ANALISIS KEBUTUHAN MODUL AJAR BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK FASE E SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Authors

  • Yosy Rahma Dona yosy a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Negeri Padang";}
  • Ganda Hijrah Selaras Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i2.4184

Keywords:

kurikulum merdeka, modul ajar, problem based learning

Abstract

Pembelajaran di sekolah saat ini menerapkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini menuntut penyediaan modul ajar sebagai perangkat pembelajaran yang digunakan guru saat proses pembelajaran. Modul ajar yang digunakan guru di sekolah masih menggunakan modul ajar yang di dapat dari internet tanpa menyusunnya terlebih dahulu sehingga terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Materi yang kerap dinilai sulit oleh peserta didik salah satunya adalah keanekaragaman hayati. Materi tersebut akan mudah dipahami jika menggunakan model Problem Based Leraning (PBL) yang mana kegiatan pembelajaran tersebut akan membimbing peserta didik memecahkan masalah yang berhubungan dengan sekitar. Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap modul ajar berbasis PBL pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian  yaitu satu orang guru biologi dan 30 orang peserta didik fase E SMA. Dari hasil analisis, diketahui pengembangan modul ajar berbasis PBL pada materi keanekaragaman hayati sangat dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-13

How to Cite

yosy, Y. R. D., & Hijrah Selaras, G. . (2024). ANALISIS KEBUTUHAN MODUL AJAR BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK FASE E SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Jurnal Biogenerasi, 9(2), 1249–1254. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i2.4184