INOVASI PEMBELAJARAN: APLIKASI DESMOS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7187

Authors

  • Saenab Universitas Muslim Maros
  • Khaerani Universitas Muslim Maros
  • Ernawati Universitas Muslim Maros

Keywords:

Inovasi pembelajaran, aplikasi desmos, kemampuan berpikir kritis siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi desmos pada siswa kelas VIII A SMP DDI Alliritengae Maros pada materi lingkaran. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design, pengambilan sampel dilakukan dengan purposive  sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII A SMP DDI Alliritengae Maros sebanyak 21 siswa pada tahun pembelajaran 2024/2025. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis siswa dan lembar observasi keaktifan yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji prasyarat analisis dan uji paired sample t-test sebagai uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa sebelum perlakuan indikator terlemah adalah inferensi dengan rata-rata 2,76. Setelah perlakuan, mengalami peningkatan dengan rata-rata mencapai 8,33. Selain itu, indikator klarifikasi meningkat dari rata-rata 6,19 menjadi 9,95 pada posttest, indikator asesmen dari 4,43 menjadi 10,48 dan strategi dengan rata-rata 3,71 menjadi 7,19 setelah posttest. Peningkatan ini selaras dengan hasil keseluruhan, di mana rata-rata skor pretest sebesar 35,655 meningkat menjadi 74,876 pada posttest. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikan maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A SMP DDI Alliritengae Maros antara sebelum dan setelah diterapkan inovasi pembelajaran aplikasi desmos pada materi lingkaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, D. S. F., & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Blyznyuk, T., & Kachak, T. (2024). Benefits of Interactive Learning for Students’ Critical Thinking Skills Improvement. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 11(1), 94–102. https://doi.org/10.15330/jpnu.11.1.94-102 DOI: https://doi.org/10.15330/jpnu.11.1.94-102

Haerunnisa, N., Pramita, D., Mandailina, V., Anwar, Y. S., Sudarwo, R., & Anam, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Aplikasi Desmos Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 1.

Hasannah, N., Solfema, S., & Syarifuddin, H. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 974–982. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.815 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.815

Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). KONSEP DASAR MATEMATIKA FONDASI UNTUK BERPIKIR. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12).

Janah, M., & Yasin, M. (2024). Strategi Pengembangan Keterampilan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Kurikulum Merdeka Abad 2.

Kristanto, Y. D., & Padmi, R. S. (2020). Using network analysis for rapid, transparent, and rigorous thematic analysis: A case study of online distance learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2). https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.33912 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.33912

Lubis, D. M., Adrianto, I., Azizi, M. F., Lubis, S. I. A. R., Sidauruk, V. P., & Siregar, B. H. (2024). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Desmos Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas IX SMP Swasta Utama Medan pada Materi Fungsi Kuadrat. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 655–663. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i4.844 DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i4.844

Maharani, I., Aulia, D., Yani, E. P., Nisa, R. K., & Tumanggor, S. H. (2024). Penggunaan Aplikasi Desmos dalam Menyelesaikan Persamaan Grafik Trigonometri. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(1), 29–35. DOI: https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i1.526

Meityastuti, I., & Wijaya, A. (2022). Jurnal Pedagogi Matematika. 39–48. https://doi.org/0.21831/jpm.v8i1.18555

Pasaribu, S. E., & Atifah, Y. (2020). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP yang Diajar Dengan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3). https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28918

Rachmantika, A. R. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443.

Rohana Silaen, Mutiara Lestari Aritonang, Feni Fantikasari Hasugian, Hendry Meiman Lahagu, & Melly A. Br.Sihombing. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 52–58. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1147 DOI: https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1147

Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 2(2), 175–184. DOI: https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1419

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290 DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Suryadinata, A. M. I. (2025). Metode Ceramah Dalam Pendidikan Islam (Keuntungan dan Keterbatasannya). Jurnal Kolaboratif Sains, 8(6). https://doi.org/10.56338/jks.v8i6.7674

Downloads

Published

2025-11-09

How to Cite

Saenab, S., Khaerani, K., & Ernawati, E. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN: APLIKASI DESMOS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1726–1741. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7187