PERSEPSI DOSEN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO TERHADAP PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v6i1.513Keywords:
Persepsi dosen, Pembelajaran daringAbstract
Salah satu upaya pencegahan sebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, merespon dengan kebijakan “belajar dari rumah”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo terhadap pembelajaran daring. Dengan adanya himbauan tersebut, maka proses pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Cokroaminoto Palopo dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi dan media internet. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survei deskriptif. Sampel pada penelitian ini 27 dosen sebagai responden yang terdiri dari 6 bidang program studi yang ada di FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo. Pengumpulan data persepsi dosen dilakukan melalui pemberian angket (kuesioner), melalui google form kepada dosen yang telah melaksanakan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang paling banyak digunakan oleh dosen dalam pembelajaran daring yaitu zoom meeting, pelaksanaan perkuliahan daring umumnya dilaksanakan di rumah dengan kondisi signal yang lancar, metode pembelajaran daring yang sering digunakan selama pandemi Covid-19 yaitu forum diskusi melalui aplikasi pembelajaran daring, sebagian dosen memilih kategori (sering dan selalu) dalam memberikan materi dan tugas secara sistematis serta terstruktur (melalui Google Classroom, Edmodo, dll), kendala yang dihadapi pada saat perkuliahan daring yaitu kesulitan dalam menyampaikan materi (komunikasi kurang efektif/terbatas dengan mahasiswa), keluhan mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu terlalu banyak tugas dan tuntutan dari dosen, serta perkuliahan daring dianggap cukup efektif oleh sebagian dosen dalam perkuliahan.
Downloads
References
Argaheni, Niken B. 2020. Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Placentum Volume 8 (2) 2020. https://www.researchgate.net/publication/343984226_Sistematik_Review_Dampak_Perkuliahan_Daring_Saat_Pandemi_COVID19_Terhadap_Mahasiswa_Indonesia
Danin, Aqiilah. 2020. Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/download/6511/3217.
Fajrian, H. 2020. https://katadata.co.id/. Retrieved April 8, 2020, from https://katadata.co.id/berita/2020/03/15/antisipasi-corona-nadiem-makarim-dukung-kebijakanmeliburkan-sekolah
Hendra, Friana. 2020. “WHO Umumkan Corona COVID-19 Sebagai Pandemi, (12 Maret 2020).” https://tirto.id/eEvE.
Kemendikbud. 2020. “Cegah Sebaran Covid-19 Di Satuan Pendidikan, Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Solusi Belajar Daring (Siaran Pers BKH Kemendikbud Nomor: 054/SIPRES/A6/ III/2020. 15 Maret 2020).
Kučírková, L. 2012. A Comparison of Study Results of Business English Students in elearning and Face-to-face courses. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 5(3), 173–18)
Lashley, Y. G. 2014. Integrating computer technology in the teaching of Biology. International Journal Of Biology Education , 3(2).
Mahesa, E. 2020. “Coronavirus: Covid-19 Has Killed More People than SARS and MERS Combined, despite Lower Case Fatality Rate .” The BMJ 2((1)): 150–59.
Mustaji, Karwanto, Dewi, U., & Khotimah, N. 2014. Pemberdayaan Mahasiswa Untuk Berpikir Kritis, Kreatif, Dan Kolaboratif Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaborasi. . Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Surabaya .
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. 2011. E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135
Nugroho. 2012. Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Suatu tinjauan aspek persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru. Varidika , 135-146.
Roberts, T. S., & McInnerney, J. M. (2007). Seven problems of online group learning (and their solutions). Educational Technology and Society. https://doi.org/10.1111/j.2151- 6952.1960.tb01699.
Rosyid, Tohari & Lismanda. 2020. Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Kuliah Statistik Pendidikan Di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/download/7769/6293.
Sadikin & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Voume 6 (2) 2020. https://online-journal.unja.ac.id/biodik.
Saifuddin, M. F. (2016). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 102-110.
Singh, G., ’donoghue, J. O., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education. Journal of University Teaching & Learning Practice , 2(1).
Widiyono, Aan. 2020. Efektivitas Perkuliahan Daring (online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Volume 8 (2) 2020. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/download/458/400/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.