Profil Mindset Calon Guru SD

Authors

  • Ainur Rosyid Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1320

Keywords:

Mindset Guru, Growth Mindset, Fixed Mindset

Abstract

Hasil PISA Indonesia yang selalu berada di bawah memaksa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan kompetensi guru. Pengembangan kompetensi guru masih belum menyasar pada permasalahan utama yaitu mindset. Mindset adalah cara bagaimana seseorang memandang kemampuannya dan memahami dunia. Mindset mempunyai peran dan menjadi mediator dalam pencapaian akademik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mindset calon guru Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Esa Unggul. Data diperoleh melalui survey yang telah diadopsi dan diadaptasi dari Mindset Quiz dari University of Illinois Chicago, serta dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia. Sampel penelitian ini adalah 41 mahasiswa PGSD semester 8. Data dianalisis secara statistik sederhana dalam bentuk prosentase untuk melihat dominasi mindset calon guru SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mindset calon guru SD berada pada kategori Mindset Berkembang dengan beberapa Mindset Tetap (Growth Mindset with some Fixed Mindset) sebesar 81%. Adapun Mindset Tetap (Fixed Mindset) yang masih menyertai adalah berkenaan dengan karakter (Personality) dan kemampuan (Ability).  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Curtiss, R. (2017). Mindset Theory : Pre-service Teachers ’ Beliefs About Intelligence and Corresponding Pedagogical Decisions. Retrieved from http://digitalcommons.georgefox.edu/edd/101

Dweck, C. (2015). Growth Mindset, Revisited. EdWeek, 35(05), 20,24. Retrieved from https://www.edweek.org/leadership/opinion-carol-dweck-revisits-the-growth-mindset/2015/09

EWRC. (2016). Mindset in the Classroom: A National Study of K-12 Teachers. Retrieved from https://www.edweek.org/mindset-in-the-classroom-a-national-study-of-k-12-teachers

Gutshall, C. A. (2014). Pre-Service T eachers ’ Mindset Beliefs about Student Ability. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 12(3), 785–802. https://doi.org/10.14204/ejrep.34.14030 DOI: https://doi.org/10.25115/ejrep.34.14030

Jorif, M., & Burleigh, C. (2020). Secondary teachers ’ perspectives on sustaining growth mindset concepts in instruction. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning. https://doi.org/10.1108/JRIT-04-2020-0020 DOI: https://doi.org/10.1108/JRIT-04-2020-0020

Khuzaeva, E. S. (2014). Mengembangkan Pola Pikir Cerdas , Kreatif dan Mandiri melalui Telematika. Jurnal Lingkar Widyaiswara, (4), 138–148. Retrieved from https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_138-148.pdf

Kodrat, D. (2019). Urgensi perubahan pola pikir dalam membangun pendidikan bermutu. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 1, 1–6. DOI: https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i1.23

OECD. (2018). Sky’s the limit. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/growth-mindset.pdf

Prastowo, A. (2015). Perubahan Mindset dan Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Persaigan Pendidikan di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 626–641. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/21958/1/56 Andi Prastowo.pdf

Ronkainen, R., Kuusisto, E., & Tirri, K. (2019). Growth Mindset in Teaching : A Case Study of a Finnish Elementary School Teacher. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(8), 141–154. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.9 DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.18.8.9

Sekretariat GTK. (2021). Pentingnya Growth Mindset bagi Guru Penggerak. Retrieved from https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/pentingnya-growth-mindset-bagi-guru-penggerak

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Zhang, J., Kuusisto, E., & Tirri, K. (2017). How Teachers ’ and Students ’ Mindsets in Learning Have Been Studied : Research Findings on Mindset and Academic Achievement. Psychology, 8, 1363–1377. https://doi.org/10.4236/psych.2017.89089 DOI: https://doi.org/10.4236/psych.2017.89089

Published

2021-08-07

How to Cite

Rosyid, A. (2021). Profil Mindset Calon Guru SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 466–472. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1320

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 

You may also start an advanced similarity search for this article.