Efektivitas Media Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Keanekaragaman Biota Perairan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1473Keywords:
Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati, IPA, Biota Pantai, Media PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi permasalahan media pembelajaran IPA dan keefektifan media tersebut terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan Participatory Action Research (PAR). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang mengikuti mata pelajaran IPA sebanyak 45 orang dan guru yang mengajar pelajaran IPA di kelas tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) lembar observasi keefektifan mengajar guru (2) lembar observasi aktivitas belajar (3) tes hasil belajar siswa Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) jenis media yang digunakan oleh guru lebih banyak menggunakan buku teks sebagai media pembelajaran (2) Keefektifan mengajar guru sebelum menggunakan perlakuan media pembelajaran menunjukkan bahwa guru mampu memperoleh skor 60 dengan skor maksimal 80 dengan persentase keefektifan mengajar guru 75%. (3) Aktivitas belajar siswa mampu memperoleh skor 41 dengan skor maksimal 60 dengan persentase aktivitas belajar siswa 68,33%. (4) Rata-rata nilai siswa secara klasikal pada hasil tes sebelum penggunaan media pembelajaran adalah 61,56, siswa yang memperoleh nilai individu ≥ 70 atau yang mencapai ketuntasan hanya 14 orang siswa atau sebesar 31,11% sedangkan siswa yang memperoleh hasil ≤ 70 atau siswa yang belum tuntas 31 orang siswa atau sebesar 68,89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebelum penggunaan media biota pantai nilai persentase efektivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan skor hasil belajar siswa masih sangat rendah, sehingga perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan semua aspek tersebut
Downloads
References
Abdillah, D. (2016). Pengembangan Wisata Bahari Di Pesisir Pantai Teluk Lampung. Destinasi Kepariwisataan Indonesia, 1(1).
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Anshori, F. A., & Sukmawati, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal PELITA, 1(1), 28–36. Retrieved from https://pusdig.my.id/pelita/article/view/41
Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 174–179. Retrieved from https://pusdig.my.id/literasi/article/view/67
Endrayanto, H.Y.S dan Yustiana, W.H. (2014). Penilaian Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius.
Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).
Jannah, I. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54-59. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). DOI: https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107
Minsih, M. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1),. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: FKIP. Universitas Sarjanawiyata Taman siswa.
Nurmiati, Sirih, H. ., & Parakkasi. (2016). Identifikasi Jenis-Jenis Gastropoda dan Bivalvia di Pantai Lowu-Lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau. AMPIBI, 1(3).
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Rohman, M., dan Sofan, A. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem
Pembelajaran. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Sarmin, A. N., Chairul, & Mukhtar, E. 2016. Analisis Vegetasi Tumbuhan Pantai Pada Kawasan Wisata Pasir Jambak, Kota Padang. 10(2).
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Ulfah, K. R., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan motivasi dengan hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8).
Vibriyanto, N., Ismail, A., & Ekayani, M. (2015). Manfaat Ekonomi dan Daya Dukung Kawasan Pantai Lombang Kabupaten Sumenep Provinsi Jawa Timur. Risalah Kebijakan Pertanian Dan Lingkungan, 2(2). DOI: https://doi.org/10.20957/jkebijakan.v2i2.10986
Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media pembelajaran puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 354-362. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563
Winata, H. (2017). Media pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(1). DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14606
Wiwin, Yanti, R., & Ma’rufi. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 93 Tombang. Jurnal PELITA, 1(2), 51–59. Retrieved from https://pusdig.my.id/pelita/article/view/98
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.