Penggunaan Metode Discovery Learning dalam Kegiatan Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6532Keywords:
Penggunaan, Discovery Learning, Praktikum, Keterampilan Berpikir Analitis, Siswa Sekolah DasarAbstract
Keterampilan berpikir analitis peserta didik sekolah dasar masih rendah karena proses pembelajaran cenderung pasif dan berfokus pada hafalan. Kondisi tersebut menuntut penerapan metode pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif agar mampu mengembangkan kemampuan berpikir analitis. Kajian ini bertujuan mengetahui keefektifan metode discovery learning dalam kegiatan praktikum pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) untuk meningkatkan keterampilan berpikir analitis peserta didik sekolah dasar. Kajian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study yang melibatkan 15 peserta didik kelas V SD Inpres 63 Kabupaten Sorong. Kegiatan praktikum dilaksanakan pada topik “sifat-sifat bunyi” melalui eksperimen sederhana dengan alat dan bahan yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Instrumen kajian berupa tes keterampilan berpikir analitis yang mengacu pada lima indikator Bloom. Hasil menunjukkan bahwa penerapan metode discovery learning secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir analitis peserta didik, terlihat dari kemampuan mengidentifikasi masalah, menganalisis data, dan menarik kesimpulan logis. Peserta didik juga menjadi lebih aktif serta terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa metode discovery learning efektif mendorong keaktifan belajar dan mengembangkan keterampilan berpikir analitis peserta didik pada pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.
Downloads
References
Bahtiar, B., Maimun, M., & Anggriani, L. B. W. (2022). Pengaruh model discovery learning melalui kegiatan praktikum IPA terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134–142. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564 DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.564
Dahliani, L. (2024). Media pembelajaran pertumbuhan tanaman hidroponik menggunakan demonstrasi dan discovery learning berbasis aplikasi Canva: Studi kasus di era digital Lili. Jurnal Pendidikan, 1(3), 144–151. DOI: https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.295
Fanny, M. C. R. (2022). The effect of discovery learning learning model on critical thinking ability in class 5 elementary school students. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 15–20. https://doi.org/10.5281/zenodo.6978851
Hafizah Ghany Hayudinna, A. M. (2024). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 8(3), 2580–1147. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7825
Hasnan, M.S. R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257
Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318
Khasinah, S. (2021). Discovery learning: Definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–412. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821 DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821
Khoiriyah, B. & Murniyati. (2021). Peran teori “discovery learning” Jerome Bruner dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 67–80. https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i2.20 DOI: https://doi.org/10.54150/thawalib.v2i2.20
Khoiroh, S. U., Waqfin, S. I., & Hidayatur Rohmah, S. (2020). Educatio and Management Studies, 3(3), 43–48.
Mawaddah, Y. (2020). Penggunaan model discovery learning dengan metode praktikum terhadap peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada materi sel di MAS Nurul Islam Blang Rakal. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 1–156.
Muhammad, I. D. J. (2023). Model discovery learning pada pembelajaran matematika sekolah menengah pertama: A bibliometric review. Euler, 11(1), 74–88. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20042 DOI: https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20042
Nugraha, T. U., Fuadah, F.S. A., & Adila Amalia, K. (2020). Discovery learning application using a rope (track a line idea) to detect critical thinking skills on elementary school students. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 132–140. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.25087 DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.25087
Nurhayati, E., & SD. (2020). Discovery learning model to improve critical thinking ability of class V elementary school students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 455–462. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45894 DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.45894
Nurinayah, S. R. H. I., & D. I. (2024). Efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN 20 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4135–4145.
Oktari, S. T., & Ardipal. (2024). Enhancing critical thinking in elementary students through the development of students worksheet using a discovery learning approach. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(4), 5805–5816. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5740 DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5740
Pawartani, T. & Suciptaningsih. A.O. (2024). Pengembangan flip book IPAS harmoni kehidupan: Kebutuhan manusia dan peran tumbuhan untuk kelas IV SD. Jurnal Cerdas Proklamator, 12, 1–14. DOI: https://doi.org/10.37301/cerdas.v12i1.228
Rahmaningtyas, R. K., & Ibadullah Malawi, D. S. (2024). Penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 3 SDN 01 Taman Kota Madiun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4818–4825.
Rahmawati, S., Indrastoeti Siti Poerwanti, J., & Chumdari, C. (2024). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 55–60. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.85150 DOI: https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.85150
Salam, & Kasmawati. (2023). Implementasi metode discovery learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kurikulum merdeka: Studi tentang asesmen diagnostik. Jurnal Kependidikan, 12(4), 849–856. https://jurnaldidaktika.org849
Sayangan, Y. V., & Luxcya Martir Wona Una, V. Y. B. (2024). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757–766. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1829
Vika Meliansari, M. A., & J. A. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi IPA siswa kelas V SDN 090 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 74–80. DOI: https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.138
Wahyu Candra Dwi Safitri, N. M. (2021). Penerapan model discovery learning dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925
Wahyuni, A. R. I. R. E. S. (2024). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas VI sekolah dasar. Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 14082–14087. https://doi.org/10.21831/jep.v19i2.52350 DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v4i1.52211
Widyastuti,I. N. W., & Emiliannur, Y. W. (2024). Meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model discovery. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 65–85. DOI: https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.2978
Winarti, S., & Suyadi. (2020). Pelaksanaan model discovery learning Jerome Bruner pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 153–162. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.503 DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.503
Witarsa, R. F. A. R. (2020). Kajian literatur tentang penerapan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal JRPP, 3(2), 2655–6022. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1220
Yudisthira,A R. A., Sofi Cahya Fitri, S., Amrina Izzatika, A., & Dayu Rika Perdana, D. (2023). Discovery learning: Learning modules to improve the critical thinking skills of grade IV elementary school students. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 11(2), 140–160. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v6-i10-45 DOI: https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V6-i10-45
Zahra, F. Q., & B. F. A. (2024). Inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pendekatan discovery learning. Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(3), 293–303.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rosmawati Wotheysen, Rabiudin Rabiudin, Riska Latifatul Husna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.