Identifikasi Pola Distribusi Guna Mendukung Rantai Pasok Beras di Kabupaten Sidenreng Rappang (Studi Kasus CV. Rahma 35)

Identification of Distribution Patterns to Support the Rice Supply Chain in Sidenreng Rappang District (Case Study CV. Rahma 35)

Authors

  • Muhammad Chaerul Qayyum Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Aksal Mursalat Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Iranita Haryono Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

DOI:

https://doi.org/10.30605/perbal.v12i3.4169

Keywords:

Beras, Distribusi, Industri, Pemasaran, Rantai Pasok

Abstract

Kabupaten Sidenreng Rappang menjadi salah satu daerah penghasil padi terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil tersebut diperlukan proses pengolahan dan pendistribusian yang baik hingga ke tangan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola saluran distribusi guna mendukung rantai pasok beras di Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan metode wawancara mendalam Penelitian diharapakan mampu memberikan informasi terkait aliran rantai pasok dalam Perusahaan serta informasi terkait efisiensi saluran distribusi dan biaya dalam distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola distribusi beras yang terjadi di Kabupaten Sidenreng Rappang studi kasus CV. Rahma 35 terdiri dari 2 saluran distribusi. Saluran pertama petani ® pedagang pengumpul/mitra ® industri CV. Rahma 35 ® konsumen luar provinsi. Untuk saluran kedua petani ® pedagang pengumpul/mitra ® industri CV. Rahma 35 ® pedagang pengecer ® konsumen. Pola saluran distribusi ini didukung dengan aliran rantai pasok yang ada di Kabupaten Sidenreng Rappang, dapat dilihat bahwa masing-masing aliran yang ada berjalan dengan baik sesuai dengan teori rantai pasok. Mulai dari aliran produk yang berjalan satu arah dari produsen ke konsumen. Kemudian aliran keuangan yang juga mengalir satu arah dari konsumen ke produsen. Serta aliran informasi yang mengalir dua arah antara produsen dan konsumen agar mempererat hubungan kepercayaan diantara keduanya.

Sidenreng Rappang Regency is one of the largest rice producing areas in South Sulawesi Province. With these results, a good processing and distribution process is needed into the hands of consumers. The method used in this research is qualitative method. The sampling technique in this research was carried out using the snowball sampling technique. The data analysis technique was carried out using the in-depth interview method. The research is expected to be able to provide information regarding supply chain flows within the Company as well as information regarding the efficiency of distribution channels and costs in distribution. The results of the research show that the rice distribution pattern that occurs in the Sidenreng Rappang Regency, the CV case study. Rahma 35 consists of 2 distribution channels. The first channel is farmers ® traders/partners ® CV industry. Rahma 35 ® consumers outside the province. For the second channel, farmers ® traders/partners ® CV industry. Rahma 35 ® retailers ® consumers. This distribution channel pattern is supported by the supply chain flow in Sidenreng Rappang Regency. It can be seen that each existing flow is running well in accordance with supply chain theory. Starting from the flow of products that goes in one direction from producer to consumer. Then financial flows also flow in one direction from consumers to producers. As well as a two-way flow of information between producers and consumers to strengthen the relationship of trust between the two.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R., & Arif, R. (2019). Keuntungan pabrik penggilingan padi di Desa Karang Rejo Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin. Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis. Vol.8: 65–72.

Alfiyanto, A. (2020). Manajemen pemasaran jasa pendidikan berbasis budaya religius. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 10(1): 53–62. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.867 DOI: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i1.867

Arifah, D. A. E. N., & Antriyandarti, E. (2022). Saluran distribusi beras di Kabupaten Klaten. VIABEL: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian. Vol.16 (1): 29–40. https://doi.org/10.35457/viabel.v16i1.1732 DOI: https://doi.org/10.35457/viabel.v16i1.1732

Asiah, N., Ambarsari, A., & Ferhat, A. (2023). Analisis distribusi jagung di Kecamatan Kalukku, Provinsi Sulawesi Barat. Agroforetech. Vol.1: 340–346.

BPS. (2021). Luas Panen dan Produksi Padi di Sulawesi Selatan 2020 (Angka Tetap) (Issue 18).

BPS. (2023). Luas Panen dan Produksi Padi di Sulawesi Selatan 2022 (Angka Tetap ) (Vol. 2022, Issue 56).

Dunggio, M., & Basri, S. (2019). Pengaruh sistem kerja kontrak dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan erha clinic The effect of the contract work system and work motivation on employee. Bisnis, Ekonomi As-Syafi, Universitas Islam. Vol.16(2): 166–174.

Fikri, M. A., & Rini, P. L. (2023). Manajemen rantai pasokan hijau dan kinerja bisnis: peran kinerja operasional pada sektor industri produk halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol. 9(1): 358–370. https://www.jurnal.stieaas.ac.id/index.php/jei/article/view/6627

Harris, S. A., & Soenhadji, I. M. (2022). Pengaruh promosi, kualitas layanan, harga dan distribusi terhadap loyalitas konsumen pengguna aplikasi food delivery dengan menggunakan variabel mediasi kepuasan konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol. 27(3): 418–432. https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i3.4970 DOI: https://doi.org/10.35760/eb.2022.v27i3.4970

Hartina, Mursalat, A., & Fitriani, R. (2023). Efesiensi pemasaran cabai melalui inovasi abon cabai Desa Bulo Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan. Vol.11(2). DOI: https://doi.org/10.30605/perbal.v11i2.2704

Kurniawan, G. (2019). Analisis kinerja pemasaran produk PT. Artois Pharma. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis). Vol. 4(2): 108–124. https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.61 DOI: https://doi.org/10.33005/mebis.v4i2.61

Kurniawati, N. I., Mege, S. R., & Werdani, R. E. (2020). Analisis manajemen rantai pasok beras di Kabupaten Demak. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 14(3): 155. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i3.19885 DOI: https://doi.org/10.19184/bisma.v14i3.19885

Lambert, D. M., Cooper, M. C., & Pagh, J. D. (1998). Supply chain management: implementation issues and research opportunities. The International Journal of Logistics Management. Vol. 9(2): 1-20 (20). http://dx.doi.org/10.1016/j.jaci.2012.05.050 DOI: https://doi.org/10.1108/09574099810805807

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah. Vol. 6 (1): 33–39.

Meinaldy, K. R. (2021). Perilaku konsumen beras premium di Kabupaten Cilacap. JASE : Journal of Agricultural Socio-Economics. Vol. 1(1): 1–12. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/204247 DOI: https://doi.org/10.33474/jase.v1i1.7150

Mursalat, A. (2021). Pengembangan pola kemitraan dalam menunjang saluran distribusi beras di Kabupaten Sidenreng Rappang. Agrimor. Vol. 6(2): 82–87. https://doi.org/10.32938/ag.v6i2.1335 DOI: https://doi.org/10.32938/ag.v6i2.1335

Mursalat, A., Herman, B., Asra, R., & Thamrin, N. T. (2022). Analisis pendapatan dan margin pemasaran dalam saluran distribusi beras Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Agrimor (Agribisnis Lahan Kering). Vol. 7(2502): 70–76. DOI: https://doi.org/10.32938/ag.v7i2.1684

Mursalat, A., Putri, N. Y., Qayyum, M. C., & Ario, A. (2023). Strategi penerapan manajemen produksi dalam industri beras CV. Rahma 35 di Kabupaten Sidenreng Rappang. Musamus Journal of Agribusiness (Mujagri). Vol. 6(2): 55–65. https://ejournal.unmus.ac.id/agri DOI: https://doi.org/10.35724/mujagri.v6i2.5419

Mursalat, A., Wulandary, A., & R, F. (2020). Identification of partnership patterns and rice distribution channels as the main commodity in Sidenreng Rappang District. Agricultural Social Economic Journal. Vol. 20(4): 285–290. https://doi.org/10.21776/ub.agrise.2020.20.4.3 DOI: https://doi.org/10.21776/ub.agrise.2020.20.4.3

Nurdiana, D., Setiawan, I., & Isyanto, A. Y. (2020). Jaringan komunikasi pemasaran beras (studi kasus pada CV Jembar Rahayu di Desa Sukamantri Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh. Vol. 7(1): 166. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2573 DOI: https://doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2573

Paramita, Y. S., Hasyim, A. I., & Affandi, M. I. (2019). Analisis rantai pasok tomat di kecamatan sukau kabupaten lampung barat (analysis of supply chains of tomato in Sukau District Lampung Barat Regency). Jiia. Vol. 7(4): 499–506.

Pratasik, S., & Maulida, S. (2021). Analisis rantai pasok beras di Tebing Tinggi. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Vol. 1(5): 460–468. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2759 DOI: https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2759

Purwandoko, P. B., Seminar, K. B., Sutrisno, S., & Sugiyanta, S. (2019). Analisis rantai pasok beras organik di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pangan. Vol. 27(3): 187–194. https://doi.org/10.33964/jp.v27i3.390 DOI: https://doi.org/10.33964/jp.v27i3.390

Rahyuni, R., Noer, M., & Yusmarni, Y. (2020). Analisis persepsi konsumen beras di kecamatan Padang Timur Kota Padang. (JOSETA) Journal of Socio Economics on Tropical Agriculture. Vol. 2(3): 199–209. https://doi.org/10.25077/joseta

Rohmah, S. N., Ani, H. M., & Kantun, S. (2020). Strategi distribusi pada Cv. Lahan Mas di Desa Baletbaru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial. Vol. 14(2): 294–298. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.15854

Sima, A., & Simamora, L. (2023). Analisis rantai pasok dan efisiensi pemasaran beras di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Agribisnis. Vol. 11(1).

Sriwijaya, P. N. (2019). Proses penginputan account payable invoice pada divisi finance accounting dan tax PT. Gonusa Prima Distribusi. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local. Vol. 1(69): 5–24.

Suminartika, E., Rahmawati, E., & Budiman, M. A. (2020). Keuntungan dan Saluran Pemasaran Beras di Sentra Utara Jawa Barat. 1: 29–36.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Bahan Ajar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. 1–17.

Wahyudi, E., Meriyati, & Aravik, H. (2023). Analisis kerjasama pengelolaan lahan pertanian dalam perspektif ekonomi islam di Desa Mekar Jaya. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN). Vol. 1(3): 809–820.

Wahyuni, F., Winandi Asmarantaka, R., & Rosiana, N. (2023). Sistem pemasaran beras di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat. Forum Agribisnis. Vol. 13(2): 203–217. https://doi.org/10.29244/fagb.13.2.203-217 DOI: https://doi.org/10.29244/fagb.13.2.203-217

Wuryantoro, W., & Candra, A. (2022). Analisis rantai nilai dan efisiensi pemasaran beras di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora. Vol. 8(3): 347–354. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i3.113 DOI: https://doi.org/10.29303/jseh.v8i3.113

Downloads

Published

2024-10-15