ANALISIS MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS IX SMPN 27 MEDAN
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7231
Keywords:
Kata Kunci:Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran PBL, Analisis Kesalahan MewmanAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan siswa kelas IX SMP Negeri 27 Medan dalam memecahkan masalah matematis, khususnya pada materi aritmetika sosial, menggunakan Newman's Error Analysis (NEA). Model PBL dipilih karena fokusnya pada pemecahan masalah nyata untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Didalam penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, dengan subjek 30 siswa kelas IX-2 tahun ajaran 2025/2026, dan lima siswa dengan kesalahan terbanyak dipilih sebagai partisipan wawancara mendalam. Data diperoleh melalui observasi terbuka, tes diagnostik soal cerita, dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penarikan kesimpulan, dan penyajian data model Miles dan Huberman. Hasil analisis NEA menunjukkan bahwa kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa adalah Kesalahan Memahami (Comprehension Error) sebesar 25%. Hal ini diikuti oleh Kesalahan Membaca (Reading Error) sebesar 21,7%, Kesalahan Menulis Jawaban Akhir (Encoding Error) sebesar 20%, Kesalahan Keterampilan Proses (Process Skill Error) sebesar 18,3%, dan Kesalahan Transformasi (Transformation Error) sebesar 15%.
Downloads
References
Aini, N., & Nurfadilah, S. (2021). Penerapan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1) 234-243.
Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 56–69.
Azizah, S., & Ramadhani, R. (2020). Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa SMP. Jurnal Education and Learning Mathematics Research (ELMaR), 1(2), 102–110. DOI: https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1291
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dewi, R., & Sari, M. (2020). Implementasi model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 145–154.
Fitriani, H., & Pratiwi, A. (2021). Analisis penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(3), 190–200.
Gusniarti, Y., & Rahmawati, D. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 67–75.
Hamzah, A., & Wahyuni, R. (2022). Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(4), 223–233. DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.467
Hasanah, I., & Ridwan, A. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam materi peluang menggunakan Newman’s Error Analysis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM), 6(1), 51–60.
Hasibuan, M. S., & Lubis, N. (2021). Analisis efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 45–53.
Hidayati, N., & Sari, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Newman’s Error Analysis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(2), 55–68.
Kurniawati, T., & Sari, R. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 156–169.
Marlina, D., & Hasibuan, S. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kesalahan siswa berdasarkan Newman’s Error Analysis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 33–42.
Nasution, D., & Siregar, E. (2023). Analisis penerapan model pembelajaran problem based learning di SMP Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 45–56.
Ningsih, E., & Putri, A. (2021). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Didaktika, 12(2), 134–142.
Nisa, R., & Surya, E. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 1890–1903. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.595
Nugraha, D., & Fauzi, A. (2021). Analisis efektivitas PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 5(1), 15–25.
Rahman, H., & Suryani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan matematis siswa SMP. Jurnal Numeracy, 7(2), 101–112.
Rahmawati, L., Kurniawan, A., & Pratiwi, D. (2022). Penggunaan PBL dan Newman’s Error Analysis dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 11–22.
Ramdani, D., & Kadir, K. (2022). Penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 88–97. DOI: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1237
Sari, W., & Simanjuntak, R. (2021). Analisis kemampuan berpikir matematis siswa SMP melalui model pembelajaran PBL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalam, 13(2), 231–242.
Saputri, V., & Kamsurya, R. (2021). The Newman Procedure for Analyzing Students’ Errors in Solving Systems of Linear Equations. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 31–44. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol6no1.2021pp31-44
Siregar, N., & Lubis, A. (2022). Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajarmatematika siswa SMP. Jurnal Numeracy, 9(2), 44–53.
Susanti, R., & Andini, P. (2023). Problem based learning dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(1), 55–68.
Payung, Z., Kusumah, Y. S., Mulyaning, E. C., & Avip, B. (2025). Application of Newman’s Error Analysis to Identify Students’ Errors in Solving Fraction Problems. Journal of Innovative Mathematics Learning, 8(2), 343–353. DOI: https://doi.org/10.22460/jiml.v8i2.27320
Wahyuni, F., & Zulkarnain, M. (2023). Integrasi model PBL dan NEA dalam pembelajaran matematika kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, 10(2), 127–139.
Yuliana, T., & Hasanah, R. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 76–85. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













