ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ATURAN KOSINUS DITINJAU DARI LANGKAH PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA
Keywords:
analisis kesalahan, aturan kosinus, langkah Polya, pemecahan masalah matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aturan kosinus berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada 30 siswa kelas XI IPA B-3 MAN 1 Medan tahun ajaran 2025/2026. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa terjadi pada hampir setiap tahap Polya, terutama dalam memahami informasi soal, memilih rumus yang tepat, serta memeriksa kembali hasil. Rendahnya kemampuan metakognitif dan pemahaman konsep trigonometri menjadi faktor utama penyebab kesalahan. Guru perlu menekankan penerapan langkah Polya secara eksplisit dan melatih siswa untuk selalu meninjau hasil pekerjaannya.
Downloads
References
A. Sulistyaningsih, E. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemcahan Masalah Matematika. Prosidin Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 123-130.
Anis Fuadi. Syarifuddin, F. (2024). Analisis Kemampan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. PEDAGOGY: Journal of Multidisiciplinary Education , 48-59.
Ardy Fauzi Rachman, S. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI PADA MATERI TRIGONOMETRI. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 126-133.
Ega Gradini, B. Y. (2022). Kesalahn Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Indikator Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 49-60.
Fariha, R. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 43-59.
Felisa Sunliani Lombo, S. M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Menurut Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 100-114.
Feni Maysaroh Agsya, M. Y. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa MTS. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Eduation, 31-44.
Fitria Nova, Y. H. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA. JURNAL HORIZON PENDIDIKAN, 324-333.
Natalia Latumeten, C. S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 10 AMBON. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 56-63.
Suci Ariani, Y. H. (2017). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ABDUKTIF-DEDUKTI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Jurnal Elemen, 25-34.
Timbul Yuwono, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika , 137-144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













