Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Budaya Daerah di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6893Keywords:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar IPAS, Budaya Daerah, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V mengenai materi budaya daerah di SDN 1 Tigajuru. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental serta metode desain pretest-posttest satu grup. Instrumen penelitian diuji validitasnya dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment melalui SPSS versi 20, dan hasilnya menunjukkan bahwa 15 dari 25 butir soal dinyatakan valid. Uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,731 yang tergolong tinggi. Data pretest dan posttest memenuhi asumsi normalitas (sig. > 0,05) dan homogenitas (sig. = 0,964), sehingga dapat dianalisis dengan uji t-test sampel berpasangan. Hasil pengujian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (sig. < 0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penemuan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa pada topik budaya lokal. Model ini memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam proses belajar melalui eksplorasi, observasi, dan pemecahan masalah, sehingga pengetahuan yang diperoleh menjadi lebih bermakna dan kontekstual.
Downloads
References
Annisa, A, S., D. (2023). Pengaruh Model Discovery Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4.
Azkia, N., Zen, D. S., & Pujiati, P. (2024). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(2021), 47–51.
Fauziyah, I., & Attalina, S. N. C. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman Materi IPS Kegiatan Ekonomi Kelas IV SD Negeri 2 Sukosono. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2091–2097. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2547
Hidayat., M. (2021). Discovery Learning Solusi Jitu Ketuntasan Belajar. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan PenelitianIndonesia.
Komang Mariani, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (Ipas) Di Sdn 1 Nongan. Ni Komang Mariani, 5(2), 15.
Laili, A., Lestari, N. A. P., & Sudewiputri, M. P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i1.2147
Lilianti, L., M, R., Said, H., Abubakar, A., Nurzaima, N., & Rosida, W. (2022). Pelestarian Budaya Daerah Guna Pengembangan Sektor Pariwisata di Taman Kanak-Kanak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 181–190. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.5568
Maulina, D. (2022). Pengembangan Model Discovery Learning Dengan Model Group Investigation Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 199. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.8532
Naibaho, M. R. U., & Hoesein, E. R. (2021). Meta Analisis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 19. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2290
Pangesti, W., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Pegaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 281–286. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1313
Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496
Safitri, A. O., Handayani, P. A., Yunianti, V. D., & Prihantini, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. JURNAL Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106–9114. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Saputra, N. E., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flipbook terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SDN 2 Kuanyar. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 317–327. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.701
Sasingan, M., & Wote, A. Y. V. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 42–47. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40604
Sihnawati, Banun Havifah Cahyo Khosiyono, Berliana Henu Cahyani, & Ana Fitrotun Nisa. (2023). Evaluasi Penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Daerah Dan Kearifan Lokal Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kl.Vi Sdn Kedungloteng. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 4241–4251.
Talita Revina, T., & Astuti, S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dan Inquiry Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Gugus Puspitaloka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2667–2676. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8392
Tamalene, A. S., Jusuf, R., & Paluu, S. A. D. (2023). Pengembangan Lkpd Ipas Berbasis Discovery Learning Untuk Menunjang Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdn 2 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 348–357. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7526
Tanhara, A., Santa, & Dwiastuti, S. R. (2023). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2352–2361. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.979
Widyastuti, I., Nanang Winarno, Emiliannur, E., & Wahyuningsih, Y. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET pada Topik Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 65–85. https://doi.org/10.21154/jtii.v4i1.2978
Wirdani, H., & Nur Fauzia, S. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Materi Siklus Air: Pujiati, Hamiliya Wirdani & Septiana Nur Fauzia Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Bela. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 3, 387–394.
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Yulianti, S. E., & Indra K., M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasilan Dan Kewarganegaraan Peserta Didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah 2 Waru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 101–106. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7573
Yusnaldi, E., Indriani, R., Lilis, L., Dalimunthe, N. A., & ... (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran IPS di SD. Jurnal Pendidikan …, 7, 28528–28532. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/11514%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/11514/8935
Zai, F., Lahagu, A., Telaumbanua, W. A., & Laoli, E. S. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KEWIRAUSAHAAN KELAS XI OTKP SMK NEGERI 1 SOGAEADU. Jurnal Kelitbangan, 12(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eza Sri Maharani, Syailin Nichla Choirin Attalina, Erna Zumrotun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.