PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIKA SISWA SMP
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7175
Keywords:
Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM) siswa di SMPN 2 Majalaya. Kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah menjadi dua kompetensi penting yang diperlukan siswa dalam memahami konsep dan menyelesaikan permasalahan matematika secara lebih mendalam. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Subjek dalam penelitian ini tersedia 40 siswa. Instrumen yang diberikan berupa tes dengan soal KBK sebanyak 4 soal dan KPM sebanyak 4 soal. Hasil data penelitian diolah menggunakan SPSS untuk di uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi linear sederhana. Hasil uji normalitas menunjukan bahwa residual berdistribusi normal dengan nilai signifikansi 0,108, sedangkan uji linearitas menunjukan hubungan linear antar KBK dan KPM dengan nilai sebesar 5,444. Hasil analisis regresi linear sederhana menyatakan bahwa persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 30,052 + 0,768X. Nilai R Square sebesar 0,125 menunjukan bahwa KBK hanya berpengaruh sebesar 12,5% terhadap KPM, sementara sisanya oleh variabel lain. Koefisien regresi sebesar 0,768, yang mengindikasikan bahwa hubungan antara kedua variabel berada pada kategori pengaruh sedang,. Oleh sebab itu, dalam penulisan ini bisa diintrepetasikan bahwasannya adanya pengaruh antara kemampuan berpikir kritis atas kemampuan pemecahan masalah.
Downloads
References
Agnafia, D. N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. 6(1), 45–53.
Agustina, K., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PheT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik SMA. 6(1).
Amin, M., & Ibrahim, M. (2022). META ANALISIS : KEEFEKTIFAN STEM TERHADAP. 4(2), 248–262.
Ardianingtyas, I. R., & Dwijayanti, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2(5), 401–408.
Awal, R., Rosadi, K. I., Hakim, L., & Diprata, A. W. (2023). Pengaruh Model Project-based Learning Terhadap Sikap Berfikir Kritis yaitu Kemampuan Menganalisis , Kemampuan Pemecahan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 691–698.
Firdausi, B. W., Yermiandhoko, Y., & Surabaya, U. N. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR. 11(2), 229–243.
Ginting, F., Buulolo, E., & Siagian, E. R. (2019). IMPLEMENTASI ALGORITMA REGRESI LINEAR SEDERHANA DALAM MEMPREDIKSI BESARAN PENDAPATAN DAERAH ( STUDI KASUS : DINAS PENDAPATAN KAB . DELI SERDANG ). 3, 274–279. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1602
Handayani, S. D. (2023). Pengaruh Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 3, 240–250.
Hartanti, N. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2(3), 267–274.
Hijriani, A., Muludi, K., & Andini, E. A. (2016). PENYAJIAN HASIL PREDIKSI PEMAKAIAN AIR BERSIH PDAM INFORMASI GEOFRAFIS. 11(2).
Hilaliyah, & Annisa, F. N. (2022). Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. 2(80), 125–133.
Khoirunnisya, R., Yurike, G. I., Susanti, E., & Sari, N. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi SPLDV. 4(1), 1–13.
Kusmanto, H. (2014). Pengaruh Berpikir Kristis Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. 3(1).
Lupita, D. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Matematika SMA Negeri di Jakarta Selatan. 3(2), 129–136.
Manurung, A. S., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. 5(2), 120–132.
Muariifa, H., Rohmah, I. A., Rianto, M. A., Subiki, & Sudarti. (2023). PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KETERBATASAN SUMBER ENERGI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 217–225.
Muhartini, A. A., Sahroni, O., Rahmawati, S. D., Mahuda, I., Bangsa, U. B., Linear, R. S., & Banten, P. (2021). Analisis peramalan jumlah penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan metode regresi linear sederhana. 1(1), 17–23.
Prihatiningtyas, D., Ariyanto, L., & Murtianto, Y. H. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 108–114. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5771
Puspitasari, E. (2017). JPD : Jurnal Pendidikan Dasar KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Erni Puspitasari Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Email : puspitahartono.alba8@gmail.com Pengaruh Disposisi Matematis dan Berpikir Kritis te. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 8.
Rosa, N. M., & Pujiati, A. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS. Jurnal Formatif, 6(3), 175–183.
Siswanto, R. D., & Ratnaningsih, R. P. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang dengan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 0291, 96–103.
Susanto, E., Susanta, A., & Rusdi. (2020). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Mahasiswa the Effectiveness of Project Based Learning in Term of the Students’ Abilities Problem Solving and Critical Thinking. The Original Research of Mathematics), 5(1), 61–68.
Trianggana, D. A. (2020). a Peramalan Jumlah Siswa-Siswi Melalui Pendekatan Metode Regresi Linear. Jurnal Media Infotama, 16(2), 115–120. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i2.1149
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp. 1(3), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.445-452
Zahroh, S. H., Parno, & Mufti, N. (2018). Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Model Search , Solve , Create , and Share ( SSCS ) Problem Solving disertai Conceptual Problem Solving ( CPS ) pada Materi. Jurnal Pendidikan, 3, 968–973.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













