DESKRIPSI ANTUSIASME BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA ZEP QUIZ PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7228

Authors

  • Ummi Kulsum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Wahyuni Fajar Arum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Agus Prasetyo Kurniawan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Antusiasme Belajar, Matematika, ZEP Quiz, Pembelajaran Interaktif, Deskriptif Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat antusiasme belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media ZEP Quiz. Antusiasme belajar merupakan salah satu indikator penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan kurang diminati. Media ZEP Quiz digunakan sebagai alat bantu interaktif berbasis game untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang disusun berdasarkan lima indikator antusiasme belajar, yaitu: respon, perhatian, konsentrasi, kemauan, serta kesadaran dan keterlibatan diri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XID Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menghitung skor rata-rata dan persentase dari tiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, siswa menunjukkan tingkat antusiasme yang tinggi terhadap pembelajaran matematika menggunakan media ZEP Quiz. Hal ini ditunjukkan oleh dominasi skor kategori “tinggi” pada hampir semua indikator. Dengan demikian, ZEP Quiz terbukti mampu menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alda, M., Aulansari, S., Sawitri, D., & Junarda, W. (2024). Aplikasi Media Pembelajaran Kuis Interaktif pada SD Surya Bakti Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2875–2884. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12811

Andriani, F., Zukhrufurrohmah, Z., & Nelli, A. (2024). Strengthening activeness and learning interest in mathematics through problem-based learning among Grade XI Students. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 24–32. https://doi.org/10.22219/jppg.v5i1.26519 DOI: https://doi.org/10.22219/jppg.v5i1.26519

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17 DOI: https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Azhari, A., Adhimah, O. K., & Huda, S. (2024). Penerapan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 444. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7305 DOI: https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7305

Chaerunnisa, Nurhaedah, & Rostina. (2024). Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Antusiasme Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Evaluasi Pembelajaran. Global Journal Basic Education, 3(3), 599–606. https://doi.org/10.35458

Fatikhasari, D., Haq, M. M., Rosyidi, O. J., Sadieda, U., & Avivah, N. (2024). PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA. 5(2). DOI: https://doi.org/10.47650/elips.v5i2.1429

Miftah, M., & Syamsurijal, S. (2024). Pengembangan Indikator Pembelajaran Aktif, Inovatif, Komunikatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(01), 95–106. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3954 DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3954

Prasetyo, S., Sumarno, S., & Khasanah, S. K. (2024). Analisis Pembelajaran Matematika Materi FPB menggunakan Media Quizizz untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1411 DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1411

Suci Ramadani, K., & Rizky Wandini, R. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IVdi SD IT Hidayatul Jannah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31844–31849. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12188

Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika, 15(1), 56–57. https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.29851

Downloads

Published

2025-11-12

How to Cite

Kulsum, U., Arum, W. F., & Kurniawan, A. P. (2025). DESKRIPSI ANTUSIASME BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA ZEP QUIZ PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1795–1805. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7228