Analisis Pembelajaran TPACK Berbantu Smartphone pada IPAS Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar

Authors

  • Miftahul Avi Syamsyiah Univeristas Slamet Riyadi Surakarta
  • Oktiana Handini Univeristas Slamet Riyadi Surakarta
  • M. Faruq Hanafi Univeristas Slamet Riyadi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6821

Keywords:

Analisis, Pembelajaran TPACK, Smartphone, Pembelajaran IPAS, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPAS melalui integrasi TPACK berbantuan smartphone, sekaligus memberikan dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran berbasis teknologi yang lebih optimal di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas dan implementasi model pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam mata pelajaran IPAS menggunakan aplikasi Solar System Scope melalui smartphone pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan guru dan siswa sebagai subjek. Penelitian berlokasi SD Negeri Kadipiro Surakarta, yang berlokasi di Jl. Sumpah Pemuda, Kadipiro, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2024 sampai April 2025 di kelas V SD Negeri Kadipiro dan dilanjutkan dengan penulisan skripsi mulai Februari 2025. Alasan pemilihan lokasi ini adalah adanya permasalahan dalam penggunaan pembelajaran TPACK berbantuan smartphone oleh guru Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TPACK dengan bantuan aplikasi Solar System Scope mampu meningkatkan motivasi, pemahaman konsep, dan partisipasi siswa. Guru juga berhasil mengintegrasikan aspek teknologi, pedagogik, dan konten secara efektif. Kesimpulannya, model TPACK yang dipadukan dengan media digital interaktif merupakan pendekatan inovatif dan efektif dalam pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, N. D., Suciptaningsih, O. A., & Mas’ula, S. (2025). Inovasi pembelajaran sains di era digital: Microsite berbasis deep learning dan TPACK pada materi panca indra untuk siswa kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4517–4527. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7776

Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Handayani, L., Samosir, E. N., Sutono, R., Riana, D., Turan, S. I., & Dwiyono, Y. (2024). Peran kepemimpinan pendidikan dalam mengintegrasikan teknologi berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar Negeri. Sistema: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24903/sjp.v5i1.1813

Handini, O., Prihastari, E. B., & Wiryastuti, V. M. (2025). Analyzing teacher professionalism performance in the implementation of the independent curriculum. KnE Social Sciences, 10(17), 108–116. https://doi.org/10.18502/kss.v10i17.19319

Handini, O., & Mustofa, M. (2022). Application of TPACK in 21st century learning. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 530–537. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.54620

Hardanti, P., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2024). Studi literatur: Pemanfaatan pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) pada pengembangan e-modul pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.307

Putri, I. A., & Harinaredi. (2023). Modernisasi pembelajaran IPS berbasis TPACK di era 4.0 kelas tinggi sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 233–241. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5333

Jamalulail, Q., & Rochmiyati, S. (2023). Implementasi pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV SD. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 148–155.

Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran kreatif untuk mewujudkan anak-anak yang cerdas, kreatif, dan berkarakter. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(2), 205–216. https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1433

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2020). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Nafisah, D., & Ghofur, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran scan barcode berbasis Android dalam pembelajaran IPS. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985

Ningsih, T. (2022). Transformasi moral digital dalam pembelajaran (D. W. S. Lestari, Ed.). Rumah Kreatif Wadas Kelir. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3233

Nugroho, T. P., & Wulandari, V. (2023). Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan problem based learning berbasis TPACK pada pembelajaran tematik. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.21093/sippg.v1i2.6301

Putri, D. N., Sumarno, & Aziz, A. (2021). Penerapan pendekatan TPACK untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 1 Kemiri. Jurnal Handayani, 12(1), 92. https://doi.org/10.24114/jh.v12i1.26251

Shafira, D. A., & Minsih, M. (2022). Blended learning dengan desain pembelajaran TPACK pada tatap muka terbatas di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4622–4628. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2914

Subhan, M. (2020). Analisis penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge pada proses pembelajaran Kurikulum 2013 di kelas V. Education and Training, 1(2), 174–179. https://doi.org/10.62017/merdeka

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) guru biologi SMA dalam menyusun perangkat pembelajaran materi sistem peredaran darah. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Untu, Z., Widyasari, T., Mallala, S., Jumain, J., & Faradiba, D. A. (2023). Kemampuan guru dalam mengintegrasikan Technological Pedagogical Content and Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran matematika di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 335–343. https://doi.org/10.20527/edumat.v12i2.20044

Wisudojati, B., Iswadi, M. K., Aminullah, A. M., & Laelatunnufus, A. (2024). Peningkatan keterampilan literasi berpikir kritis pada siswa sekolah menengah melalui integrasi teknologi pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1815–1821. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2629

Zulfa, F., & Suwarno, S. H. (2021). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru kelas VI di MIN 6 Sukoharjo. [Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta].

Published

2025-09-25

How to Cite

Syamsyiah, M. A., Handini , O., & Hanafi, M. F. (2025). Analisis Pembelajaran TPACK Berbantu Smartphone pada IPAS Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1271–1281. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6821

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.