IMPLEMENTASI PERMAINAN JEOPARDY QUIZ BERBASIS KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7234

Authors

  • Naila Rahmatillah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Aning Wida Yanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Jeopardy Quiz, Kemampuan Kolaborasi Siswa, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi permainan Jeopardy Quiz berbasis kelompok dalam pembelajaran matematika serta menganalisis peningkatannya terhadap kemampuan kolaborasi siswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 10 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek 20 siswa kelas XI J. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, dokumentasi, dan angket kemampuan kolaborasi yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Jeopardy Quiz berbasis kelompok terlaksana sesuai dengan sintaks Game-Based Learning, yaitu memilih permainan, menjelaskan konsep materi, menyampaikan aturan main, melaksanakan permainan Jeopardy Quiz berbasis kelompok, merangkum pengetahuan, dan melakukan refleksi. Berdasarkan hasil angket, terjadi peningkatan rata-rata kemampuan kolaborasi siswa dari 63,5% (kriteria tinggi) menjadi 81,4% (kriteria sangat tinggi) setelah penerapan pembelajaran, dengan peningkatan sebesar 17,9%.  Dengan demikian, penerapan Jeopardy Quiz berbasis kelompok dapat digunakan sebagai media interaktif untuk meningkatkan kemampuan kolaboratif siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun, Q. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital dan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 271–290. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.286 DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.286

Fauzi, N. F. (2025). Efektivitas Lkpd Ekosistem Collaborative Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X. 6(1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb DOI: https://doi.org/10.26740/jipb.v6n1.p65-74

Handayani, M. T., Jailani, J., & Solichah, H. (2022). Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Saintifik Dengan Group Investigation Untuk Mendukung Problem Solving, Communication, Dan Collaboration. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1070–1077. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4785 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4785

Islam, K. R., Komalasari, K., Masyitoh, I. S., Juwita, J., & Adnin, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(3), 619–628. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i3.1640 DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v10i3.1640

Karimah Nursaya’bani, K., Falasifah, F., & Iskandar, S. (2025). Strategi Pengembangan Pembelajaran Abad Ke-21: Mengintegrasikan Kreativitas, Kolaborasi, dan Teknologi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 109–116. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6470 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6470

Khairinnisa, W., Nurhasanah, N., & Maksum, A. (2024). Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2283–2291. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7711 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7711

Kurniati, E., Mujahidin, A., Suciari, N. K. D., Hestari, S., & Susilo, H. (2021). STAD-jeopardy games: A strategy to improve communication and collaboration skills’ mathematics pre-service teachers. 040015. https://doi.org/10.1063/5.0043170 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0043170

Medila, S., Suryani, M., & Hamdunah, H. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29458–29466. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11738

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Universitas Indonesia Library; PT Remaja Rosdakarya. https://lib.ui.ac.id

Muna, N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2025). Pengaruh Metode Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDI Bahrul Ulum Panjang Jiwo. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 5(1), 141–144. https://doi.org/10.36636/primed.v5i1.5154 DOI: https://doi.org/10.36636/primed.v5i1.5154

Nirmalasari, Wahyudin, D., & Darmawan, D. (2024). Improving Higher Order Thinking Skills Through Multidimensional Curriculum Design at the High School Level. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 13(4), 696–706. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i4.84051 DOI: https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i4.84051

Nuraini, N., Ibrahim, M. M., & Jamilah, J. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Jeopardy Game terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1085–1097. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.4959 DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.4959

Rigawati, M. D., Windyariani, S., Nurhasanah, S. N., & Nuranti, G. (2024). Pengaruh Game Based Learning Berbasis Dimensi Kolaborasi 21 CLD Terhadap Kompetensi Kolaborasi Siswa SMA. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 7(2), 381–393. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v7i2.11750

Roza, N., Jumrawarsi, J., & Rafulta, E. (2023). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 2x11 Kayu Tanam. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 183. https://doi.org/10.30983/lattice.v3i2.7566 DOI: https://doi.org/10.30983/lattice.v3i2.7566

Samosir, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Keterampilan Berkolaborasi Siswa di Kelas IV SDN 015900 Tinggi Raja Tahun Ajaran 2022/2023. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 48–62.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112–122.

Siti Aminah, Riska Putri Meilani, Muhammad Ali Shodiqin, Zahrotun Nislakh, & Fitriyah Amaliyah. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ceramah Dan Kooperatif Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(12), 1369–1376. https://doi.org/10.53625/joel.v2i12.6059 DOI: https://doi.org/10.53625/joel.v2i12.6059

Sugiyarti, L., & Arif, A. (2018). Mursalin.(2018). Pembelajaran abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1(31), 439–444.

Sukmawati, N. K., & Siswono, T. Y. E. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pemecahan Masalah Kolaboratif. MATHEdunesa, 10(3), 480–489. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p480-489 DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p480-489

Urcid, R. (2022). Game-based Learning. A tool that Enhances the Collaborative Work: A Case study of Undergraduate Students. European Conference on Games Based Learning, 16, 570–577. https://doi.org/10.34190/ecgbl.16.1.419 DOI: https://doi.org/10.34190/ecgbl.16.1.419

Downloads

Published

2025-11-12

How to Cite

Rahmatillah, N., & Yanti, A. W. (2025). IMPLEMENTASI PERMAINAN JEOPARDY QUIZ BERBASIS KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1819–1834. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7234