ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI KASTALON
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7245
Keywords:
Kesalahan Mahasiswa, Program Linear, Teori Kastalon.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mata kuliah program linear khususnya pada materi metode simpletks. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan tiga mahasiswa mata kuliah program linear yang dipilih secara purposive, masing-masing mewakili mahasiswa yang rata-rata nilai tugas tertinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori kastalon yang terdiri dari kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan rata-rata tugas tertinggi dan mahasiswa dengan nilai rata-rata tugas rendah melakukan kesalahan konseptual dan kesalahan teknik. Mahasiswa dengan rata-rata tugas rendah melakukan kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Kesalahan konseptual terjadi pada kasus minnimisasi yang di ubah ke maksimisasi namu tidak memperhatian perkalian dengan -1. Kesalahan Prosedural terjadi akibat tidak menggunakan metode simpleks dalam menyelesaikan soal dan menghentikan perhitungan sebelum mencapai penyelesaian yang optimal. Kesalahan Teknik terjadi akibat salah dalam penggurangan pecahan dan tidak memperhatikan penggunaan tanda negatif paada kasus minimisasi. Adapun penyebab kesalahan yaitu mahasiswa tidak memahami konsep dengan baik, terlalu terburu-buru, dan tidak memperhatikan instruksi soal. Secara keseluruhan kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa adalah kesalahan konseptual. Kesimpulan kesalahan konseptual merupakan kesalahan yang paling banyak sehingga penting bagi mahasiswa untuk memahami konsep dengan baik terutama yang berkaitan dengan materi metode simpleks. Selain konseptual, prosedural dan teknik perlu juga diperhatikan dalam hal menyelesaikan soal pada metode simpleks.
Downloads
References
Ayu, M. P., Bouk, Y. M., & Popo, A. T. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Sistem Persamaan Linear Dengan Operasi Baris Elementer Kelas Aljabar Linear Dan Matriks. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(03), 301–309. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.810 DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.810
Haryanti Dahlan, Sitti Rahmah Tahir, U. M. (2021). Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( Spldv ) Berdasarkan. Journal of Natural Science and Technology ADPERTISI, 1(1), 40–53.
Hasanah, R., Yuanita, P., Saragih, S., & Roza, Y. (2023). 10.47435/jtmt.v4i02.1975 Analysis Of Student Errors On Algebraic Form Material Based On Kastolan. JTMT: Journal Tadris Matematika, 4(02), 190–196. https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i02.1975 DOI: https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i02.1975
Kartika Birawan, Amira Prameswati, Muhammad Gefika Abdulrafi, Siti Raina Az Zahra, & Ahmad Fu’adin. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Tingkat Smp. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.29 DOI: https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.29
Kartini, M. A. Z. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan aljabar menurut teori Kastolan. Peningkatan Kinerja Dosen Melalui Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 243–257.
Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 107. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687 DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687
Mimi Nur Hajizah, & Ellis Salsabila. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometi Analitik Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 191–198. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1749 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1749
Putriana, D., Harun, L., & Utami, R. E. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Ditinjau dari Gaya Kognitif Implusif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(5), 321–327. https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.15819 DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v5i5.15819
Rahmah, V. A., Prasetyo, A., Matematika, P., Negeri, I., Ampel, S., & Pendahuluan, A. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEN GEOMETRI : TINJAUAN TEORI. 10, 1546–1562.
Ramadhani, S., Ismaimuza, D., Sukayasa, S., & Meinarni, W. (2024). Analysis of Students’ Errors in Solving Story Problems Based on Newman’s Error Analysis (NEA) on the Subject Matter of Linear Program in View of Students’ Mathematical Ability. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 12(1), 110. https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i1.10310 DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i1.10310
Rosidah, R., Minggi, I., & Audiwinanda, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Introver dan Ekstrover Berdasarkan Kriteria Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear. Issues in Mathematics Education (IMED), 6(1), 69. https://doi.org/10.35580/imed32227 DOI: https://doi.org/10.35580/imed32227
Ruslianti, T., & Firmansyah, D. (2024). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 223–235. https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1798 DOI: https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1798
Sitorus, G. E., Sibarani, K., Samosir, M. I., Manurung, H. C., & Simanullang, M. C. (2025). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Deret Tak Hingga Berdasarkan Teori Kastolan. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 7(2), 343–355. https://doi.org/10.29303/jm.v7i2.8970 DOI: https://doi.org/10.29303/jm.v7i2.8970
Utari, N. P. R., Wibawa, K. A., & Wena, I. M. (2024). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Soal Trigonometri. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 161–173. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1355 DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1355
Wulandari, N. P., & Lu’luilmaknun, U. (2022). Proses Pemecahan Masalah Siswa Impulsif pada Materi Program Linier. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1059–1071. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.264 DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.264
Yudianto, E., Dinia, L. R., Sugiarti, T., Kurniati, D., & Lestari, N. D. S. (2022). Analysis of Students’ Errors in Solving Curved Face Three-Dimensional Problems Based on Kastolan’S Stage Reviewed From Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles. MaPan, 10(2), 188–206. https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n2a1 DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n2a1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













