ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS XI SMA IT QURROTA A’YUN SIGI

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7244

Authors

  • Murniati STKIP Abdul Mujib Laewang Dampal Selatan
  • Moh. Jusri Kahar STKIP Abdul Mujib Laewang Dampal Selatan
  • Nahdawati STKIP Abdul Mujib Laewang Dampal Selatan
  • Indah Suarni STKIP Abdul Mujib Laewang Dampal Selatan

Keywords:

Representasi Matematis, Pemecahan Masalah, SPLTV, Adversity Quotient

Abstract

Penelitian kualitatif ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan atau menjelaskan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dari perspektif Adversity Quotient. Subjek penelitian meliputi tiga (3) siswa kelas XI A dan XI B. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes, panduan wawancara, dan kuesioner Adversity Quotient.  Teknik analisis data yang digunakan adalah Kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dalam kategori Climber dengan tingkat Adversity Quotient memiliki kemampuan representasi matematis yang baik. (2) Siswa dalam kategori Camper dengan tingkat Adversity Quotient dikategorikan memiliki kemampuan representasi matematis menengah. (3) Siswa dalam kelompok Quitter yang memiliki tingkat Adversity Quotient dikategorikan memiliki kemampuan representasi matematis yang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astiantari, I., Pambudi, D. S., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Murtikusuma, R. P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient ( AQ ). Aksioma, 11(2), 1270–1281. Doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5037 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5073

Herdiana, Y., Marwan, M., & Zubainur, C. M. (2019). Kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa SMP melalui penerapan model problem based learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 23-35. Doi: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1250 DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1250

Husain, D. S., Darhim, & Kusnandi. (2022). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau Dari Adversity Quotient Dan Self-Efficacy. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11 (4), 3684-3694. Doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5903 DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5903

Kusrianto, S. I., Suhito, & Wuryanto. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran CORE Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VIII pada Aspek Representasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2), 155-162. Doi: https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.12314 DOI: https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.12314

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307-318. Doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.564 DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.460

Rivalina, R., & Setyowati, D. (2021). Adversity quotient of the English Department students and constraints in completing their thesis. Proceeding of the international conference of educational assesments and policy (ICEAP 2020). Atlantis Press. Doi:10.2991/assehr.k.210423.073 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.073

Sabri, S., Rahman, A., Bernard, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas IX SMA Negeri 1 Batuputih. Issues in Mathematics Education, 7(2),148-160. Doi: https://doi.org/10.35580/imed51914 DOI: https://doi.org/10.35580/imed.v7i2.7517

Stoltz, P. G. (1997). Adversity quotient: Turning obstacles into opportunities. New York, NY: John Wiley & Sons.

Wijaya, C. B. (2018). Analisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran pada kelas VII-B MTs Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115-124. Doi: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i2.523. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Murniati, M., Kahar, M. J., Nahdawati, N., & Suarni, I. (2025). ANALISIS REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS XI SMA IT QURROTA A’YUN SIGI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1648–1660. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7244