Pengaruh Media Poster Infografis dalam Pembelajaran IPAS terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Refi Nuralisakhi Universitas PGRI Palembang
  • M. Taheri Akhbar Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6423

Keywords:

Pengaruh, Poster Infografis, Media Visual, Pembelajaran IPAS, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) merupakan komponen penting dalam membantu peserta didik membentuk pemahaman yang terpadu tentang lingkungan alam maupun sosial. Namun dalam praktiknya, pembelajaran IPAS di SD Negeri 211 Palembang masih belum optimal, karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual berupa poster infografis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 211 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebanyak 19 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebanyak 22 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa pre-test dan post-test berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t (independent sample t-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen sebesar 87,37, sedangkan kelompok kontrol sebesar 74,55. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual poster infografis berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 211 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, F., Muchayan, A., Bahaswan, R., Lestari, S. E., & Zalina Bt Zulkifli, C. (2021). Uji beda kinerja keuangan bank menggunakan independent sample t-test. E-Jurnal SPIRIT, 7: 48-57. https://doi.org/10.29138/spirit.v7i1.1493

Akhbar, M. T. (2020). Pengaruh Latihan Curl Dumble Terhadap Hasil Smash Bolavoli Siswa. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(1), 20-29. https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3702

Azizah, A. A. M., & Maemonah, M. (2022). Penerapan Think Pair Share pada pembelajaran tematik: Analisis perkembangan sosial emosional siswa usia dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 31-44. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.1.31-44

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.

Hasyim, F., Hidayat, S., & Indihadi, D. (2024). Pengembangan Media Infografis Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar: Systematic Literatur Review. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 304-311.

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Jannah, I. N., Mursidik, E. M., & Kurniawati, R. P. (2022). Self Regulated Learning Pada Gaya Belajar Kinestetik Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 276-281.

Kartikasari, A. D. (2020). Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa mapel IPA materi perubahan wujud benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1): 57-65. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074

Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(1), 18-26. https://doi.org/10.31980/petik.v6i1.1145

Lubis, N. S., Deliyanti, Y., & Hutajulu, M. A. A. (2023). Analisis uji persyaratan statistika parametrik terhadap analisis pertumbuhan dan kepadatan penduduk. Jurnal Bakti Sosial, 2(2): 134-143.

Maulana, A., Israwati, I., & Syafrina, A. (2022). Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SDN 52 Banda Aceh. Elementary Education Research, 7(4). https://doi.org/10.24815/primary.v7i4.21999

Muna, K. N. & Wardhana, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi dengan model ADDIE pada pembelajaran bahasa Indonesia materi perkenalan diri dan keluarga untuk kelas 1 SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2): 175-183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201-211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Nizar, Z. F., Saputra, E. R., & Nuryadin, A. (2025). Pengaruh media flashcard berbasis augmented reality terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas I sekolah dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 12(1): 221-228. https://doi.org/10.69896/modeling.v12i1.2764

Nurfadhillah, S., Waro, K., Handayani, N. R., & Ningsih, P. A. (2021). Pengaplikasian Media Pembelajaran Visual Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Bina Bangsa. EDISI, 3(2), 253-263. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1347

Padrian, A., Syafril, S., & Hendri, N. (2020). Pengembangan Infografis Motion Graphic Tema Lingkungan Sahabat Kita Untuk Kelas V SD. E-Tech, 8(1), 392606. https://doi.org/10.24036/et.v8i1.108558

Pahlevi, R. N., Mahdian, M., Kusasi, M., & Iriani, R. (2024). Pengembangan e-instrumen four-tier multiple choice test berbantuan google form untuk mengukur keterampilan berpikir kritis pada materi stoikiometri. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 8(1): 1-13. https://doi.org/10.20527/jcae.v8i1.3008

Pongoh, B. R., Ahmad, L., & Idwan, H. (2024). Sistem Informasi Infografis Berbasis Web Pada Kantor Dinas Pangan Provinsi Aceh. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 1(1), 34-44. https://doi.org/10.35870/jikti.v1i1.736

Prasetyo, A. & Trisyulianti, E. (2021). Pengukuran Validitas Konstruk dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 29(1), 78-89.

Putri, N. E. & Ana, R. F. R. (2024). Pengembangan media pembelajaran infografis berbasis Canva pada siswa kelas V materi persebaran flora dan fauna di Indonesia. Jurnal Simki Postgraduate, 3(2), 177-185. https://doi.org/10.29407/jspg.v3i2.815

Sadiyah, F. & Rezania, V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital pada Materi IPS Kelas VI untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4517-4534. https://doi.org/10.21070/ups.2173

Safitri, N., Pestalozi, D., & Valen, A. (2024). Pengembangan Media Poster Materi Keragaman Agama di Indonesia Berbasis Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 346-353. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.439

Selegi, S. F., Nurhasana, P. D., Aryaningrum, K., & Kuswidyanarko, A. 2023. Strategi Pembelajaran. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1): 386-397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sulfany, L., Hermuttaqien, B. P. F., & Makkasau, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran “Poster” terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di Sekolah Dasar. Melior: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 58-68.

Sasmita, L., & Prayudi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 3(1), 36-46. https://doi.org/10.59584/jundikma.v3i1.68

Turyani, I., Suharini, E., & Atmaja, H. T. (2024). Norma dan Nilai Adat Istiadat dalam Kehidupan Sehari-hari di Masyarakat. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 234-243. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.224

Wahyuningrum, I., Salikha, A. E., & Rahmawati, I. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Poster Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 79-83.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409

Published

2025-08-01

How to Cite

Nuralisakhi, R., Akhbar, M. T., & Selegi, S. F. (2025). Pengaruh Media Poster Infografis dalam Pembelajaran IPAS terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 1027–1040. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6423

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 

You may also start an advanced similarity search for this article.