Persepsi Mahasiswa Terhadap Daya Tahan Kuliah Di Universitas Terbuka
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1433Keywords:
Daya Tahan, Persepsi Mahasiswa, KuliahAbstract
Penelitian ini tertujuan untuk mengkaji bagaimana persepsi mahasiswa terhadap daya tahan kuliah di Universitas Terbuku. Konsep belajar mandiri dengan masa belajar yang dijalani bukan tidak mungkin mengalami kejenuhan sehingga produktivitas menyebabkan pudarnya daya tahan kuliah di Universitas Terbuka. Kepentingan dan kepuasan mahasiswa baik mahasiswa baru maupun mahasiswa dalam studi (on going) yang tidak terpenuhi menyebabkan berubah pikiran untuk tidak melanjutkan atau pindah ke perguruan tinggi lain. Kuliah menunut daya tahan, kecuali talenta dan bakat. Daya tahan akan mampu mengatasi waktu yang lama dan menghasilkan hasil yang besar atau maksimal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan jumlah populasi 4277 dan sampel 155. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif retatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa enam layanan dan tiga puluh satu subindikator yang perlu ditingkatkan adalah layanan umum (90,64%), layanan registrasi (88,16%), layanan tutorial 88,55%), layanan praktik dan praktikum (88,19), layanan bahan ajar (83,85), dan layanan ujian akhir semester (88,27) dan total capaian persentase layanan sebesar 87,94%. Kepentingan dan kepuasan layanan yang diperoleh mahasiswa masih sekitar 12,11%. Implikasinya adalah dapat menjadi perhatian UPBJJ UT Makassar membenahi layanan-layanan akademik dan nonakademik dengan inovasi yang komprehensif.
Downloads
References
Annisa A. D. (2019). Buku Sebagai Bahan Ajar, Sukabumi: Tim CV Jejak
Arista A. (2018). Pelayanan Prima Dalam Praktik Saat Ini, Yogyakarta: CV Budi Utama
Atep A. B. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Alex Media Komputind
Arief, Z. A., & Srihastuti, E. (2017). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Peta Indonesia Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN CIANGGER 02. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.507 DOI: https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.507
Dedy A. (2018). Celana Pendek dan Cerita Pendek, Yogyakarta: Basabasi
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.
Echols, M. John M. Echol dan Shadily, Hasan (1996) Kamus Indonesia-Inggris, Jakarta, PT Gramedia
Freddy R. (2016). Customer Care Excellence. Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan prima Plus Analisis Jasaraharja, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Firmansyah M.A. (2018). Perilaku Konsumen. Sikap dan pPemasaran, Yogyakarta: CV Budi Utama
Haris O.K. (2019) Tindak Pidana di Bidang Pertimbangan, Yogyakarta: Media Sahabat Cendekia
Karimi AF. (2017) Editor. Curhat Guru Zaman Now. Esei-Esei Penulis Muhammadyah Gresik. Gresik: Caremedia Communication.
Lilik A. (2009). Cara Cepat menjadi Supervisor yang Unggul, Jakarta: PT Alex Media Kompotindo
Muhidin, A. (2017). Statistika Pendidikan: Pendekatan Berbasis Kinerja. Unpam Press.
Nawawi H. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Nursalam (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Perhatian Keperawatan.
Purwanto, SCJ. (2011). Orang Muda Mencari Jati Diri di Zaman Moderen, Yogyakarya: Kanisius
Paulus W. (2004). Etika Aksiologi Xa Scheler, Yogyakarta: Kanisius
Phil R. and Sally B. (2005). 500 Tips for Tutors, RoutledgeFalmer 2 Park Square, Milton Park, Abingdon, Oxon, OX14 4RN
Pratisti W. D & Yuwono S. (2018). Psikologi Eksperimen. Konsep, teori, dan aplikasi. Surakarta, Mummadiyah University Press
Ratnaningsih, D.J., Saefuddin A. Wijayanto H. (2008). Analisis Daya Tahan Mahasiswa Putus Kuliah Pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh: Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 9, Nomor 2, September 2008, 101-110
Robbins. SP. (2001). Perilaku Organisasi, Jilid I, Jakarta: Prehailindo
Ros Jay (2007). Bagaimana Menyikapi Bos Anda. Membangun Hubungan Kerja Yang Sempurna, Jakarta: Esensi-Erlangga
Sarwono, J. (2010). Pintar Menulis Karya Ilmiah. Kunci Sukses Dalam Menulis Ilmiah, Yogyakarta: CV Andi Offset
Sawendra. I.W. (2018). Metodologi Penelotian Kualitatif Dalam
Sudijono A. 1997. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Manajemen. Pendekatam: kualitatif, kuantitatif, kombinasi, PTK dan penelitian evaluasi, Bandung: ALFABETA, CV.
Sutrisno Edy (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: KENCANA
Sedarmayanti (2000). Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Bandung: Masdar Maju
Santrinawati (2018). Media dan Sumber Belajar, Yogyakarta: CV Budi Utama
Yunita Utami, A. (2020). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Materi Tools Modeling Aplikasi 3 Dimensi Mata Pelajaran AnimasiI 3 Dimensi bagi Siswa Kelas XI Jurusan Multimedia SMK INFORMATIKA “Sumber Ilmu” Tulangan Siduarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), Article 2. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/31860
Zainuddin Mustapa dan Muryadi (2017). Kepemimpinan Pelayan. Dimensi Bari Dalam Kepemimpinan, Celebes Media Pratama
Zaidin M.A., Lince R., Halim P., & Kusmaladewi, (2019). Studi Kualitas Tutorial Tatap Muka No PGSD dan NON PG PAUD di UPBJJ UT Makassar, Laporan hasil Penelitian, Makassar: Universitas Terbuka
Zaidin M.A. (2018). Bunga Rampai sastra dan Pendidikan Jarak Jauh, Makassar: Aksara Timur
Woworuntu B. (2016). Perilaku Organisasi. Beberapa Model dan Submodel, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.