PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Keywords:
E-Modul Flipbook, Problem Based Learning, Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul yang disajikan dalam bentuk flipbook berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar dan terintegreasi dengan wesbite/aplikasi seperti nearpod, assemblr edu dan youtube serta disajikan online kepada peserta didik melalui tautan. Jenis penelitian yang digunakan yakni Design Research tipe Development Studies melalui tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation, serta assessment phase. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 22 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh melalui hasil angket validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Hasil peneilitian yang didapatkan menunjukkan e-modul dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi tim ahli dengan presentase sebesar 88,57% untuk aspek materi, dan 89% untuk aspek desain. Selain itu tingkat kepraktisan e-modul dinilai cukup praktis oleh guru dengan presentase 80%, dan oleh siswa sebesar 85,56% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya tingkat keefektifan e-modul didapatkan hasil angket efektifitas sebesar 90,15%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul yang telah dikembangkan terbukti efektif digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi bangun ruang sisi datar.
Downloads
References
Akker, J. van den, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research.
Ashari, S. A., A, H., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448
Bagaskara, A. (2017). Pengembangan Modul Matematika Tiga Dimensi Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP.
Dewi, A. C. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital. 3(3), 165–170.
Fawaid, Faulina, R., & Sari, D. I. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Mts Nurul Karomah. Numeracy, 12(1), 51–66. https://doi.org/10.46244/numeracy.v12i1.3092
Febrianti, N. L. P. S., Sariyasa, & Astawa, I. W. . (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(1), 41–53.
Felia, G., Mulyono, D., & Fauziah, A. (2024). Pengembangan Modul Matematika Berbantuan Augmented Reality dengan Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. 8, 280–286.
Gulo, K., & Mendrofa, N. K. (2024). Pengembangan E-Modul dalam Bentuk Flipbook Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli. 08(November 2023), 1007–1020.
Hidayatulloh, M. S. (2017). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma, 7(2), 24. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416
Kindangen, M. S., Monoarfa, J. F., & Sukajaya, I. N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Module Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Sains Riset (JSR), 13(April 2023), 47–53.
Pasaribu, F. T., Gustiningsi, T., Syafmen, W., Theis, R., Nusantara, D. S., & Sainuddin, S. (2024). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AR untuk Guru SMP di Kota Jambi. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1588–1596. https://doi.org/10.53769/jai.v4i4.1061
Rahmah, N. A., Rahma, S., Fadilah, N., & Ratnaningsih, N. (2021). Pengembangan E-Modul FLIPHTML Bangun Ruang Sisi Datar berbasis Cerita Bergambar. 3(2), 166–173.
Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733–2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759
Safaati, P. N., Nova, T., & Yunianta, H. (2022). Pengembangan EDUGSIA (E-Modul Bangun Ruang Sisi Datar) Berbasis Android Sebagai Suplemen Belajar Peserta Didik SMP Kelas VIII kehidupan , berisi tentang konsep garis , titik , bidang dan bangun ruang beserta sifat , ukuran , antara kurang mengerti konsep . 06(02), 1315–1324.
Syawaly, A. M., & Hayun, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Instruksional, 2(1), 10. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.10-16
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Pag. https://books.google.co.id/books?id=eEsO-LvMS60C&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_atb#v=onepage&q&f=false
Wibowo, E., Pratiwi, D. D., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Endro, J., & Putra, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan Pendidikan merupakan sarana untuk menuju kepada pertumbuhan dan perkembangan bangsa . Pendidikan juga merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai. 1(2), 147–156.
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













