Persepsi Mahasiswa Terhadap Daya Tahan Kuliah Di Universitas Terbuka

Authors

  • Ranak Lince Universitas Terbuka
  • Muhammad Arifin Zaidin Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1433

Keywords:

Daya Tahan, Persepsi Mahasiswa, Kuliah

Abstract

Penelitian ini tertujuan untuk mengkaji bagaimana persepsi mahasiswa terhadap daya tahan kuliah di Universitas Terbuku. Konsep belajar mandiri dengan masa belajar yang dijalani bukan tidak mungkin mengalami kejenuhan sehingga produktivitas menyebabkan pudarnya daya tahan kuliah di Universitas Terbuka. Kepentingan dan kepuasan mahasiswa baik mahasiswa baru maupun mahasiswa dalam studi (on going) yang tidak terpenuhi menyebabkan berubah pikiran untuk tidak melanjutkan atau pindah ke perguruan tinggi lain. Kuliah menunut daya tahan, kecuali talenta dan bakat. Daya tahan akan mampu mengatasi waktu yang lama dan menghasilkan hasil yang besar atau maksimal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan jumlah populasi 4277 dan sampel 155. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif retatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa enam layanan dan tiga puluh satu subindikator yang perlu ditingkatkan adalah layanan umum (90,64%), layanan registrasi (88,16%), layanan tutorial 88,55%), layanan praktik dan praktikum (88,19), layanan bahan ajar (83,85), dan layanan ujian akhir semester (88,27) dan total capaian persentase layanan sebesar 87,94%. Kepentingan dan kepuasan layanan yang diperoleh mahasiswa masih sekitar 12,11%. Implikasinya adalah dapat menjadi perhatian UPBJJ UT Makassar membenahi layanan-layanan akademik dan nonakademik dengan inovasi yang komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa A. D. (2019). Buku Sebagai Bahan Ajar, Sukabumi: Tim CV Jejak

Arista A. (2018). Pelayanan Prima Dalam Praktik Saat Ini, Yogyakarta: CV Budi Utama

Atep A. B. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Alex Media Komputind

Arief, Z. A., & Srihastuti, E. (2017). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Peta Indonesia Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN CIANGGER 02. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.507 DOI: https://doi.org/10.32832/tek.pend.v6i2.507

Dedy A. (2018). Celana Pendek dan Cerita Pendek, Yogyakarta: Basabasi

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.

Echols, M. John M. Echol dan Shadily, Hasan (1996) Kamus Indonesia-Inggris, Jakarta, PT Gramedia

Freddy R. (2016). Customer Care Excellence. Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan prima Plus Analisis Jasaraharja, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Firmansyah M.A. (2018). Perilaku Konsumen. Sikap dan pPemasaran, Yogyakarta: CV Budi Utama

Haris O.K. (2019) Tindak Pidana di Bidang Pertimbangan, Yogyakarta: Media Sahabat Cendekia

Karimi AF. (2017) Editor. Curhat Guru Zaman Now. Esei-Esei Penulis Muhammadyah Gresik. Gresik: Caremedia Communication.

Lilik A. (2009). Cara Cepat menjadi Supervisor yang Unggul, Jakarta: PT Alex Media Kompotindo

Muhidin, A. (2017). Statistika Pendidikan: Pendekatan Berbasis Kinerja. Unpam Press.

Nawawi H. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nursalam (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Perhatian Keperawatan.

Purwanto, SCJ. (2011). Orang Muda Mencari Jati Diri di Zaman Moderen, Yogyakarya: Kanisius

Paulus W. (2004). Etika Aksiologi Xa Scheler, Yogyakarta: Kanisius

Phil R. and Sally B. (2005). 500 Tips for Tutors, RoutledgeFalmer 2 Park Square, Milton Park, Abingdon, Oxon, OX14 4RN

Pratisti W. D & Yuwono S. (2018). Psikologi Eksperimen. Konsep, teori, dan aplikasi. Surakarta, Mummadiyah University Press

Ratnaningsih, D.J., Saefuddin A. Wijayanto H. (2008). Analisis Daya Tahan Mahasiswa Putus Kuliah Pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh: Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 9, Nomor 2, September 2008, 101-110

Robbins. SP. (2001). Perilaku Organisasi, Jilid I, Jakarta: Prehailindo

Ros Jay (2007). Bagaimana Menyikapi Bos Anda. Membangun Hubungan Kerja Yang Sempurna, Jakarta: Esensi-Erlangga

Sarwono, J. (2010). Pintar Menulis Karya Ilmiah. Kunci Sukses Dalam Menulis Ilmiah, Yogyakarta: CV Andi Offset

Sawendra. I.W. (2018). Metodologi Penelotian Kualitatif Dalam

Sudijono A. 1997. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Manajemen. Pendekatam: kualitatif, kuantitatif, kombinasi, PTK dan penelitian evaluasi, Bandung: ALFABETA, CV.

Sutrisno Edy (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: KENCANA

Sedarmayanti (2000). Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Bandung: Masdar Maju

Santrinawati (2018). Media dan Sumber Belajar, Yogyakarta: CV Budi Utama

Yunita Utami, A. (2020). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Materi Tools Modeling Aplikasi 3 Dimensi Mata Pelajaran AnimasiI 3 Dimensi bagi Siswa Kelas XI Jurusan Multimedia SMK INFORMATIKA “Sumber Ilmu” Tulangan Siduarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), Article 2. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/31860

Zainuddin Mustapa dan Muryadi (2017). Kepemimpinan Pelayan. Dimensi Bari Dalam Kepemimpinan, Celebes Media Pratama

Zaidin M.A., Lince R., Halim P., & Kusmaladewi, (2019). Studi Kualitas Tutorial Tatap Muka No PGSD dan NON PG PAUD di UPBJJ UT Makassar, Laporan hasil Penelitian, Makassar: Universitas Terbuka

Zaidin M.A. (2018). Bunga Rampai sastra dan Pendidikan Jarak Jauh, Makassar: Aksara Timur

Woworuntu B. (2016). Perilaku Organisasi. Beberapa Model dan Submodel, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Published

2021-12-13

How to Cite

Lince, R., & Zaidin, M. A. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Daya Tahan Kuliah Di Universitas Terbuka . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 692–706. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1433

Issue

Section

Regular Articles