PENGEMBANGAN MODUL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7353
Keywords:
Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Modul PembelajaranAbstract
Permasalahan utama dalam pembelajaran matematika di jenjang SMP terletak pada rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami konsep-konsep abstrak, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Kondisi ini diperparah oleh keterbatasan bahan ajar yang belum sepenuhnya mendukung kemandirian belajar sebagaimana diamanatkan dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan sehingga dapat digunakan secara efektif dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian meliputi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Padang, sedangkan instrumen yang digunakan terdiri atas lembar validasi dan praktikalitas yang diisi oleh ahli materi, guru, dan peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis Problem Based Learning memperoleh tingkat validitas sebesar 72,7% dengan kategori valid, sedangkan tingkat kepraktisan mencapai 90,62% menurut guru dan 84,12% menurut peserta didik, keduanya tergolong sangat praktis. Modul ini dinilai efektif dalam meningkatkan partisipasi dan kemandirian belajar serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui kegiatan pemecahan masalah kontekstual. Dengan demikian, modul berbasis Problem Based Learning layak dijadikan alternatif bahan ajar untuk mendukung pembelajaran matematika yang adaptif terhadap prinsip Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Aden, A. & Anggela Supriyanti. (2020). Prediksi Jumlah Calon Peserta Didik Baru Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing Dari Brown: ( Study Kasus: SD Islam Al-Musyarrofah Jakarta ). LEBESGUE, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.14
Badarudin, B., Muslim, A., Sadeli, E. H., & Nugroho, A. D. (2022). Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Mi Muhammadiyah Kramat Kembaran. Khazanah Pendidikan, 16(1), 154. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.13359
Baharuddin, Halimah, A., Nursalam, & Andi Mattoliang, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia The Development Of Multimedia-Based InteractiveLearning Media. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 97–110.
Dewi, I., Siregar, H., Agustia, A., & Dewantara, K. H. (2024). Implementasi Case Method Berbasis Pembelajaran Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(2), 261. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.16341
Dila Rizki Amanda. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 185–199. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3181
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Komariah, I., Mutakarikah, M., Widati, R., & Pribadi, R. A. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 10(2), 138. https://doi.org/10.33394/jtni.v10i2.12141
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.
Kurrokhmat, T., & Barliana, M. S. (2021). Problem Based Learning pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa: Literatur Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 592–598. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1134
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Mendrofa, R. N., Fauzi, K. M. A., & Sitompul, P. (2024). Eksplorasi Keterkaitan antara Kearifan Lokal dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 601–612. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1693
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559
Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 5–9. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.16
Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3). https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2612
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40.
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas V Sd Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1466
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadhila Agussya, Dewi Yuliana Fitri, Hamdunah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













