Pengaruh Media Poster Infografis dalam Pembelajaran IPAS terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6423Keywords:
Pengaruh, Poster Infografis, Media Visual, Pembelajaran IPAS, Hasil Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) merupakan komponen penting dalam membantu peserta didik membentuk pemahaman yang terpadu tentang lingkungan alam maupun sosial. Namun dalam praktiknya, pembelajaran IPAS di SD Negeri 211 Palembang masih belum optimal, karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual berupa poster infografis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 211 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebanyak 19 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebanyak 22 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa pre-test dan post-test berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t (independent sample t-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen sebesar 87,37, sedangkan kelompok kontrol sebesar 74,55. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual poster infografis berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 211 Palembang.
Downloads
References
Aditya, F., Muchayan, A., Bahaswan, R., Lestari, S. E., & Zalina Bt Zulkifli, C. (2021). Uji beda kinerja keuangan bank menggunakan independent sample t-test. E-Jurnal SPIRIT, 7: 48-57. https://doi.org/10.29138/spirit.v7i1.1493
Akhbar, M. T. (2020). Pengaruh Latihan Curl Dumble Terhadap Hasil Smash Bolavoli Siswa. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(1), 20-29. https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3702
Azizah, A. A. M., & Maemonah, M. (2022). Penerapan Think Pair Share pada pembelajaran tematik: Analisis perkembangan sosial emosional siswa usia dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 31-44. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.1.31-44
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.
Hasyim, F., Hidayat, S., & Indihadi, D. (2024). Pengembangan Media Infografis Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar: Systematic Literatur Review. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 304-311.
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Jannah, I. N., Mursidik, E. M., & Kurniawati, R. P. (2022). Self Regulated Learning Pada Gaya Belajar Kinestetik Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 276-281.
Kartikasari, A. D. (2020). Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa mapel IPA materi perubahan wujud benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1): 57-65. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074
Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(1), 18-26. https://doi.org/10.31980/petik.v6i1.1145
Lubis, N. S., Deliyanti, Y., & Hutajulu, M. A. A. (2023). Analisis uji persyaratan statistika parametrik terhadap analisis pertumbuhan dan kepadatan penduduk. Jurnal Bakti Sosial, 2(2): 134-143.
Maulana, A., Israwati, I., & Syafrina, A. (2022). Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SDN 52 Banda Aceh. Elementary Education Research, 7(4). https://doi.org/10.24815/primary.v7i4.21999
Muna, K. N. & Wardhana, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi dengan model ADDIE pada pembelajaran bahasa Indonesia materi perkenalan diri dan keluarga untuk kelas 1 SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2): 175-183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183
Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201-211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37
Nizar, Z. F., Saputra, E. R., & Nuryadin, A. (2025). Pengaruh media flashcard berbasis augmented reality terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris siswa kelas I sekolah dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 12(1): 221-228. https://doi.org/10.69896/modeling.v12i1.2764
Nurfadhillah, S., Waro, K., Handayani, N. R., & Ningsih, P. A. (2021). Pengaplikasian Media Pembelajaran Visual Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Bina Bangsa. EDISI, 3(2), 253-263. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1347
Padrian, A., Syafril, S., & Hendri, N. (2020). Pengembangan Infografis Motion Graphic Tema Lingkungan Sahabat Kita Untuk Kelas V SD. E-Tech, 8(1), 392606. https://doi.org/10.24036/et.v8i1.108558
Pahlevi, R. N., Mahdian, M., Kusasi, M., & Iriani, R. (2024). Pengembangan e-instrumen four-tier multiple choice test berbantuan google form untuk mengukur keterampilan berpikir kritis pada materi stoikiometri. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 8(1): 1-13. https://doi.org/10.20527/jcae.v8i1.3008
Pongoh, B. R., Ahmad, L., & Idwan, H. (2024). Sistem Informasi Infografis Berbasis Web Pada Kantor Dinas Pangan Provinsi Aceh. Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 1(1), 34-44. https://doi.org/10.35870/jikti.v1i1.736
Prasetyo, A. & Trisyulianti, E. (2021). Pengukuran Validitas Konstruk dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 29(1), 78-89.
Putri, N. E. & Ana, R. F. R. (2024). Pengembangan media pembelajaran infografis berbasis Canva pada siswa kelas V materi persebaran flora dan fauna di Indonesia. Jurnal Simki Postgraduate, 3(2), 177-185. https://doi.org/10.29407/jspg.v3i2.815
Sadiyah, F. & Rezania, V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital pada Materi IPS Kelas VI untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4517-4534. https://doi.org/10.21070/ups.2173
Safitri, N., Pestalozi, D., & Valen, A. (2024). Pengembangan Media Poster Materi Keragaman Agama di Indonesia Berbasis Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 346-353. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.439
Selegi, S. F., Nurhasana, P. D., Aryaningrum, K., & Kuswidyanarko, A. 2023. Strategi Pembelajaran. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1): 386-397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sulfany, L., Hermuttaqien, B. P. F., & Makkasau, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran “Poster” terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di Sekolah Dasar. Melior: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 58-68.
Sasmita, L., & Prayudi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 3(1), 36-46. https://doi.org/10.59584/jundikma.v3i1.68
Turyani, I., Suharini, E., & Atmaja, H. T. (2024). Norma dan Nilai Adat Istiadat dalam Kehidupan Sehari-hari di Masyarakat. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 234-243. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.224
Wahyuningrum, I., Salikha, A. E., & Rahmawati, I. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Poster Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 79-83.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19vi1.409
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Refi Nuralisakhi, M. Taheri Akhbar, Susanti Faipri Selegi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.