Peran Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Systematic Literature Review

Authors

  • Christina Lestari Retno Mahanani Universitas Pakuan
  • Neneng Kania Susi Universitas Pakuan
  • Ranti Ranti Universitas Pakuan
  • M. Zainal Arifin Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6568

Keywords:

Pendekatan Matematika Realistik, Pemahaman Matematis, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Systematic Literature Review

Abstract

Seorang guru matematika di sekolah dasar membutuhkan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat dalam mengajar agar siswa mendapatkan pemahaman konsep secara lebih mendalam dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu pendekatan efektif yang dapat diterapkan pada saat mengajar matematika di kelas adalah Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian yang dilakukan ini bertujuan menemukan peran atau pengaruh PMR untuk meningkatkan pemahaman matematis dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang dipergunakan adalah studi literatur sistematis (Systematic Literature Review). Sebanyak 100 artikel ditemukan menggunakan aplikasi Publish on Perish dalam pencarian Google Scholar. Lima belas (15) artikel relevan kemudian dianalisis dan sintesis untuk menemukan temuan tentang peran PMR dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa dan hasil belajar mereka di sekolah dasar. Hasil penelitian menyimpulkan, PMR mampu meningkatkan hasil belajar dan pemahaman matematis. PMR sebuah pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa untuk menciptakan pengalaman bermakna. PMR membantu siswa memahami konsep melalui contoh kehidupan sehari-hari dan mendorong proses berpikir logis sistematis. Akibatnya, pemahaman matematis siswa diperkuat dan hasil belajarnya akan berdampak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 2(2), 145-165. http://dx.doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819

Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373–384. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.460

Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207–216. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.442

Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5482-5490.

Andriani, F., & Wahyudi. (2023). Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1869–1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743

Anggraeni, R., Rahmadanti, D. A., Aryanti, R. D., Zahra, A. S. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Systematic literature review: Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa SD melalui pendekatan media pembelajaran berbasis game. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 84-99.

Aripin, U. (2021). Identifikasi Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(4), 501-509. https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.7390

Aulia, A., Alim, J. A., & Putra, Z. H. (2025). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas V Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 80-96.

Awaliya, R. (2024). Pengembangan Media Animasi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Az-Zahra, A., Abdullah, V., & Marini, A. (2023). Studi literatur: Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 985-996. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i8.5934

Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis game interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311-2321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212

Chusna, N., Suyoto, & Purwoko, R. Y. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Kelas VI Semester I SD Negeri Kembaran. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 156–163. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.165

Dinda, D., Ambarita, A., Herpratiwi, H., & Nurhanurawati, N. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439

Faot, M. M., & Amin, S. M. (2020). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume, 9(1).

Hasanah, U., Fajrie, N., & Kurniati, D. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 321-330. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2441

Ifnemaia, J. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Hasil Belajar Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 1244-1254.

Ihsan, F., & Ahmad, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Berbeda Di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 448-458.

Khairunisa, K., Utami, W. Z., Lestari, N., & Hidayati, D. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VI MIN 2 Kota Mataram. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(4), 30-36.

Kurniati, K. (2022). Meningkatkan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran matematika realistik. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 87-93. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.23

Lisnani. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61–70. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.535

Malik, R. F., Riafadilah, A., & Rahayu, S. (2023). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (pmr) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. BASICA, 3(2), 39-50. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.4173

Marlina, I., & Fuziawati, L. (2021). Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 140-162. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.183

Meilindawati, R., Wardono, W., & Wijayanti, K. (2023). Literasi Numerasi Siswa pada Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbantuan Soal HOTS. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 469-474.

Munawaroh, F., & Fatmawati, K. (2025). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kota Jambi. In Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin (Vol. 9, Issue 1).

Muzaini, M. (2018). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematis Siswa: Suatu Eksperimen Pada Salah Satu Sekolah Di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 51-61.

Negara, H. S., Nurlova, F., & Hidayati, A. U. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar peserta didik di sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 83-90. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9648

Nurfauziah, I., Nuryani, P., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 388-397. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20688

Nuriza, K. I. (2022). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dalam Konteks Media Lidi Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Adawat: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(02), 88-97.

Nurrohmah, S., & Mardiyana, I. I. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V UPTD SDN Tanjungbumi 3. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 225-233. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2379

Pratiwi, D. T., & Alyani, F. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100

Putri, A. A., & Manurung, A. S. (2020). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai pada Siswa Kelas IV SDN Jelambar Baru 01. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 158-166. https://doi.org/10.37150/perseda.v3i3.1043

Rahayu, C., Setiani, W. R., Yulindra, D., & Azzahra, L. (2025). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam Pembelajaran Mendalam (Deep Learning): Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 13(1), 9-25. https://doi.org/10.23960/mtk/v13i1.pp9-25

Rahayu, F., Musi, M. A., & Hasmita. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Pinisi Jounal PGSD, 4(3), 1021-1031

Ristiana, B., & Widiyono, A. (2024). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berbantuan Augmented Reality Bangun Ruang terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 112-126.

Sabil, M. A., & Pujiastuti, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang di Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5033-5045.

Sabilla, D., Kesumawati, N., & Riyoko, E. (2025). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gender Siswa Sdn 6 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 300-314. https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.27031

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Sari, V. K., Pratikno, B., & Wahyuningrum, E. (2023). Studi Kemampuan Literasi Numerasi Pada Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan E-Modul. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 27-40. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2023.15.1.6821

Simbolon, A. K. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Matematikamelalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Nusantara Hasana Journal, 3(7), 113-119. https://doi.org/10.59003/nhj.v3i7.1039

Siregar, K., Muliatik, S., & Harahap, Y. N. (2021). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika melalui pendekatan matematika realistik berbantuan YouTube. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 443-449. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.39333

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika: systematic literature review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45-59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Syadzali, A., Darmiyati, D., Sunarno, S., Mahmuddin, M., Dewantara, D., & Nazarudin, N. (2024). Efektivitas Project Based Learning dan Realistic Mathematics Education Berbasis Asesmen Projek terhadap Literasi Numerasi Siswa SD di Lingkungan Lahan Basah. Journal of Education Research, 5(4), 4612-4620. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1637

Tutiareni, T., Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2021). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD, 7(2), 12-19.

Wijayanti, A., & Yanto, A. (2023). Pembelajaran matematika menyenangkan di SD melalui permainan. POLINOMIAL: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 18-23. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.316

Wulandari, A. I., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 78-82. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2541

Yanto, A., Yuliati, Y., & Anjani, T. (2020). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman matematis siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 92-102. https://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2109

Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152-163. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672

Published

2025-09-02

How to Cite

Mahanani, C. L. R., Susi, N. K., Ranti, R., & Arifin, M. Z. (2025). Peran Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1175–1186. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6568

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 

You may also start an advanced similarity search for this article.