PENGEMBANGAN DIGIBOOK GEOMETRY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SMP DI LINGKUNGAN PESANTREN UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN SPASIAL
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7348
Keywords:
Kemampuan Spasial, Digibook Geometry, Kearifan Lokal di Lingkungan Pesantren.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk digibook pada materi geometri dengan berbasis kearifan lokal di lingkungan pesantren dalam mengoptimalkan kemampuan spasial siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode RnDResearch & Development) dengan model 4D yang memalui beberapa tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Dessimination. Subjek pada penelitian ini adalah 50 sekolah dan 15 orang guru dan 300 orang siswa SMP yang berada di lingkungan pesantren di kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media, kuesioner respon siswa dan uji pretes dan postest pada kemampuan spasial. Berdasarkan hasil penelitian, digibook geometri ini valid dan layak untuk digunakan. Hasil postest pun menunjukkan peningkatan sebanyak 22,70% dari uji pretes. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa digibook geometri berbasis kearifan lokal dilingkungan pesantren valid dan dapat mengoptimalkan kemampuan spasial siswa.
Downloads
References
Annisa, A., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2021). Kesulitan Siswa dalam Proses Matematisasi Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 97-108. https://dx.doi.org/10.62870/wjirpm.v2i2.11700
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59-73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135
Asryana, A., Sanapiah, S., & Kinasih, I. P. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan geogebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 107-114. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1836
Aydin, A., & Aytekin, C. (2018). Teaching Materials Development and Meeting the Needs of the Subject: A Sample Application. International Education Studies, 11(8), 27-38. ISSN: ISSN-1913-9020
Fahlevi, M. R. (2022). Studi Literatur: Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkembangkan Number Sense Siswa. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(1), 42-58. https://doi.org/10.32332/linear.v3i1.4847
Farhatin, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kearifan lokal untuk siswa SMP Kelas VIII. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-45. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i1.2082
Farihah, U., Prayogo, M. S., Nugroho, C. B., & Mizuno, K. (2025). Pendampingan Pemanfaatan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Teknologi Informasi Guru Matematika. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 201-211. https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10247
Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2022). Pengembangan digibook barisan dan deret berbasis anyflip untuk mengeksplor kemampuan berpikir komputasional peserta didik. Jurnal Cendekia, 6(1), 191-203.
Fitriani, F., Wahidah, W., & Junaidi, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Berbasis Kearifan Lokal Aceh. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 41-58.
Hanggara, Y., Amelia, F., Gusmania, Y., Ismarti, I., & Putra, J. D. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MUDAH DAN MENYENANGKAN BAGI GURU MENTAL ARITMATIKA ASMA BATAM. MINDA BAHARU, 7(2), 130-140. Doi. 10.33373/jmb.v7i2.5681
Hidajat, D., Pratiwi, D. A., & Afghohani, A. (2019). Analisis kesulitan dalam penyelesaian permasalahan ruang dimensi dua. Prosiding SNPMAT II, 82-90.
Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3082-3096.
Khoirunnisa, S., Sulhan, S., Kalsum, U., Timbu, D. L., Ngongo, O. B., & Ambarawati, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 21-32.
Komara, K., Supratman, S., & Lestari, P. (2023). Pengembangan Digibook Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Mengoptimalkan Kemampuan Representasi Gambar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1451-1468.
Maulin, B. A., & Chotimah, S. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 949-956. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%25p
Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84-96. p-ISSN: 2407-0963, e-ISSN: 2460-7177
Munir, N. P., Thalhah, S. Z., Anas, A., & Nurwahida, N. (2023). Diseminasi media pembelajaran geometri terintegrasi kearifan lokal berbantuan augmented reality. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 621-630. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1934
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94-103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356
Novak, J. I., & Loy, J. (2018). Digital technologies and 4D customized design: challenging conventions with responsive design. In Handbook of research on human development in the digital age (pp. 403-426). IGI Global Scientific Publishing. DOI: 10.4018/978-1-5225-2838-8.ch018
Purborini, S. D., & Hastari, R. C. (2018). Analisis kemampuan spasial pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 49-58. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.147
Sirri, E. L., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Is android-based learning media effective for exploring students' spatial ability?. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 7(2), 149-160. https://doi.org/10.29407/jmen.v7i2.16527
Suprayo, T., Sugiman, S., Pujiastuti, E., Setiyani, S., & Oktoviani, V. (2023). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 352-363. DOI Issue: 10.46306/lb.v4i1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













