Efektivitas Alat Peraga Montessori Human Body Magnet terhadap Pemahaman Konsep IPAS

Authors

  • Mijahamuddin Alwi Universitas Hamzanwadi
  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi
  • Linda Aulia Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husni Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6865

Keywords:

Efektivitas, Alat Peraga, Montessori, Human Body Magnet, Pemahaman Konsep IPAS

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Alat peraga konkret seperti Montessori Human Body Magnet tidak hanya membantu siswa memahami konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata, tetapi juga dapat meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif siswa, serta memperkuat keterampilan berpikir kritis dalam memahami sistem organ tubuh manusia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga montessori human body magnet terhadap pemahaman konsep siswa kelas V.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa kelas V MI NW Kalijaga. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda 20 butir soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan postest. Rata-rata skor siswa meningkat dari 54,28 pada pretest menjadi 78,92 pada postest. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0.000. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga montessori human body magnet efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem pencernaan manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ain, S. Q. (2024). Peran Guru Sebagai Pembimbing Untuk Kemandirian Belajar Siswa Kelas I di SDN 023 Pandau Jaya. Indonesian Journal of Education and Development Research, 3(1), 689-700. https://doi.org/10.57235/ijedr.v3i1.4866

Aisyanah, N., & Kurniasari, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Alat Peraga Puzzle Dadu terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Peluang SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 33-44. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2542

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 17. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7 .

Anggraini, H. D., Hasanah, H., & Zahro, I. (2025). Pengembangan Media Buku Operasi Hitung Berbasis Montessori dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Dasar Kelas B pada Siswa KB Aisyah Rahman. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 4(8), 1240-1262. https://doi.org/10.55681/sentri.v4i8.4352

Azhari, S., Fadlilah, A. N., Astini, N. S., Rudiah, S., & Fujianti, N. A. (2024). Analisis peningkatan kemandirian anak melalui metode pembelajaran montessori. Journal Of Early Childhood Education Studies, 4(1), 166-198. https://doi.org/10.54180/joeces.2024.4.1.166-198

Bahar, E. E., Harmasyah, M., Nismawati, N., Marwah, M., Izza, N., Nurhayati, N., ... & Syarif, N. F. I. (2024). Penggunaan Alat Peraga Montessori Sebagai Media Belajar Anak-Anak di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Makassar. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(4), 1726-1734. https://doi.org/10.53769/jai.v4i4.1015

Faradila, Z. P., & Laeli, S. (2024). Mengoptimalkan Proses Belajar dengan Memahami Perkembangan Kognitif Anak. Karimah Tauhid, 3(6), 6798-6809. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13835

Galuh, S., Sari, K., & Nugroho, A. A. (2024). Keefektifan Model PJBL melalui Pembuatan Alat Peraga Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V. 8(20), 36558.

Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3549-3554.

Mellandri, A. D., Widodo, W., & Roqobih, F. D. (2024). Penggunaan Alat Peraga Montessori Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mts Kelas Vii. Biochephy: Journal of Science Education, 4(2), 696-702. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1251

Nugrahanta, G. A., Rismiati, C., Anugrahana, A., & Kurniastuti, I. (2016). Pengembangan alat peraga matematika berbasis metode montessori papan dakon operasi bilangan bulat untuk siswa SD. Jurnal Penelitian, 20(2).

Pramesti, A. A., Ilmiah, F., & Ramadhani, T. R. (2020). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. 125.

Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan Dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541

Ramadhanti, A., Kholilah, K., Fitriani, R., Rini, E. F. S., & Pratiwi, M. R. (2022). Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(2), 63. https://doi.org/10.37251/jee.v3i2.246

Retnaningsih, C. (2023). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Di Kelas IV SD Negeri 6 Buntok. Jurnal Saintifik (Multi Science Journal), 21(1), 17-24. https://doi.org/10.58222/js.v21i1.122

Riani, H. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Alat peraga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 dalam Pembelajaran IPA di MI Islamiyah Babakan. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 77-85. https://doi.org/10.62490/latahzan.v15i1.382

Salsabila, S., Nugraha, A. B., & Gusmaneli, G. (2024). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 100-110. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i2.1390

Saputro, H. B., & Nikmah, H. U. (2023). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Berbasis Montessori Pada Materi Perkalian Untuk Siswa Kelas Ii Sd. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 7, 8-17.

Sibua, A., & Mangembulude, F. (2020). Upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga ipa kelas iv sd inpres sopi kecamatan morotai jaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 990-1000. https://doi.org/10.5281/zenodo.4391479

Siti, K., Arya, wardana L., & Shofia, H. (2023). Penerapan Media Pembelajaran 2 Dimensi Berbasis Montessori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas 3 Di SDN Kalisalam 1 Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(1), 162. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i1.661

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Susanto, A. H., & Wulandari, M. D. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pemahaman Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 689-706. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17102

Swistiyawati, N. L. P., & Indrayani, I. A. M. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep IPAS di Kelas II SD NO. 5 Taman. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 1316-1324. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1622

Taneo, S. S., Admoko, A., & Wiyono, B. B. (2024). Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Montessori untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 73. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.345

Published

2025-10-13

How to Cite

Alwi, M., Fadilah, D., Aulia, L., & Husni, M. (2025). Efektivitas Alat Peraga Montessori Human Body Magnet terhadap Pemahaman Konsep IPAS. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1334–1345. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6865

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.