Penggunaan Metode Discovery Learning dalam Kegiatan Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Rosmawati Wotheysen Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Rabiudin Rabiudin Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Riska Latifatul Husna Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6532

Keywords:

Penggunaan, Discovery Learning, Praktikum, Keterampilan Berpikir Analitis, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Keterampilan berpikir analitis peserta didik sekolah dasar masih rendah karena proses pembelajaran cenderung pasif dan berfokus pada hafalan. Kondisi tersebut menuntut penerapan metode pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif agar mampu mengembangkan kemampuan berpikir analitis. Kajian ini bertujuan mengetahui keefektifan metode discovery learning dalam kegiatan praktikum pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) untuk meningkatkan keterampilan berpikir analitis peserta didik sekolah dasar. Kajian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study yang melibatkan 15 peserta didik kelas V SD Inpres 63 Kabupaten Sorong. Kegiatan praktikum dilaksanakan pada topik “sifat-sifat bunyi” melalui eksperimen sederhana dengan alat dan bahan yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen kajian berupa tes keterampilan berpikir analitis yang mengacu pada lima indikator Bloom. Hasil menunjukkan bahwa penerapan metode discovery learning secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir analitis peserta didik, terlihat dari kemampuan mengidentifikasi masalah, menganalisis data, dan menarik kesimpulan logis. Peserta didik juga menjadi lebih aktif serta terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa metode discovery learning efektif mendorong keaktifan belajar dan mengembangkan keterampilan berpikir analitis peserta didik pada pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtiar, B., Maimun, M., & Anggriani, L. B. W. (2022). Pengaruh model discovery learning melalui kegiatan praktikum IPA terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134–142. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564 DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564

Dahliani, L. (2024). Media pembelajaran pertumbuhan tanaman hidroponik menggunakan demonstrasi dan discovery learning berbasis aplikasi Canva: Studi kasus di era digital Lili. Jurnal Pendidikan, 1(3), 144–151. DOI: https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.295

Fanny, M. C. R. (2022). The effect of discovery learning learning model on critical thinking ability in class 5 elementary school students. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 15–20. https://doi.org/10.5281/zenodo.6978851

Hafizah Ghany Hayudinna, A. M. (2024). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 8(3), 2580–1147. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7825

Hasnan, M.S. R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Khasinah, S. (2021). Discovery learning: Definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–412. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821 DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Khoiriyah, B. & Murniyati. (2021). Peran teori “discovery learning” Jerome Bruner dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 67–80. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i2.20 DOI: https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i2.20

Khoiroh, S. U., Waqfin, S. I., & Hidayatur Rohmah, S. (2020). Educatio and Management Studies, 3(3), 43–48.

Mawaddah, Y. (2020). Penggunaan model discovery learning dengan metode praktikum terhadap peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada materi sel di MAS Nurul Islam Blang Rakal. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 1–156.

Muhammad, I. D. J. (2023). Model discovery learning pada pembelajaran matematika sekolah menengah pertama: A bibliometric review. Euler, 11(1), 74–88. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20042 DOI: https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20042

Nugraha, T. U., Fuadah, F.S. A., & Adila Amalia, K. (2020). Discovery learning application using a rope (track a line idea) to detect critical thinking skills on elementary school students. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 132–140. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.25087 DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.25087

Nurhayati, E., & SD. (2020). Discovery learning model to improve critical thinking ability of class V elementary school students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 455–462. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45894 DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45894

Nurinayah, S. R. H. I., & D. I. (2024). Efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN 20 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4135–4145.

Oktari, S. T., & Ardipal. (2024). Enhancing critical thinking in elementary students through the development of students worksheet using a discovery learning approach. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(4), 5805–5816. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5740 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5740

Pawartani, T. & Suciptaningsih. A.O. (2024). Pengembangan flip book IPAS harmoni kehidupan: Kebutuhan manusia dan peran tumbuhan untuk kelas IV SD. Jurnal Cerdas Proklamator, 12, 1–14. DOI: https://doi.org/10.37301/cerdas.v12i1.228

Rahmaningtyas, R. K., & Ibadullah Malawi, D. S. (2024). Penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 3 SDN 01 Taman Kota Madiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4818–4825.

Rahmawati, S., Indrastoeti Siti Poerwanti, J., & Chumdari, C. (2024). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 55–60. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.85150 DOI: https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.85150

Salam, & Kasmawati. (2023). Implementasi metode discovery learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum merdeka: Studi tentang asesmen diagnostik. Jurnal Kependidikan, 12(4), 849–856. https://jurnaldidaktika.org849

Sayangan, Y. V., & Luxcya Martir Wona Una, V. Y. B. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757–766. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1829

Vika Meliansari, M. A., & J. A. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi IPA siswa kelas V SDN 090 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 74–80. DOI: https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.138

Wahyu Candra Dwi Safitri, N. M. (2021). Penerapan model discovery learning dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925

Wahyuni, A. R. I. R. E. S. (2024). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas VI sekolah dasar. Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 14082–14087. https://doi.org/10.21831/jep.v19i2.52350 DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i1.52211

Widyastuti,I. N. W., & Emiliannur, Y. W. (2024). Meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model discovery. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 65–85. DOI: https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.2978

Winarti, S., & Suyadi. (2020). Pelaksanaan model discovery learning Jerome Bruner pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 153–162. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.503 DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.503

Witarsa, R. F. A. R. (2020). Kajian literatur tentang penerapan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal JRPP, 3(2), 2655–6022. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1220

Yudisthira,A R. A., Sofi Cahya Fitri, S., Amrina Izzatika, A., & Dayu Rika Perdana, D. (2023). Discovery learning: Learning modules to improve the critical thinking skills of grade IV elementary school students. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 11(2), 140–160. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v6-i10-45 DOI: https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i10-45

Zahra, F. Q., & B. F. A. (2024). Inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pendekatan discovery learning. Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(3), 293–303.

Published

2025-10-13

How to Cite

Wotheysen, R., Rabiudin, R., & Husna, R. L. (2025). Penggunaan Metode Discovery Learning dalam Kegiatan Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Peserta Didik Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1311–1321. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6532

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.