VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) MATERI TEOREMA PYTHAGORAS
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7299
Keywords:
Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Pendekatan STEMAbstract
Media pembelajaran memiliki peranan yang paling utama dalam mewujudkan proses pembelajaran yang bersifat interaksi juga menyenangkan. Salah satu alat alternatif yang dapat diimplementasikan adalah permainan Ular Tangga yang dimodifikasi dengan soal-soal matematika. Agar lebih relevan dengan konteks pembelajaran abad ke-21, media ini dirancang melalui penerapan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) sehingga peserta didik tidak semata-mata bermain, tetapi juga memperoleh kesempatan belajar yang melibatkan berbagai disiplin ilmu secara terpadu. Upaya ini ditujukan untuk menciptakan sarana pembelajaran berbentuk permainan Ular Tangga yang menggunakan pendekatan STEM pokok bahasan Teorema Pythagoras untuk siswa kelas VIII SMP. Untuk mencapai tujuan penelitian, perlu digunakan metode Research and Development (R&D) dengan penerapan model ADDIE sebagai kerangka pengembangan yang mencangkup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Namun dibatasi hanya sampai tahapan validasi produk. Alat pengumpulan data yang digunakan meliputi angket validasi yang ditujukan kepada ahli materi dan ahli media dengan skala likert 1-4. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh rata-rata skor ahli materi sebesar 3,60 dan ahli media sebesar 3,73 dengan total nilai rata-rata secara menyeluruh mencapai 3,66 termasuk kategori sangat valid. Hasil ini menunjukkan media edukasi digital Ular Tangga STEM yang dihasilkan telah memenuhi batas kriteria kevalidan dan layak dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif serta memfasilitasi peserta didik untuk memahami penguasaan konsep matematika pada materi Teorema Pythagoras secara kontekstual.
Downloads
References
Akbar, A.F., Irawan, W.H., & Abdussakir, (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik, JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(8), pp. 8956-8962. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id.
Akhidah, D. N., Zuliana, E., & Ermawati, D. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Dengan Model Realistic Mathematics Education Pada Pemahaman Konsep Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 244–259. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.3526
Dwita, L., & Susanah. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Dalam Pembelajaran Matematika Di Smk Pada Jurusan Bisnis Konstruksi Dan Properti. MATHEdunesa, 9(2), 276–286. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p276-286
Ferryka, P,Z. (2017). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29(100), 58–64.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hendrakuss, H., Sarassanti, Y., & Lestari, N. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.46368/kjpm.v2i1.615
Hutauruk, A. J. B. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Sepren, 2(1), 45. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364
Kase, S. K., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Model Rme. Satya Widya, 39(2), 118–125. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p118-125
Khoerunnisa, D., & Sari, I. P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Phytagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1731–1742. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1731-1742
Ningsih, T.H.I., Supriyono, & Rahayuningsih, S. (2024). Penerapan Pendekatan Stem Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sd Di Kabupaten Pasuruan. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 342–349. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m
Prihaswati, M., Yuliani, I., Purnomo, E. A., Adnan, M., & Khasanah, U. (2023). Desain E-Lkpd Berbasis Stem Tema Kearifan Lokal Bernuansa Pendidikan Karakter Materi Lingkaran. JIPMat, 8(2), 151–162. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15489
Rachma, A., Tuti Iriani, & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554
Ratniati, & Harahap, H. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Platform Genially Pada Pokok Bahasan Momentum Impuls Di SMAN 1 Badar T . P 2021 / 2022. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 07, 18–27. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i1.1337
Rismawati, I., Nuroso, H., Poncowati, L., & Purnamasari, I. (2024). Analisis Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas 4 SDN Wonotingal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2947–2953. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2515
Sativa, R. O., Suprayitno, I. J., & Prihaswati, M. (2021). Validitas Modul Berbasis Edutainment dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 16–24.
Sunani, L. N. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa di SMP N 1 Cipari Kabupaten Cilacap. Skripsi Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto (Vol. 01, Issue 01).
Wijayandaru, R. A., Mawarsari, V. D., & Prihaswati, M. (2025). Desain E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Pendekatan STEM pada Materi Barisan dan Deret Bilangan Kelas X SMA. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(1), 300–314. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i1.1351
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













