MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BLOOKET DENGAN INTEGRASI NILAI KEISLAMANUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7266
Keywords:
problem based learning, blooket, nilai islam, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media Blooket, dengan penyertaan nilai-nilai Islami, guna meningkatkan capaian belajar matematika siswa di MTsN 1 Lamongan. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kuantitatif, serta dikategorikan sebagai penelitian eksperimen semu (quasi experimental) melalui desain One-Shot Case Study pada satu kelas yang menerima intervensi pembelajaran PBL dan evaluasi akhir menggunakan aplikasi Blooket. Nilai-nilai Islami diintegrasikan melalui aktivitas berdoa, tadarus, serta pembiasaan perilaku disiplin sepanjang proses belajar. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa penerapan PBL dengan bantuan Blooket serta nilai Islami mampu menumbuhkan motivasi, gairah belajar, dan keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran, sekaligus memberikan dampak positif pada pembentukan karakter keagamaan siswa. Meskipun demikian, variasi capaian belajar siswa menunjukkan kebutuhan akan bimbingan tambahan dan penguatan metode pembelajaran supaya kombinasi teknologi dan nilai Islami dapat menghasilkan efek yang lebih maksimal. Temuan ini menegaskan bahwa media Blooket dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, sedangkan PBL membangun dasar berpikir kritis dan pemahaman konsep. Secara keseluruhan, penerapan PBL berbantuan Blooket yang terintegrasi nilai Islami efektif meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan potensi prestasi belajar siswa, sekaligus menanamkan kedisiplinan dan karakter religius.
Downloads
References
Anggraheni, M., Zuhri, M. S., & Sumarmiyati, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Satuan Waktu. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 253-264. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.353
Hakim, M. A. A., Sunarto, S., & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Sma N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(2).
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Khakim1, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam. Jurnal Citizenship Virtues, 2022, 2(2), 347-358. DOI: https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506
Kristiawati, K., & Wibawa, S. (2023). Penerapan model pembelajaran Arrange berbantu media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Bejiarum. Jurnal Sustainable, 6(2), 650-656. DOI: https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4073
Linggi, N. S. (2023). model problem based learning berbantuan blooketuntuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV.
Lubis, M.A., & Azizan, N. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 150-163 DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1282
Mazlin, M., Al Idrus, A., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Booklet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MA Darul Ihsan Lelong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1775-1782. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1564
Muhammad Ali Rif’an Fauzi 1, S. A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Game Edukatif dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biolog. Jurnal Biologi Volume: 1, Nomor 3, 2023, Hal: 1-11. DOI: https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1965
Nabila1, D. N. (2024). Penerapan Blooket sebagai Media Digital terhadap Pembelajaran Bahasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6148
Nabila, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Blooket terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 9(2), 55–63. DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.3676
Prastianto, L. P. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Alat Evaluasi Blooket. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 9(2).
Rahayu, S. T., Saputra, D. S., & Susilo, S. V. (2019, October). Pentingnya model problem based learning dalam pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 448-454). DOI: https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.29
Rahmawati, L., & Yusuf, M. (2023). Game-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Dampaknya terhadap Motivasi dan Pemahaman Konseptual. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 44–52.
Sari1Jasiah, M. (2025). Pengembangan GameBlooketuntuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Muamalah Sebagai Media Pembelajarandi MTS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial.
Septa Devi Auliatul Alifah1, S. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Berbantuan Media 3D Watercycleuntuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Kasreman 1 Kasreman. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3.
Wulandari, F., Wahyuni, S., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Media Booklet terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2071-2080. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1594
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













