TINJAUAN SISTEMATIS PENERAPAN LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM PERSPEKTIF: KOMPETENSI BERPIKIR REFLEKTIF

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7302

Authors

  • Nasywa Mufthia Khairunnisa Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Abdul Aziz Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Dwi Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Semarang

Keywords:

Penerapan bahan ajar inovatif LKPD, Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematics, Kemampuan berpikir kritis dan literasi matematika, Keterampilan Abad-21

Abstract

Peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa menjadi kebutuhan mendesak di tengah rendahnya capaian literasi matematika Indonesia pada survei PISA 2022. Kondisi ini menuntut adanya inovasi pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada hasil, tetapi juga pada proses berpikir siswa secara mendalam. Penelitian ini merupakan Systematic Literature Review (SLR) dengan tujuan untuk menganalisis penerapan LKPD dengan integrasi pendekatan STEM dalam pengembangan kompetensi berpikir reflektif siswa. Menggunakan metode PRISMA, sebanyak 141 artikel yang terbit antara tahun 2020–2025 ditinjau, dan 12 artikel terpilih memenuhi kriteria inklusi yang ditetapkan untuk dianalisis lebih lanjut. Temuan penelitian membuktikan bahwa LKPD dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan kompetensi berpikir reflektif, berpikir kritis, siswa, serta memperkuat literasi. Kegiatan pembelajaran yang menekankan eksplorasi, eksperimen, dan pemecahan masalah kontekstual mendorong kesadaran metakognitif dan refleksi diri siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar desain LKPD dengan pendekatan STEM mengintegrasikan unsur refleksi secara eksplisit untuk memperkuat kemandirian belajar dan karakter ilmiah siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprillia, A. R., Cahyono, D., & Nastiti, A. S. (2021). Systematic Literature Review (SLR): Keberhasilan dan Kegagalan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Jurnal Akuntansi Terapan Dan Bisnis, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.25047/asersi.v1i1.2681

Ardityan Desky, R., Nur Fatmawati, S., Kastur, A., & Susetyo Rukmi, A. (2025). Strategi dan Tantangan Pengembangan Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Tahun, 31(2), 366–379. https://doi.org/10.30587/didaktika.v31i2.9845

Arrohman*, D. A., Wahyuni, A. L. E., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2022). Implementasi Penggunaan LKPD Pencemaran Air Berbasis STEM dan Model Learning Cycle 6E Terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 279–293. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23584

Chamdani, M., Yusuf, F. A., Salimi, M., & Fajari, L. E. W. (2022). Meta-Analysis Study: the Relationship Between Reflective Thinking and Learning Achievement. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 15(3), 181–188. https://doi.org/10.7160/eriesj.2022.150305

Daimah, U. S., & . S. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. Sepren, 4(02), 131–139. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.888

Darmawan, A., Aurora, W. I. D., & Nuriyah, N. (2021). Inovasi Pembelajaran Penggunaan Instrumen Strobe (Strengthening The Reporting Of Observasional Studies In Epidemiology) dan PRISMA (Prefered Reporting Items For Systematic Reviews And Meta-Analyses) pada Materi Ajar Jurnal Reading Program Studi Profesi Do. Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease, 2(2), 129–133. https://doi.org/10.22437/esehad.v2i2.16916

Davidi, Elisabeth Irma Novianti; Sennen, Eliterius; Supardi, K. (2021). Intergrasi Pendekatan STEM Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar, 11 No. 1, 11–22.

Edi Siswanto, Ashar Hasairin, S. (2025). Development of STEM-basedworksheetsto improve critical thinking on matter topic. 22(3), 250–261. https://ejournal-hipkin.or.id/index.php/jik/article/view/76

Eliska, J., & Yuliyanti Sri, P. (2025). Efektivitas LKPD Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah. Madu:Jurnal Ilmiah Mandalika Education, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.36312/madu.v3i1.225

Endra Sattrahing Jaya Kusuma, Arri Handayani, D. R. (2024). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Literatur. 4(24), 369–379. https://doi.10.26877/jwp.v4i2.17971

Etmy, D. (2025). Trend Penelitian Literasi Matematika Tahun 2014-2024: Penelitian Systematic Literature Review (SLR). AUFKLARUNG: Journal of Education Research & …, 1(01), 7–15. https://ejournal.kabarmoe.com/index.php/AUFKLARUNG/article/view/14

Fedinafaliza, F., Mahdian, M., & Irhasyuarna, Y. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Dan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model Fpoeil. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(2), 58–66. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i2.623

Korinti Nalsalsalisa Br Milala, Fauziyah Harahap, H. (2024). Developing STEM-based LKPD to improve student’s critical thinking abilities. Inovasi Kurikulum, 21 Nomor 3(2), 983–998. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/74743

Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055

Marliani, N., & Nurhayati, N. (2020). Komunikasi Matematika Dilihat Dari Model Pembelajaran Reflektif Berbasis Matematika Realistik. SINASIS (Seminar Nasional …, 1(1), 403–411. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4057

Muslimah. (2020). Pentingnya LKPD pada Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(3), 1471–1479. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21473

Novaliyosi, N., Khaerunnisa, E., & Khasanah, M. (2021). Development of LKS With a STEM Approach that Supports The Mathematical Communication Skills of SMP Students. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(2), 200–211. https://doi.org/10.15294/kreano.v12i2.29552

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Nurlan, N. F., Agustan, A., & Sulfasyah, S. (2023). Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Refraktif terhadap Kemampuan Literasi Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3629

Octaviani, R. (2024). Pengembangan Lkpd Berbasis Stem untuk Sekolah Dasar Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(5), 109–123. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i5.2581

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. Bmj, 372. https://doi.org/10.1136/bmj.n71

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220

Rachman, M. F., Nindiasari, H., Anwar, C., Firdos, H., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Serang, K. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aktivitas Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. 7(2), 451–465. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/17698/9507

Sarwi, S., Marwoto, P., Susilaningsih, E., Lathif, Y. F., & Winarto, W. (2024). Science learning STEM-R approach: A study of students’ reflective and critical thinking. Journal of Education and Learning, 18(2), 462–470. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i2.21080

Sembiring, O. O. (2022). Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Satu Atap Purba. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 8(2), 336–346. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3365

Setiani, A., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2021). Persepsi Peserta Didik terhadap LKPD Terintegrasi STEM pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 287–293. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Setiyaningsih, A., Yuwono, M. R., & Wijayanti, S. (2022). Analisis Kelengkapan LKPD sebagai Media Pembelajaran Matematika Peserta Didik. WIDYA DIDAKTIKA - Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 42–47. https://doi.org/10.54840/juwita.v1i2.68

Siregar, E. B., Hidayah, N., Karo, B., Samosir, D., Rajagukguk, W., & Medan, U. N. (2024). Kualitas Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/159

Sri Nurul Walidain1*dan Suji Ardianti21, 2Universitas Samawa. (2024). Dampak Pembelajaran STEM Terhadapkemampuan Kognitif Fisika Peserta Didik. 5(1), 15–20. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/1677

Supit, P. G. Y., & Winardi, Y. (2024). Pembelajaran Berbasis Riset (Research-Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Dan Berpikir Reflektif Siswa Dalam Pembelajaran Biologi [Research-Based Learning To Improve Students’ Critical Thinking, Creative Thinking. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 20(2), 115. https://doi.org/10.19166/pji.v20i2.8355

Syaifudin, M. (2022). Efektivitas E-Lkpd Berbasis Stem Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Numerasi Dan Sains Dalam. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(2), 211–220. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2580

Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–10. https://osf.io/zd8n7/download

Taqiyyah, S. A., Subali, B. S., Linuwih, S., Ellianawati, Siswanto, & Yusof, M. M. bin M. (2023). Development of Android-Based Student Worksheets with a STEM Approach to Improve Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11151–11164. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.4595

Winahyu, W., Ma’rufi, M., & Ilyas, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Stem Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Min Pangkajene Kepulauan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 120–134. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.419

Yuswitari Pasaribu, Syarifah Widya Ulfa, & Rohani. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X Sma Negeri 1 Sorkam. Jurnal Bionatural, 10(2), 99–109. https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.717

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Khairunnisa, N. M., Aziz, A., & Sulistyaningsih, D. (2025). TINJAUAN SISTEMATIS PENERAPAN LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM PERSPEKTIF: KOMPETENSI BERPIKIR REFLEKTIF. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1983–1999. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7302