HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KADER TERHADAP KUNJUNGAN IBU BALITA KEPOSYANDU DI KECAMATAN ARONGAN LAMBALEK

Authors

  • Teuku muliadi
  • Lisa Nofia Universitas Teuku Umar
  • khairunnas Universitas Teuku Umar
  • Rina wati Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6052

Keywords:

Kualitas pelayanan kader, balita, kunjungan ibu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kader terhadap kunjungan ibu balita  ke  posyandu. Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Penggunaan kuesioner sebagai instrumen utama memungkinkan pengumpulan data yang sistematis dan terstandarisasi, sehingga mempermudah analisis. Jumlah populasi diperkirakan sekitar 889 ibu balita yang tercatat dalam data Posyandu. Populasi ini mencakup semua ibu yang memiliki anak usia 0-5 tahun yang aktif mengunjungi Posyandu.Dari populasi tersebut, sampel akan diambil sebanyak 90 ibu balita. Hasil penelitian sebagian besar kader tidak bekualitas berdasarkan uji analisis chi square diperoleh hasil p – value adalah 0,006 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan kader terhadap kunjungan ibu balita ke posyandu di kec. Arongan lambalek

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R., Rahmawati, D., & Yulianti, I. (2019). Faktor yang mempengaruhi kunjungan ibu membawa balita ke posyandu kelurahan tanjung pauh. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 1(1), 1-7.
Arifin, A. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Keterlibatan Ibu Balita Dalam Program Posyandu. Universitas Indonesia.
Bidang Kesmas. (2022). Data Cakupan Penimbangan Balita Provinsi Aceh Tahun 2018-2022.Banda Aceh: Bidang Kesmas Provinsi Aceh.
Bkkbn. (2023). Manfaat Posyandu.Panduan Untuk Kader Kesehatan. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.
Damayanti, A., et al. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Ibu Ke Posyandu Di Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Metro Barat Kota Metro. jurnal kesehatan masyarakat,10(2),55-70. 1
Depkes RI. (2014). Pedoman Pelaksanaan Posyandu. Jakarta:Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Dinkes Aceh Barat. (2021). Data Penimbangan Balita Kabupaten Aceh Barat Tahun 2020. Meulaboh: Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat.
Djamil, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rina Marlina,M., et al. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepatuhan Ibu Datang Ke Posyandu di Desa Gasaribu Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir. Global Health Science 4(2),64-70,2019
Ekawati, R.(2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Kader Posyandu. Jurnal Kpendudukan Indonesia 14(2), 119- 136
Fitriyah, S., et al. (2019). Peran Kader dalam Meningkatkan Kunjungan Ibu Balita ke Posyandu. Jurnal Kesehatan Masyarakat,7(2),100-105.
Hardiyanti, D. (2017). Peran Kader Posyandu dalam upaya menurunkan angka kematian bayi dan balita. Universitas Sebelas Maret.
Hermawan, S., et al. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Ibu dalam Penimbangan Balita di Posyandu. ARKESMAS( Arsip Kesehatan Masyarakat) 4(1), 156-161
Huang, L., & Hsu, C. (2022). The Impact of Social Support on Mothers' Participation in Child Health Programs. International Journal of Public Health, 67(4),123-135.
Idaningsih, S. (2016). Pentingnya Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita di Posyandu. Universitas Diponegoro.
Ismawati, N. (2021). Peningkatan Kualitas Pelayanan Kader Kesehatan Berhubungan Positif dengan Frekuensi Kunjungan Ibu Balita ke Posyandu. Universitas Sumatera Utara.
Kaseh, M. (2021). Keterlibatan Kader Posyandu dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Anak. Universitas Negeri Jakarta.
Kemenkes. (2021). Data Cakupan Penimbangan Balita di Indonesia Tahun 2020-2021. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI. (2014). Pedoman Pelaksanaan Penimbangan Balita di Posyandu. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI. (2015). Pedoman Pelaksanaan Posyandu. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Kemenkes RI. (2016). Strategi Menuju Indonesia Sehat: Pedoman Pelaksanaan Posyandu. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kunjungan, K., Balita, I. B. U., & Posyandu, D. I. (2015). Bimbingan kader posyandu dengan kepatuhan kunjungan ibu balita di posyandu. 3(1).
- Liem, A. (2019). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mansur, M. (2024). Peran Empati dalam Pelayanan Kesehatan. Jurnal Psikologi Kesehatan, 12(1), 30-40
Nain Umar. (2015). Posyandu: Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nisa, A. (2023). Motivasi Ibu dalam Menjaga Kesehatan Balita. Jurnal Kesehatan dan Lingkungan, 5(2), 15-24.
Notoadmodjo, S. (2012). Sikap dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Novita, S. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Layanan Posyandu. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 15-22.
Noeralim, A. (2018). Metode Penelitian Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nurbaiti, S., & Bambang, S. (2017). Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Program Kesehatan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(1),10-18
Pangesti, R., & Agussafutri, A. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Ibu dalam Kunjungan ke Posyandu. Jurnal Gizi dan Kesehatan Masyarakat, 4(2),67-75.
Parasuraman, A., Zeithaml, V., & Berry, L. (2021). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.
Putri, A., & Sari, R. (2023). Responsiveness of Health workers in community Health Centers. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(3), 45-56.
Rahayu, D., & Lestari, S. (2024). Dukungan Sosial dan Kesehatan Ibu dan Anak. Jurnal Psikologi Sosial, 6(1), 77-88.
Reihana, S. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rizqi, A. (2014 ). Motivasi Kader Posyandu dalam Meningkatkan Peran serta Masyarakat. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, D. (2021). Faktor Pekerjaan Ibu yang Mempengaruhi Kunjungan Balita ke Posyandu. Jurnal Keperawatan 13 (1), 49-60.
Sa, Seny. K., Maritasari, D. Y., & Rukmana, N. M. (2024). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepatuhan Kunjungan Puskesmas Tiuh Toho Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2023 The Relationship Between Quality of Service and Compliance on Visits of Women to Toddler Weighing Posyandu in the Working Area of Tiuh Toho Health Center Tulang Bawang District year 2023. 7(September 2023), 96–106.
Sitohang, S., & Rahma, A. (2017). Kurangnya Pengetahuan Ibu sebagai Faktor Penurunan Kunjungan Balita ke Posyandu. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(2), 123-131.
Sulistiyawati, R., & Pratiwi, S. (2019). Peran Kader dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan di Posyandu. Jurnal kebidanan akademi kebidanan jember 3 (1), 1-7.
Suharsono, S. (2022). Kepuasan Ibu sebagai Mediator dalam Hubungan Kualitas Pelayanan dan Frekuensi Kunjungan di Posyandu. Universitas Brawijaya
Swengli, M. & Sefty, R. & Amatus, Y. (2016). Hubungan Pengetahuan Ibu dan Peran Kader dengan Kunjungan Balita di Posyandu Wilayah Kerja Pukesmas Pineleng. Jurnal Keperawatan UNSRT 4 (1), 108855
Swengli, B. (2016). Posyandu: Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Trust, I., Journal, H., Saragih, E., Nababan, D., & Sihombing, M. (2019). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KADER DENGAN KEPATUHAN. 2(2), 179–189.
Tri sakti Widyaningsih, & Windyastuti,W. & Tamrin, T.(2020). Peran kader dalam memotivasi ibu balita yang berkunjung ke posyandu. Jurnal Keperawatan 5(1), 1-12.
Zainudin, M. (2023). Keandalan Pelayanan Kesehatan di Posyandu. Jurnal Kesehatan di Posyandu. Jurnal Kesehatan Masyarakat

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

muliadi, T. ., Nofia, L. ., khairunnas, & wati, R. . (2025). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KADER TERHADAP KUNJUNGAN IBU BALITA KEPOSYANDU DI KECAMATAN ARONGAN LAMBALEK. Jurnal Biogenerasi, 10(2), 1518–1526. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6052