ANALISIS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMPN 27 MEDAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7231

Authors

  • Muhammad Siddik Universitas Negeri Medan
  • Nabila Asy-Syifa Universitas Negeri Medan
  • Noventa Ginting Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kata Kunci:Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran PBL, Analisis Kesalahan Mewman

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan siswa kelas IX SMP Negeri 27 Medan dalam memecahkan masalah matematis, khususnya pada materi aritmetika sosial, menggunakan Newman's Error Analysis (NEA). Model PBL dipilih karena fokusnya pada pemecahan masalah nyata untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Didalam penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, dengan subjek 30 siswa kelas IX-2 tahun ajaran 2025/2026, dan lima siswa dengan kesalahan terbanyak dipilih sebagai partisipan wawancara mendalam. Data diperoleh melalui observasi terbuka, tes diagnostik soal cerita, dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penarikan kesimpulan, dan penyajian data model Miles dan Huberman. Hasil analisis NEA menunjukkan bahwa kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa adalah Kesalahan Memahami (Comprehension Error) sebesar 25%. Hal ini diikuti oleh Kesalahan Membaca (Reading Error) sebesar 21,7%, Kesalahan Menulis Jawaban Akhir (Encoding Error) sebesar 20%, Kesalahan Keterampilan Proses (Process Skill Error) sebesar 18,3%, dan Kesalahan Transformasi (Transformation Error) sebesar 15%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., & Nurfadilah, S. (2021). Penerapan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1) 234-243.

Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 56–69.

Azizah, S., & Ramadhani, R. (2020). Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa SMP. Jurnal Education and Learning Mathematics Research (ELMaR), 1(2), 102–110. DOI: https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1291

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dewi, R., & Sari, M. (2020). Implementasi model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 145–154.

Fitriani, H., & Pratiwi, A. (2021). Analisis penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(3), 190–200.

Gusniarti, Y., & Rahmawati, D. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 67–75.

Hamzah, A., & Wahyuni, R. (2022). Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(4), 223–233. DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.467

Hasanah, I., & Ridwan, A. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam materi peluang menggunakan Newman’s Error Analysis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM), 6(1), 51–60.

Hasibuan, M. S., & Lubis, N. (2021). Analisis efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 45–53.

Hidayati, N., & Sari, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Newman’s Error Analysis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(2), 55–68.

Kurniawati, T., & Sari, R. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 156–169.

Marlina, D., & Hasibuan, S. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kesalahan siswa berdasarkan Newman’s Error Analysis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 33–42.

Nasution, D., & Siregar, E. (2023). Analisis penerapan model pembelajaran problem based learning di SMP Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 45–56.

Ningsih, E., & Putri, A. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Didaktika, 12(2), 134–142.

Nisa, R., & Surya, E. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 1890–1903. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.595

Nugraha, D., & Fauzi, A. (2021). Analisis efektivitas PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 5(1), 15–25.

Rahman, H., & Suryani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan matematis siswa SMP. Jurnal Numeracy, 7(2), 101–112.

Rahmawati, L., Kurniawan, A., & Pratiwi, D. (2022). Penggunaan PBL dan Newman’s Error Analysis dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 11–22.

Ramdani, D., & Kadir, K. (2022). Penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 88–97. DOI: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1237

Sari, W., & Simanjuntak, R. (2021). Analisis kemampuan berpikir matematis siswa SMP melalui model pembelajaran PBL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalam, 13(2), 231–242.

Saputri, V., & Kamsurya, R. (2021). The Newman Procedure for Analyzing Students’ Errors in Solving Systems of Linear Equations. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 31–44. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol6no1.2021pp31-44

Siregar, N., & Lubis, A. (2022). Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajarmatematika siswa SMP. Jurnal Numeracy, 9(2), 44–53.

Susanti, R., & Andini, P. (2023). Problem based learning dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(1), 55–68.

Payung, Z., Kusumah, Y. S., Mulyaning, E. C., & Avip, B. (2025). Application of Newman’s Error Analysis to Identify Students’ Errors in Solving Fraction Problems. Journal of Innovative Mathematics Learning, 8(2), 343–353. DOI: https://doi.org/10.22460/jiml.v8i2.27320

Wahyuni, F., & Zulkarnain, M. (2023). Integrasi model PBL dan NEA dalam pembelajaran matematika kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 10(2), 127–139.

Yuliana, T., & Hasanah, R. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 76–85. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Siddik, M., Asy-Syifa, N., & Ginting, N. (2025). ANALISIS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMPN 27 MEDAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1896–1909. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7231