The Difusi Inovasi Pembelajaran yang Relevan di SDN Kabupaten Simalungun

Authors

  • Sanra Hanalide Damanik Universitas Negeri Medan
  • Aida Farida Universitas Negeri Medan
  • Rilwan Hadinata Universitas Negeri Medan
  • M. Amin Fauzi Universitas Negeri Medan
  • Winra Winra Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6251

Keywords:

Pembelajaran Relevan, Difusi Inovasi, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada penerapan pembelajaran yang relevan di SDN Kabuten Simalungun melalui pendekatan difusi inovasi dengan mengembangkan bahan ajar untuk mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran yang relevan di SDN Kabuten, Kabupaten Simalungun, dengan menggunakan pendekatan difusi inovasi serta mengembangkan bahan ajar yang mendukung proses belajar mengajar di kelas. Pembelajaran yang relevan menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital yang terus berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SDN Kabuten, dengan sampel sebanyak 20 orang guru yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup dengan skala Likert yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% guru memahami konsep pembelajaran yang relevan, dan 75% telah menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran. Namun, 60% guru mengaku mengalami kendala dalam perencanaan pembelajaran karena keterbatasan waktu dan beban administrasi. Selain itu, 70% responden menyatakan bahwa keterbatasan sarana prasarana dan kurangnya dukungan orang tua menjadi tantangan utama dalam implementasi. Meskipun demikian, 90% guru menyatakan bahwa pembelajaran yang relevan dapat meningkatkan pemahaman siswa dan 80% menyatakan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dukungan kepala sekolah (78%) dan kolaborasi antarguru (82%) menjadi faktor penting dalam mendorong keberhasilan implementasi inovasi ini. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan intensif bagi guru dalam merancang pembelajaran yang relevan serta peningkatan fasilitas sekolah guna menunjang proses belajar yang adaptif dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achyanadia, S. (2016). Peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.486

Ambiani, J., Murhayati, S., & Zaitun, Z. (2025). Strategi Inovatif Kurikulum PAI: Dari Difusi Hingga Implementasi Berbasis Teknologi Dan Kolaborasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1099-1109. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i2.539

Anistasya, A., Susanti, R., Maharani, S. D., & Anwar, Y. (2025). Penerapan Unsur-unsur Difusi Inovasi dalam Teknologi Pendidikan Berupa Virtual Lab. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5272-5279. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7941

Ardiansyah, A., Risnita, R., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Ihsan: Jurnal Pengabdian dan Pendidikan Islam, 1(2), 202–212. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arif, M. I., & Setyawan, R. (2022). Respons peserta didik dan orang tuan terhadap pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Sriwijaya Journal of Sport, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i2.255

Fadhilah, A. R., Hanani, R. A., & Kismartini. (2023). Difusi inovasi pelayanan Sedino Mesti Dadi (SEMEDI) Kabupaten Sragen. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 12(3). https://doi.org/10.14710/jppmr.v12i3.39825

Hayati, R., Abdillah, T. R., Meilinar, F., & Zuraini, Z. (2024). Pendampingan Guru melalui Difusi Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi TPACK. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 4802-4813. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26408

Karisma, L. A., Ngadhimah, M., & Qholik, W. (2024). Implementasi Inovasi Program Multiple Intelligences Research (MIR) di Sekolah Dasar Inklusi Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 5(1), 47-62. https://doi.org/10.21154/sajiem.v5i1.260

Latip, A. E., Maharani, A., & Salsabilla, S. K. (2025). Difusi inovasi pembelajaran bermakna di SDN Cijantung 02. Education and Development Journal, 13(2), 129–132. https://doi.org/10.37081/ed.v13i2.6816

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Mihardja, E. J., Azizi, A., & Fairus, S. (2022). Penerapan Teori Difusi Inovasi Dalam Community Engagement: Kisah Pengolahan Limbah Rajungan Dari Indramayu. Journal Of Dedicator Community, 6(2), 61-74. https://doi.org/10.34001/jdc.v6i1.2295

Muthohar, S., Filasofa, L. M. K., Azzahra, H. K., & Nabila, A. F. (2025). Artificial Intelligence untuk pendidikan keguruan perspektif mahasiswa internasional dan implikasi untuk Pendidikan Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1-24. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v14i1.18019

Nasucha, J. A. (2021). Difusi dan desiminasi inovasi pendidikan. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 1-10.

Norhidayah, S., Ningsih, S. H., Nurrahmi, D., Adyaputri, E., & Jasiah, J. (2025). Analisis Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Channel Youtube Hanum. Jurnal Al-Fatih, 8(1), 296-331. https://doi.org/10.61082/alfatih.v8i1.484

Parid, M. (2020). Relevansi komunikasi pembelajaran dengan materi bahan ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 442-452. https://doi.org/10.5281/zenodo.3986243

Rahmawaty, I., Susanti, R., Maharani, S. D., & Anwar, Y. (2025). Difusi Inovasi: Konsekuensi Inovasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5945-5953. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8288

Rani, A. R., Rizal, M. S., & Nurmalina, N. (2025). Pelatihan Media Digital Interaktif untuk Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Berbasis Lingkungan Sosial Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 5(3), 525-532. https://doi.org/10.31004/abdira.v5i3.796

Saidah, M., Trianutami, H., & Amani, F. S. (2022). Difusi Inovasi Program Digital Payment di Desa Kanekes Baduy. Jurnal Ilmu Komunikasi Jurnal Communicology, 10(2), 138-153. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.030.01

Sumaryati, S., & Retnasari, L. (2021). Inovasi Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Satuan Pendidikan Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 497-507. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40759

Susanti, R., Maharani, S. D., & Anwar, Y. (2025). Implementasi Inovasi Media Flashcard dan Implikasi Difusinya: Sebuah Pengabdian di Sekolah Dasar. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 4(1), 114-122. https://doi.org/10.52622/jam.v4i1.415

Uyun, N., Misbah, M., Syaputra, A., & Juryatina. (2025). Analisis tren, pendekatan, dan strategi implementasi difusi inovasi dalam pendidikan dasar. Pedagogos: Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 7(1). https://doi.org/10.33627/gg.v6i2

Widhanarto, G. P., Prihatin, T., & Kusumawardani, S. (2023). Teknologi Mobile untuk Pendidik: Peningkatan Penguasaan Teknis Mobile Learning untuk Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Puruhita, 5(2), 16-25. https://doi.org/10.15294/puruhita.v5i2.74643

Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 301-308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941

Zahroh, J., Asrohah, H., & Zainiyati, H. S. (2025). Difusi Inovasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Al-Ghozali Arosbaya Bangkalan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(3), 1288-1302. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i3.1836

Published

2025-09-25

How to Cite

Damanik, S. H., Farida, A., Hadinata, R., Fauzi, M. A., & Winra, W. (2025). The Difusi Inovasi Pembelajaran yang Relevan di SDN Kabupaten Simalungun. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1209–1220. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6251

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.