LITERATURE REVIEW: PERAN FUNGSI PEMBANGKIT DALAM PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DISKRIT DI PENDIDIKAN TINGGI
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7330
Keywords:
fungsi pembangkit, pemahaman konseptual, representasi matematis, pembelajaran matematika diskrit, kajian literatur sistematisAbstract
Fungsi pembangkit (generating function) merupakan konsep fundamental dalam matematika diskrit yang memiliki peranan penting dalam menghubungkan teori kombinatorika, peluang, dan struktur aljabar. Konsep ini tidak hanya digunakan dalam analisis matematis, tetapi juga berpotensi sebagai pendekatan pedagogis yang mampu memperkuat pemahaman konseptual mahasiswa terhadap hubungan antara objek diskrit dan representasi fungsionalnya. Kajian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis berbagai penelitian teoretis dan empiris yang membahas fungsi pembangkit dari perspektif matematis dan pedagogis serta mengidentifikasi implikasinya terhadap pembelajaran matematika diskrit di pendidikan tinggi. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap sepuluh artikel nasional dan internasional terbitan tahun 2018–2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa fungsi pembangkit berperan dalam: (1) memperkuat pemahaman konsep abstrak melalui translasi aljabar terhadap struktur kombinatorial, (2) meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa melalui pendekatan penemuan terbimbing, serta (3) menyediakan kerangka integratif antara teori peluang, partisi bilangan, dan aplikasi komputasi. Kajian ini merekomendasikan integrasi fungsi pembangkit dalam kurikulum matematika diskrit berbasis Problem-Based Learning (PBL) dengan dukungan modul penemuan terbimbing untuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan konseptual.
Downloads
References
Andrews, G. E., & El Bachraoui, M. (2025). On the generating functions for partitions with repeated smallest part. Journal of Mathematical Analysis and Applications, 549, 129537.
Ardiansyah, F. (2021). Aplikasi Fungsi Pembangkit dalam Penyelesaian Persoalan Stars and Bars yang Dibatasi. Makalah Matematika Diskrit, ITB.
Budhi, D. L., & Wowor, A. D. (2019). Regenerasi Fungsi Kuadrat dalam Pembangkit Bilangan Acak Berbasis Chaos. AITI: Jurnal Teknologi Informasi, 16(2), 125–134.
Iltavia. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Fungsi Pembangkit. ILTAVIA Journal, 8(236–248).
Kumar, A., & Yelam, P. (2025). Modeling Availability of a Multistate Geothermal Power Plants through Fuzzy Universal Generating Function. Discover Applied Sciences, 7:573.
Li, T., Song, Y., & Zhang, L. (2025). Solving Arbitrary One-Loop Reduction via Generating Function. European Physical Journal C, 85:142.
Muna, N. S. W., & Isnaini, U. (2024). Diseksi-4 atas Fungsi Pembangkit Partisi Frobenius Diperumum dengan 4-Pewarnaan. Jurnal Matematika Integratif, 20(1), 81–88.
Rademacher, S. (2025). Generating Function for Quantum Depletion of Bose-Einstein Condensates. Journal of Statistical Physics, 192:108.
Rahmawati, N. D., Amintoko, G., & Faizah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa pada Materi Fungsi Pembangkit dan Pemberian Scaffolding. eduMATH, 6(2), 1–5.
Sitopu, J. W., & Siswadi. (2022). Fungsi Pembangkit Momen dari Distribusi Probabilitas Diskrit. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 144–153.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













