PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAMBERA

Authors

  • Enjelika Saputri Karanja Ngana
  • Yohana Makaborang Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yoin Meissy Matulessy Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6653

Keywords:

Index Card Match, media Flipchart, hasil belajar

Abstract

The purpose of this study is to describe students’ cognitive and affective learning outcomes as well as the improvement in learning outcomes at SMP Negeri 1 Kambera after implementing the Index Card Match model assisted by flipchart media. This research is a Classroom Action Research (CAR) using a descriptive quantitative approach. The subjects of this study were eighth-grade students of SMP Negeri 1 Kambera. Data collection instruments consisted of observation sheets and written tests. The results of this study show a significant improvement in cognitive learning outcomes, increasing from 27% in the pre-cycle to 60% in cycle I, and then increasing further to 87% in cycle II. Therefore, it can be concluded that the implementation of the Index Card Match model assisted by flipchart media can improve the learning outcomes of eighth-grade students at SMP Negeri 1 Kambera.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah, F.N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68-86.https://dou.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587. DOI: https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587

Amiruddin, U. (2022). Penerapan model pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Negeri 4 Halmahera Utara Pada Materi Memahami permasalahan Ekonomi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 217-223.

Amalia, S. (2022). Penggunaan Media Flipchart dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 9 Aceh Utara. Jurnal pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 84-85.

Anggraeni, R. D., & Rukmini, A. S. (2021). Pengembangan Media Flipcart Gambar Berseri Untuk Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JPGSD, 9(9), 3358-3368.

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047-1054. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Barkah, L. (2021). Pengaruh Media Flipcart Terhadap Pemahaman konsep Ipa Kelas IV SDN Kalderes Jakarta Barat Berajah Journal, 2(1), 195-200. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.76. DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.76

Budiman, A. (2020). Penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas VII SMP Negeri 4 Narmada Tahun Pelajaran 2010/2011.DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 1(2), 80-96.30. DOI: https://doi.org/10.53299/diksi.v1i2.94

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Hartiningrum, E.S. N. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran index card match terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 79-86. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.707

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam proses pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEL), 2(1), 56-65. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734

Kustian, N.G. (2021). Penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30-37. DOI: https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.384

Lase, Y., & Ndraha, A., B. (2023) Analisis Urgensi Pelatihan Dalam Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (Asn) Di Pengadilan Negeri Gunungsitoli. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3), 1804-1814. DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.52456

Liyana, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Flipchart Terhadap Pada Pelajaran Aksara Lampung Belajar Kelas V Min 9 Bandar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Nurita, T. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Misykat, 3(1) 171-187. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rahman, S. (2021, January). Pentingnya Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 2022.

Rifai, F., Sari, S.P., Nasution, DK, Nasution, I.S., & Syamsuyurnita. (2023). Penggunaan Flipchart Pada Minat Belajar Siswa Kelas II Sanggar Bimbingan Lombok Utara (Aplikasi dari suai Bagan Balik Medan Tentang Pembelajaran Minat Nilai II Mahasiswa dari Sanggar Paduan Lombok Utara). INNOVATIVE (aktif): Jurnal Dari Sosial Sains Riset, 3(4), 1683-1691.

Sarinarulita, S., Effendi, E., & Ibrahim, A. R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 74-77.

Sinaga, S., Lumbantobing, M.T., & Sitohang, S. (2023). Pengaruh penggunaan model pembelajaran Index card match terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Subtema 1 Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 382-390. DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.3054

Sila, V. U. R., Oetpah, V., & Malli, R. (2019). Peningkatan Hasil Dan Aktivitas Belajar siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match (Icm) dan Media peta konsep. Gema Wiralodra, 10(1), 62-69.Simamora, C. A., Anzelina, D., Wulan, D., Hs, S., R ., & Julinda, E. (2023). Penerapan model pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 7 peristiwa dalam kehidupan di Kelas V Sd. 06(01), 3193-3203. DOI: https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i1.10

Tarapanjang, G., Bano, V. O., (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Mmeningkatkan Hasil Belajar Di SMAN 1 Kahaungueti. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 14(2), 15-182. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.5747

Usman, G., & Yunus, M.R. (2020). Penerapan Model pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV MIS At-Taqwa Malifut. Taman cendekia: Jurnal pendidikan kelas a, 4(2), 471-477. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8391

Wahyuningati, N. R., & Mizan, S. (2022). Penerapan Problem Based Learning Dan Media Flipchart Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ekosistem Siswa Kelas V SDN Sukoharjo 2 Malang. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 39-46. DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p39-46

Downloads

Published

2025-09-04

How to Cite

Saputri Karanja Ngana, E., Makaborang, Y., & Meissy Matulessy, Y. (2025). PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAMBERA. Jurnal Biogenerasi, 10(3), 1758–1765. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6653

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>