ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN TEORI POLYA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7205

Authors

  • Almaida Harahap Universitas Negeri Medan
  • Nazwa Rizka Susanto Universitas Negeri Medan
  • Nurul Indah Klismei Agung Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kata kunci: analisis kesalahan, pemecahan masalah matematis, SPLDV, teori Polya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan langkah-langkah Polya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 15 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 27 Medan, dimana tiga siswa dipilih mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh melalui tes uraian dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan tinggi mampu mengikuti seluruh tahapan Polya dengan baik, siswa berkemampuan sedang mengalami kesalahan dalam menyusun model matematika, sedangkan siswa berkemampuan rendah tidak mampu menyelesaikan soal karena belum memahami konsep SPLDV. Kesalahan terbanyak terjadi pada tahap perencanaan dan pelaksanaan penyelesaian. Penerapan langkah Polya terbukti membantu mengidentifikasi kesalahan siswa secara sistematis serta memberikan dasar bagi guru untuk memperbaiki strategi pembelajaran pemecahan masalah matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, P. N., Khasanah, S. umi N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1025. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1025-1036 DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1025-1036

Cahya Permata, D., & Mustika, J. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 6(2), 81–90. https://doi.org/10.36765/jp3m.v6i2.631 DOI: https://doi.org/10.36765/jp3m.v6i2.631

Harinda, V. D., Tumalun, N. K., & Regar, V. E. (2023). Pengaruh Langkah Polya Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2349–2358. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2572 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2572

Hidayat, R., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 114–120.

Karinda, A. V., Tumalun, N. K., & Kaunang, D. F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Model Skematik Fong. Jurnal Education and Development, 11(2), 207–213. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4670 DOI: https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4670

Raudho, Z., Handayani, T., & Syutaridho, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Pytagoras Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 101. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9061 DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9061

Saedi, M., Mokat, S., & Herianto, H. (2011). Teori Pemecahan Masalah Polya dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1).

Setiowati, Y., Nor Halifah, M., & Ardana Riswari, L. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Realistik dengan Langkah Polya pada Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1416-1426. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2406

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Harahap, A., Susanto, N. R., & Klismei Agung, N. I. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN TEORI POLYA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1877–1895. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7205