Efektivitas Alat Peraga Montessori Human Body Magnet terhadap Pemahaman Konsep IPAS
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6865Keywords:
Efektivitas, Alat Peraga, Montessori, Human Body Magnet, Pemahaman Konsep IPASAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Alat peraga konkret seperti Montessori Human Body Magnet tidak hanya membantu siswa memahami konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata, tetapi juga dapat meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif siswa, serta memperkuat keterampilan berpikir kritis dalam memahami sistem organ tubuh manusia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga montessori human body magnet terhadap pemahaman konsep siswa kelas V.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa kelas V MI NW Kalijaga. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda 20 butir soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan postest. Rata-rata skor siswa meningkat dari 54,28 pada pretest menjadi 78,92 pada postest. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0.000. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga montessori human body magnet efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem pencernaan manusia.
Downloads
References
Ain, S. Q. (2024). Peran Guru Sebagai Pembimbing Untuk Kemandirian Belajar Siswa Kelas I di SDN 023 Pandau Jaya. Indonesian Journal of Education and Development Research, 3(1), 689-700. https://doi.org/10.57235/ijedr.v3i1.4866
Aisyanah, N., & Kurniasari, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Alat Peraga Puzzle Dadu terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Peluang SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 33-44. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2542
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 17. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7 .
Anggraini, H. D., Hasanah, H., & Zahro, I. (2025). Pengembangan Media Buku Operasi Hitung Berbasis Montessori dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Dasar Kelas B pada Siswa KB Aisyah Rahman. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 4(8), 1240-1262. https://doi.org/10.55681/sentri.v4i8.4352
Azhari, S., Fadlilah, A. N., Astini, N. S., Rudiah, S., & Fujianti, N. A. (2024). Analisis peningkatan kemandirian anak melalui metode pembelajaran montessori. Journal Of Early Childhood Education Studies, 4(1), 166-198. https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.1.166-198
Bahar, E. E., Harmasyah, M., Nismawati, N., Marwah, M., Izza, N., Nurhayati, N., ... & Syarif, N. F. I. (2024). Penggunaan Alat Peraga Montessori Sebagai Media Belajar Anak-Anak di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Makassar. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1726-1734. https://doi.org/10.53769/jai.v4i4.1015
Faradila, Z. P., & Laeli, S. (2024). Mengoptimalkan Proses Belajar dengan Memahami Perkembangan Kognitif Anak. Karimah Tauhid, 3(6), 6798-6809. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13835
Galuh, S., Sari, K., & Nugroho, A. A. (2024). Keefektifan Model PJBL melalui Pembuatan Alat Peraga Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V. 8(20), 36558.
Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3549-3554.
Mellandri, A. D., Widodo, W., & Roqobih, F. D. (2024). Penggunaan Alat Peraga Montessori Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mts Kelas Vii. Biochephy: Journal of Science Education, 4(2), 696-702. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1251
Nugrahanta, G. A., Rismiati, C., Anugrahana, A., & Kurniastuti, I. (2016). Pengembangan alat peraga matematika berbasis metode montessori papan dakon operasi bilangan bulat untuk siswa SD. Jurnal Penelitian, 20(2).
Pramesti, A. A., Ilmiah, F., & Ramadhani, T. R. (2020). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. 125.
Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan Dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541
Ramadhanti, A., Kholilah, K., Fitriani, R., Rini, E. F. S., & Pratiwi, M. R. (2022). Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(2), 63. https://doi.org/10.37251/jee.v3i2.246
Retnaningsih, C. (2023). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Di Kelas IV SD Negeri 6 Buntok. Jurnal Saintifik (Multi Science Journal), 21(1), 17-24. https://doi.org/10.58222/js.v21i1.122
Riani, H. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Alat peraga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 dalam Pembelajaran IPA di MI Islamiyah Babakan. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 77-85. https://doi.org/10.62490/latahzan.v15i1.382
Salsabila, S., Nugraha, A. B., & Gusmaneli, G. (2024). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 100-110. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i2.1390
Saputro, H. B., & Nikmah, H. U. (2023). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Berbasis Montessori Pada Materi Perkalian Untuk Siswa Kelas Ii Sd. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 7, 8-17.
Sibua, A., & Mangembulude, F. (2020). Upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga ipa kelas iv sd inpres sopi kecamatan morotai jaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 990-1000. https://doi.org/10.5281/zenodo.4391479
Siti, K., Arya, wardana L., & Shofia, H. (2023). Penerapan Media Pembelajaran 2 Dimensi Berbasis Montessori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas 3 Di SDN Kalisalam 1 Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(1), 162. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i1.661
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Susanto, A. H., & Wulandari, M. D. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pemahaman Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 689-706. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17102
Swistiyawati, N. L. P., & Indrayani, I. A. M. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep IPAS di Kelas II SD NO. 5 Taman. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1316-1324. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1622
Taneo, S. S., Admoko, A., & Wiyono, B. B. (2024). Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Montessori untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 73. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.345
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mijahamuddin Alwi, Dina Fadilah, Linda Aulia, Muhammad Husni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.