Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Authors

  • Hardianto Hardianto Universitas Cokroaminoto Palopo
  • M Rusli Baharuddin Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105

Keywords:

Paikem Gembrot, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental design, dikatakan pre-eksperimental design karena penelitian ini belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Pada desain ini menggunakan pretest sebelum diberi perlakuan. Dengan demikian, hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan keadaan sebelum perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar semester empat tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 360 mahasiswa yang terdiri dari 9 kelas. Sampel diambil secara random atau acak karena terdiri dari 9 kelas dan yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa PGSD kelas IV F yang berjumlah 43 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif  menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika sebelum penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot adalah 50,35 sedangkan rata-rata hasil belajar matematika setelah penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot adalah 79,19. Adapun analisis statistik inferensial untuk instrumen dalam bentuk tes menunjukkan nilai  dan nilai  sehingga nilai F yang dicari = 1,56. Dengan demikian > atau F > 1, berarti Model Pembelajaran Paikem Gembrot efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada mahasiswa kelas IV F.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Khoiru Lif & Amri, Sofan. 2011. Paikem Gembrot. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.

Djaali. 1987.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2010.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardianto, H., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2016). Penggunaan Gesture dalam Memperbaiki Kesalahan Prosedural Siswa dalam Proses Diskusi Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding, 2(1).

Hasan, M.Iqbal. Pokok-Pokok Materi Statistic 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati, Kana. 2011.Validasi Instrumen Non Tes dalam Penelitian Pendidikan Matematika. Skipsi, FMIPA UNY: Jakarta. http://duniabaca.com(28 Februari 2019).

Jumarniati, J., Kartika, D. M. R., & Baharuddin, M. R. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA KULIAH PROGRAM LINEAR MELALUI LESSON STUDY. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 187-198.

Mudjiono dan Dimyati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tiro, Muh. Arif. 2000. Dasar-dasar statistik. Makassar: State University Of Makassar Press.

Uno B, Hamzah & Mohamad, Nurdin. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.