MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BLOOKET DENGAN INTEGRASI NILAI KEISLAMANUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7266

Authors

  • Hilda Adelia Rilasanti UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Usman Yudi UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Aning Wida Yanti UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Ni’matus Sa’diyah MTsN I Lamongan

Keywords:

problem based learning, blooket, nilai islam, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media Blooket, dengan penyertaan nilai-nilai Islami, guna meningkatkan capaian belajar matematika siswa di MTsN 1 Lamongan. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisis kuantitatif, serta dikategorikan sebagai penelitian eksperimen semu (quasi experimental) melalui desain One-Shot Case Study pada satu kelas yang menerima intervensi pembelajaran PBL dan evaluasi akhir menggunakan aplikasi Blooket. Nilai-nilai Islami diintegrasikan melalui aktivitas berdoa, tadarus, serta pembiasaan perilaku disiplin sepanjang proses belajar. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa penerapan PBL dengan bantuan Blooket serta nilai Islami mampu menumbuhkan motivasi, gairah belajar, dan keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran, sekaligus memberikan dampak positif pada pembentukan karakter keagamaan siswa. Meskipun demikian, variasi capaian belajar siswa menunjukkan kebutuhan akan bimbingan tambahan dan penguatan metode pembelajaran supaya kombinasi teknologi dan nilai Islami dapat menghasilkan efek yang lebih maksimal. Temuan ini menegaskan bahwa media Blooket dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, sedangkan PBL membangun dasar berpikir kritis dan pemahaman konsep. Secara keseluruhan, penerapan PBL berbantuan Blooket yang terintegrasi nilai Islami efektif meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan potensi prestasi belajar siswa, sekaligus menanamkan kedisiplinan dan karakter religius.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraheni, M., Zuhri, M. S., & Sumarmiyati, S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Satuan Waktu. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 253-264. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.353

Hakim, M. A. A., Sunarto, S., & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Sma N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(2).

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Khakim1, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam. Jurnal Citizenship Virtues, 2022, 2(2), 347-358. DOI: https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506

Kristiawati, K., & Wibawa, S. (2023). Penerapan model pembelajaran Arrange berbantu media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Bejiarum. Jurnal Sustainable, 6(2), 650-656. DOI: https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4073

Linggi, N. S. (2023). model problem based learning berbantuan blooketuntuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV.

Lubis, M.A., & Azizan, N. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 150-163 DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1282

Mazlin, M., Al Idrus, A., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Booklet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MA Darul Ihsan Lelong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1775-1782. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1564

Muhammad Ali Rif’an Fauzi 1, S. A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Game Edukatif dalam Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biolog. Jurnal Biologi Volume: 1, Nomor 3, 2023, Hal: 1-11. DOI: https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1965

Nabila1, D. N. (2024). Penerapan Blooket sebagai Media Digital terhadap Pembelajaran Bahasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6148

Nabila, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Blooket terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 9(2), 55–63. DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i1.3676

Prastianto, L. P. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Alat Evaluasi Blooket. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 9(2).

Rahayu, S. T., Saputra, D. S., & Susilo, S. V. (2019, October). Pentingnya model problem based learning dalam pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 448-454). DOI: https://doi.org/10.21831/pspmm.v1i0.29

Rahmawati, L., & Yusuf, M. (2023). Game-Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Dampaknya terhadap Motivasi dan Pemahaman Konseptual. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 44–52.

Sari1Jasiah, M. (2025). Pengembangan GameBlooketuntuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Muamalah Sebagai Media Pembelajarandi MTS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial.

Septa Devi Auliatul Alifah1, S. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Berbantuan Media 3D Watercycleuntuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Kasreman 1 Kasreman. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3.

Wulandari, F., Wahyuni, S., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh Media Booklet terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2071-2080. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1594

Downloads

Published

2025-11-18

How to Cite

Rilasanti, H. A., Yudi, U., Wida Yanti, A., & Sa'diyah, N. (2025). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BLOOKET DENGAN INTEGRASI NILAI KEISLAMANUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1925–1942. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7266