1 Gondosari. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasan dan Sastra, 2(3), 289–300. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014 DOI: https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1074

Oktafiani, N. T. (2020). Pengaruh Strategi Coping Stress Terhadap Stres Akademik Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Institut Agama Islam Negeri Kendari. DOI: https://doi.org/10.31332/kd.v2i1.2729

Prabu, P. S. (2015). A Study on Academic Stress among Higher Secondary Students. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 4(10), 2319–7722. www.ijhssi.org

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373 DOI: https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Sholichah, F. M., & Aini, A. N. (2022). Math Anxiety Siswa: Level Dan Aspek Kecemasan. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 1(2), 125–134. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.4374 DOI: https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.4374

Sinaga, M. A. J. (2015). Stres Akademik Antara Anak Taman Kanak-Kanak yang Mendapat Pengajaran Membaca dan Tidak Mendapat Pengajaran Membaca. Universitas Kristen Satya Wacana.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sukmawati, R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 735.

Susanto, C. (2025). Pengaruh Stres Akademik dan Motivasi Akademik Terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 86–95. https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.429 DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i1.429

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (1 ed.). Kencana.

Zahroh, F. L., & Hilmiyati, F. (2024). Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 1052–1063. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03. DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5049

Downloads

Published

2025-11-05

How to Cite

Widyaningtyas, C. H., & Pratama, D. (2025). HUBUNGAN STRATEGI COPING STRESS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1705–1715. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7167