EFEKTIVITAS PERKULIAHAN ONLINE MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA KULIAH BIOLOGI MOLEKULER
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v6i1.512Keywords:
Efektivitas, perkuliahan online, Google ClassroomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perkuliahan online menggunakan Google Classroom pada mata kuliah Biologi Molekuler. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester V yang berjumlah 49 orang. Adapun sampel dalam penelitian adalah mahasiswa kelas 5B yang berjumlah 22 orang. Hasil uji statistik deskriptif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa sebelum dan setelah perkuliahan online menggunakan aplikasi Google Classroom. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest yaitu 64.91 yang berada pada kategori rendah dan mengalami peningkatan pada posttest dengan nilai rata-rata 86.68 yang berada pada kategori tinggi. Hasil uji statistik inferensial dengan menggunakan uji hipotesis paired sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Google Classroom efektif digunakan sebagai media perkuliahan online pada mata kuliah Biologi Molekuler.
Downloads
References
Afrianti, W. E. 2018. Penerapam Google Classroom dalam Pembelajaran
Akuntansi (Studi pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia).
Cucinotta, D. dan Vanelli, M. 2020. WHO Declares Covid-19 a Pandemic. Acta Biomed, 91(1), 157-160.
Elyas, A. H. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta 56: 1–11.
Gunawan, F. I. dan S. G. Sunarman. 2018. Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran (Yogyakarta) Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia ISBN: 978-602-6258-07-6.
Kusuma, A., dan Astuti, W. 2019. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom. Jurnal Lahjah Arabiyah, 67-89.
Khusniyah, N. L. dan L. Hakim. 2019. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Volume 17, No. 1,
Juni 2019 halm 19-332019).
McClean, P., Johnson, C., Rogers, R., Daniels, L., Reber, J., Slator, B.M., Terpstra, J., dan White, A. 2005. Molecular and Cellular Biology Animations: Development and Impact on Student Learning. Cell Biology
Education, 4: 169–179
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., dan Fauzan, R. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151.
Popham, W. J. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan). Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Phsycology, and Counselling, 2(1), 2716-4446.
Rikizaputra dan Sulastri, H. 2020. Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 106-118.
Rotbain, Y., Marbach-Ad, G., dan Stavy, R. 2008. Using a Computer Animation to Teach High School Molecular Biology. J Sci Educ
Technol, 17: 49–58. doi: 10.1007/s10956-007- 9080-4
Saifuddin, M. F. 2018. E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109.
Sari, I.N. 2019. Pengaruh Penggunaan Google Classroom terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Sinambela, N. J. M.. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan
Masalah (Problem-Based Instruction dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara. Universitas Negeri Surabaya.
Suhada, I., T. Kurniati, A. Pramadi, dan M. Listiawati. 2020. Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Supriadi dan M. Mustafa. 2019. Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom pada Mata Kuliah Rekayasa Sistem Audio. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM - 2019 “Peran Penelitian Dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia,” Malang: Universitas Negeri Malang, 777–87.
Suryanti, E., A. Fitriani, S. Redjek, dan Riandi. 2019. Identifikasi Kesulitan Mahasisda dalam Pembelajaran Biologi Molekuler Berstrategi Modified Free Inquiry. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 9(2): 37–47.
Tammu, R. M. 2018. Peran Pembelajaran Biologi Sel dan Molekuler dalam Pengeloaan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Mataram: Universitas Mataram, 878–85.
Tibell, L.A.E. dan Rundgren, C. J. 2010. Educational Challenges of Molecular Life Science: Characteristics and Implications for Education and Research. CBE-Life Sciences Education, 9:25–33
Zhafira, N. H., Ertika, Y., dan Chairiyaton. 2020. Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.