ETNOMATEMATIKA : KONSEP GEOMETRI PADA RUMAH ADAT BOLA PA’BORONGAN SUKU KAJANG BULUKUMBA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7252

Authors

  • Hadi Kasmaja DS Universitas Negeri Makassar
  • Suradi Universitas Negeri Makassar
  • Rosidah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

etnomatematika, geometri, rumah adat Kajang, pembelajaran kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep-konsep geometri yang terdapat pada rumah adat Bola Pa’borongan milik masyarakat adat Suku Kajang di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arsitektur rumah adat Bola Pa’borongan memuat berbagai konsep geometri seperti konsep garis, sudut, bagun datar (persegi, persegi panjang, segitiga, trapezium), bangun ruang (balok, limas, kubus), serta transformasi geometri. Bentuk-bentuk tersebut tidak hanya memiliki fungsi struktural, tetapi juga mengandung makna filosofis tentang keseimbangan, kesederhanaan, dan harmoni dengan alam yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Suku Kajang. Rumah adat ini dapat dijadikan media pembelajaran kontekstual untuk mengenalkan konsep geometri kepada siswa SMP melalui pendekatan etnomatematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ascher, M., & D’Ambrosio, U. (2012). Ethnomathematics : a Dialogue. For the Learning of Mathematics, 14(2), 36–43.

Berry, K. (2011). The ethnographic choice: Why ethnographers do ethnography. Cultural Studies - Critical Methodologies, 11(2), 165–177. https://doi.org/10.1177/1532708611401335 DOI: https://doi.org/10.1177/1532708611401335

Çimen, O. (2014). Discussing ethnomathematics: Is mathematics culturally dependent? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 523–528. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.215 DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.215

D’Ambrosio, U. (1989). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Ja’faruddin, & Naufal, M. A. (2023). Ethnomathematics: Two-dimensional figure geometry concept in the Balla Lompoa traditional house in South Sulawesi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 667–678. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.2769

Johnson, D. C., & Rising, G. R. (1972). Guidelines for teaching mathematics. Wadsworth Publishing Company.

Marliana, R., Syarif, A., & Nurul, A. (2021). Nilai-nilai kearifan lokal dalam Pasang Ri Kajang dan relevansinya dengan pendidikan karakter. Jurnal Sosiohumaniora,22(3),189–197. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i3.32757

Osman, A., Rasyid, M., & Ahmad, R. (2020). Kajian tata ruang permukiman masyarakat Ammatoa Kajang: Sebuah pendekatan sosio-kultural dan ekologis. Jurnal Arsitektur dan Lingkungan, 8(2), 55–67. https://doi.org/10.25042/jal.v8i2.123

Pitriana, T. (2015). Etnomatematika Toraja (Eksplorasi geometris budaya Toraja). Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 1(1), 47–57.

Reeves, S., Kuper, A., Hodges, B. D., Reeves, S., Kuper, A., & Hodges, B. D. (2008). Qualitative research methodology Ethnography. British Medical Journal, 337(7668), 512–514. https://doi.org/10.1136/bmj.alO20 DOI: https://doi.org/10.1136/bmj.a1020

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics education. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54. Retrieved from https://revista.etnomatematica.org/index.php/RevLatEm/article/view/32

Spradley, J. P. (2016). The Ethnographic Interview. In The SAGE Encyclopedia of Communication Research Methods. Reissued Long Grove, IL: Waveland Press, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483381411.n168 DOI: https://doi.org/10.4135/9781483381411.n168

Syarif, A., Marliana, R., & Nur, M. (2016). Makna filosofis Pasang Ri Kajang sebagai pedoman hidup masyarakat adat Kajang Bulukumba. Jurnal Humanika, 24(1), 56–67.

Tarigan , 2006. Pembelajaran Matematika Realistik Jakarta : Depdiknas

Untoro, 2006. Buku Pintar Matematika. Jakarta: Wahyu Media

Wasilah, & Hildayanti, A. (2020). Manifesting locality and identity in traditional houses in response to environmental change. In Proceedings of the 3rd International Conference on Dwelling Form (IDWELL 2020) (pp. 132-136). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201009.014 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201009.014

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

DS, H. K. D., Suradi, S., & Rosidah, R. (2025). ETNOMATEMATIKA : KONSEP GEOMETRI PADA RUMAH ADAT BOLA PA’BORONGAN SUKU KAJANG BULUKUMBA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1910–1924. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7252