PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Authors

  • Alief Eriadyahningrum Universitas Jambi
  • Feri Tiona Pasaribu Universitas Jambi
  • Tria Gustiningsi Universitas Jambi

Keywords:

E-Modul Flipbook, Problem Based Learning, Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul yang disajikan dalam bentuk flipbook berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar dan terintegreasi dengan wesbite/aplikasi seperti nearpod, assemblr edu dan youtube serta disajikan online kepada peserta didik melalui tautan. Jenis penelitian yang digunakan yakni Design Research tipe Development Studies melalui tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation, serta assessment phase. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 22 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh melalui hasil angket validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Hasil peneilitian yang didapatkan menunjukkan e-modul dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi tim ahli dengan presentase sebesar 88,57% untuk aspek materi, dan 89% untuk aspek desain. Selain itu tingkat kepraktisan e-modul dinilai cukup praktis oleh guru dengan presentase 80%, dan oleh siswa sebesar 85,56% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya tingkat keefektifan e-modul didapatkan hasil angket efektifitas sebesar 90,15%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul yang telah dikembangkan terbukti efektif digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi bangun ruang sisi datar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akker, J. van den, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research.

Ashari, S. A., A, H., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448

Bagaskara, A. (2017). Pengembangan Modul Matematika Tiga Dimensi Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP.

Dewi, A. C. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Era Digital. 3(3), 165–170.

Fawaid, Faulina, R., & Sari, D. I. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Mts Nurul Karomah. Numeracy, 12(1), 51–66. https://doi.org/10.46244/numeracy.v12i1.3092

Febrianti, N. L. P. S., Sariyasa, & Astawa, I. W. . (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Problem-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(1), 41–53.

Felia, G., Mulyono, D., & Fauziah, A. (2024). Pengembangan Modul Matematika Berbantuan Augmented Reality dengan Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. 8, 280–286.

Gulo, K., & Mendrofa, N. K. (2024). Pengembangan E-Modul dalam Bentuk Flipbook Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli. 08(November 2023), 1007–1020.

Hidayatulloh, M. S. (2017). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma, 7(2), 24. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416

Kindangen, M. S., Monoarfa, J. F., & Sukajaya, I. N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Module Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Flip PDF Professional. Jurnal Sains Riset (JSR), 13(April 2023), 47–53.

Pasaribu, F. T., Gustiningsi, T., Syafmen, W., Theis, R., Nusantara, D. S., & Sainuddin, S. (2024). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AR untuk Guru SMP di Kota Jambi. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1588–1596. https://doi.org/10.53769/jai.v4i4.1061

Rahmah, N. A., Rahma, S., Fadilah, N., & Ratnaningsih, N. (2021). Pengembangan E-Modul FLIPHTML Bangun Ruang Sisi Datar berbasis Cerita Bergambar. 3(2), 166–173.

Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733–2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759

Safaati, P. N., Nova, T., & Yunianta, H. (2022). Pengembangan EDUGSIA (E-Modul Bangun Ruang Sisi Datar) Berbasis Android Sebagai Suplemen Belajar Peserta Didik SMP Kelas VIII kehidupan , berisi tentang konsep garis , titik , bidang dan bangun ruang beserta sifat , ukuran , antara kurang mengerti konsep . 06(02), 1315–1324.

Syawaly, A. M., & Hayun, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Instruksional, 2(1), 10. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.10-16

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Kogan Pag. https://books.google.co.id/books?id=eEsO-LvMS60C&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_atb#v=onepage&q&f=false

Wibowo, E., Pratiwi, D. D., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Endro, J., & Putra, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan Pendidikan merupakan sarana untuk menuju kepada pertumbuhan dan perkembangan bangsa . Pendidikan juga merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai. 1(2), 147–156.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Eriadyahningrum, A., Pasaribu, F. T., & Gustiningsi, T. (2025). PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 2119–2133. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/pedagogy/article/view/7460