VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7299

Authors

  • Shinta Ingelita Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Abdul Aziz Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Martyana Prihaswati Universitas Muhammadiyah Semarang

Keywords:

Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Pendekatan STEM

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan yang paling utama dalam mewujudkan proses pembelajaran yang bersifat interaksi juga menyenangkan. Salah satu alat alternatif yang dapat diimplementasikan adalah permainan Ular Tangga yang dimodifikasi dengan soal-soal matematika. Agar lebih relevan dengan konteks pembelajaran abad ke-21, media ini dirancang melalui penerapan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) sehingga peserta didik tidak semata-mata bermain, tetapi juga memperoleh kesempatan belajar yang melibatkan berbagai disiplin ilmu secara terpadu. Upaya ini ditujukan untuk menciptakan sarana pembelajaran berbentuk permainan Ular Tangga yang menggunakan pendekatan STEM pokok bahasan Teorema Pythagoras untuk siswa kelas VIII SMP. Untuk mencapai tujuan penelitian, perlu digunakan metode Research and Development (R&D) dengan penerapan model ADDIE sebagai kerangka pengembangan yang mencangkup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Namun dibatasi hanya sampai tahapan validasi produk. Alat pengumpulan data yang digunakan meliputi angket validasi yang ditujukan kepada ahli materi dan ahli media dengan skala likert 1-4. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh rata-rata skor ahli materi sebesar 3,60 dan ahli media sebesar 3,73 dengan total nilai rata-rata secara menyeluruh mencapai 3,66 termasuk kategori sangat valid. Hasil ini menunjukkan media edukasi digital Ular Tangga STEM yang dihasilkan telah memenuhi batas kriteria kevalidan dan layak dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif serta memfasilitasi peserta didik untuk memahami penguasaan konsep matematika pada materi Teorema Pythagoras secara kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A.F., Irawan, W.H., & Abdussakir, (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik, JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(8), pp. 8956-8962. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id.

Akhidah, D. N., Zuliana, E., & Ermawati, D. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Dengan Model Realistic Mathematics Education Pada Pemahaman Konsep Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 244–259. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.3526

Dwita, L., & Susanah. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Dalam Pembelajaran Matematika Di Smk Pada Jurusan Bisnis Konstruksi Dan Properti. MATHEdunesa, 9(2), 276–286. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p276-286

Ferryka, P,Z. (2017). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29(100), 58–64.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hendrakuss, H., Sarassanti, Y., & Lestari, N. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 29–36. https://doi.org/10.46368/kjpm.v2i1.615

Hutauruk, A. J. B. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Sepren, 2(1), 45. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364

Kase, S. K., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Model Rme. Satya Widya, 39(2), 118–125. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p118-125

Khoerunnisa, D., & Sari, I. P. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Phytagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1731–1742. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1731-1742

Ningsih, T.H.I., Supriyono, & Rahayuningsih, S. (2024). Penerapan Pendekatan Stem Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sd Di Kabupaten Pasuruan. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 342–349. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m

Prihaswati, M., Yuliani, I., Purnomo, E. A., Adnan, M., & Khasanah, U. (2023). Desain E-Lkpd Berbasis Stem Tema Kearifan Lokal Bernuansa Pendidikan Karakter Materi Lingkaran. JIPMat, 8(2), 151–162. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i2.15489

Rachma, A., Tuti Iriani, & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554

Ratniati, & Harahap, H. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan Permainan Ular Tangga Menggunakan Platform Genially Pada Pokok Bahasan Momentum Impuls Di SMAN 1 Badar T . P 2021 / 2022. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 07, 18–27. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i1.1337

Rismawati, I., Nuroso, H., Poncowati, L., & Purnamasari, I. (2024). Analisis Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas 4 SDN Wonotingal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2947–2953. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2515

Sativa, R. O., Suprayitno, I. J., & Prihaswati, M. (2021). Validitas Modul Berbasis Edutainment dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 16–24.

Sunani, L. N. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa di SMP N 1 Cipari Kabupaten Cilacap. Skripsi Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto (Vol. 01, Issue 01).

Wijayandaru, R. A., Mawarsari, V. D., & Prihaswati, M. (2025). Desain E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Pendekatan STEM pada Materi Barisan dan Deret Bilangan Kelas X SMA. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(1), 300–314. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i1.1351

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Ingelita, S., Aziz, A., & Prihaswati, M. (2025). VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) MATERI TEOREMA PYTHAGORAS . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1970–1982. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7299