TINJAUAN SISTEMATIS PENERAPAN LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM PERSPEKTIF: KOMPETENSI BERPIKIR REFLEKTIF
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7302
Keywords:
Penerapan bahan ajar inovatif LKPD, Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics, Kemampuan berpikir kritis dan literasi matematika, Keterampilan Abad-21Abstract
Peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa menjadi kebutuhan mendesak di tengah rendahnya capaian literasi matematika Indonesia pada survei PISA 2022. Kondisi ini menuntut adanya inovasi pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada hasil, tetapi juga pada proses berpikir siswa secara mendalam. Penelitian ini merupakan Systematic Literature Review (SLR) dengan tujuan untuk menganalisis penerapan LKPD dengan integrasi pendekatan STEM dalam pengembangan kompetensi berpikir reflektif siswa. Menggunakan metode PRISMA, sebanyak 141 artikel yang terbit antara tahun 2020–2025 ditinjau, dan 12 artikel terpilih memenuhi kriteria inklusi yang ditetapkan untuk dianalisis lebih lanjut. Temuan penelitian membuktikan bahwa LKPD dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan kompetensi berpikir reflektif, berpikir kritis, siswa, serta memperkuat literasi. Kegiatan pembelajaran yang menekankan eksplorasi, eksperimen, dan pemecahan masalah kontekstual mendorong kesadaran metakognitif dan refleksi diri siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar desain LKPD dengan pendekatan STEM mengintegrasikan unsur refleksi secara eksplisit untuk memperkuat kemandirian belajar dan karakter ilmiah siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21.
Downloads
References
Aprillia, A. R., Cahyono, D., & Nastiti, A. S. (2021). Systematic Literature Review (SLR): Keberhasilan dan Kegagalan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Jurnal Akuntansi Terapan Dan Bisnis, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.25047/asersi.v1i1.2681
Ardityan Desky, R., Nur Fatmawati, S., Kastur, A., & Susetyo Rukmi, A. (2025). Strategi dan Tantangan Pengembangan Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Tahun, 31(2), 366–379. https://doi.org/10.30587/didaktika.v31i2.9845
Arrohman*, D. A., Wahyuni, A. L. E., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2022). Implementasi Penggunaan LKPD Pencemaran Air Berbasis STEM dan Model Learning Cycle 6E Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 279–293. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23584
Chamdani, M., Yusuf, F. A., Salimi, M., & Fajari, L. E. W. (2022). Meta-Analysis Study: the Relationship Between Reflective Thinking and Learning Achievement. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 15(3), 181–188. https://doi.org/10.7160/eriesj.2022.150305
Daimah, U. S., & . S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Sepren, 4(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888
Darmawan, A., Aurora, W. I. D., & Nuriyah, N. (2021). Inovasi Pembelajaran Penggunaan Instrumen Strobe (Strengthening The Reporting Of Observasional Studies In Epidemiology) dan PRISMA (Prefered Reporting Items For Systematic Reviews And Meta-Analyses) pada Materi Ajar Jurnal Reading Program Studi Profesi Do. Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease, 2(2), 129–133. https://doi.org/10.22437/esehad.v2i2.16916
Davidi, Elisabeth Irma Novianti; Sennen, Eliterius; Supardi, K. (2021). Intergrasi Pendekatan STEM Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, 11 No. 1, 11–22.
Edi Siswanto, Ashar Hasairin, S. (2025). Development of STEM-basedworksheetsto improve critical thinking on matter topic. 22(3), 250–261. https://ejournal-hipkin.or.id/index.php/jik/article/view/76
Eliska, J., & Yuliyanti Sri, P. (2025). Efektivitas LKPD Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah. Madu:Jurnal Ilmiah Mandalika Education, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.36312/madu.v3i1.225
Endra Sattrahing Jaya Kusuma, Arri Handayani, D. R. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. 4(24), 369–379. https://doi.10.26877/jwp.v4i2.17971
Etmy, D. (2025). Trend Penelitian Literasi Matematika Tahun 2014-2024: Penelitian Systematic Literature Review (SLR). AUFKLARUNG: Journal of Education Research & …, 1(01), 7–15. https://ejournal.kabarmoe.com/index.php/AUFKLARUNG/article/view/14
Fedinafaliza, F., Mahdian, M., & Irhasyuarna, Y. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Dan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model Fpoeil. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(2), 58–66. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i2.623
Korinti Nalsalsalisa Br Milala, Fauziyah Harahap, H. (2024). Developing STEM-based LKPD to improve student’s critical thinking abilities. Inovasi Kurikulum, 21 Nomor 3(2), 983–998. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/74743
Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055
Marliani, N., & Nurhayati, N. (2020). Komunikasi Matematika Dilihat Dari Model Pembelajaran Reflektif Berbasis Matematika Realistik. SINASIS (Seminar Nasional …, 1(1), 403–411. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4057
Muslimah. (2020). Pentingnya LKPD pada Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(3), 1471–1479. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21473
Novaliyosi, N., Khaerunnisa, E., & Khasanah, M. (2021). Development of LKS With a STEM Approach that Supports The Mathematical Communication Skills of SMP Students. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(2), 200–211. https://doi.org/10.15294/kreano.v12i2.29552
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
Nurlan, N. F., Agustan, A., & Sulfasyah, S. (2023). Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Refraktif terhadap Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3629
Octaviani, R. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Stem untuk Sekolah Dasar Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(5), 109–123. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i5.2581
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. Bmj, 372. https://doi.org/10.1136/bmj.n71
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220
Rachman, M. F., Nindiasari, H., Anwar, C., Firdos, H., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Serang, K. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aktivitas Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. 7(2), 451–465. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/17698/9507
Sarwi, S., Marwoto, P., Susilaningsih, E., Lathif, Y. F., & Winarto, W. (2024). Science learning STEM-R approach: A study of students’ reflective and critical thinking. Journal of Education and Learning, 18(2), 462–470. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i2.21080
Sembiring, O. O. (2022). Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Purba. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 336–346. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3365
Setiani, A., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2021). Persepsi Peserta Didik terhadap LKPD Terintegrasi STEM pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 287–293. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Setiyaningsih, A., Yuwono, M. R., & Wijayanti, S. (2022). Analisis Kelengkapan LKPD sebagai Media Pembelajaran Matematika Peserta Didik. WIDYA DIDAKTIKA - Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 42–47. https://doi.org/10.54840/juwita.v1i2.68
Siregar, E. B., Hidayah, N., Karo, B., Samosir, D., Rajagukguk, W., & Medan, U. N. (2024). Kualitas Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/159
Sri Nurul Walidain1*dan Suji Ardianti21, 2Universitas Samawa. (2024). Dampak Pembelajaran STEM Terhadapkemampuan Kognitif Fisika Peserta Didik. 5(1), 15–20. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/1677
Supit, P. G. Y., & Winardi, Y. (2024). Pembelajaran Berbasis Riset (Research-Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Dan Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pembelajaran Biologi [Research-Based Learning To Improve Students’ Critical Thinking, Creative Thinking. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 20(2), 115. https://doi.org/10.19166/pji.v20i2.8355
Syaifudin, M. (2022). Efektivitas E-Lkpd Berbasis Stem Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Numerasi Dan Sains Dalam. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(2), 211–220. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2580
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–10. https://osf.io/zd8n7/download
Taqiyyah, S. A., Subali, B. S., Linuwih, S., Ellianawati, Siswanto, & Yusof, M. M. bin M. (2023). Development of Android-Based Student Worksheets with a STEM Approach to Improve Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11151–11164. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.4595
Winahyu, W., Ma’rufi, M., & Ilyas, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Stem Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Min Pangkajene Kepulauan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 120–134. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.419
Yuswitari Pasaribu, Syarifah Widya Ulfa, & Rohani. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X Sma Negeri 1 Sorkam. Jurnal Bionatural, 10(2), 99–109. https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.717
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













